Sukses

Ratu Elizabeth II Jadi Figur Boneka Barbie Terbaru, Tampil dengan Busana Ikonis

Boneka Barbie ini jadi cara menghormati Ratu Elizabeth II di perayaan ulang tahun ke-96 dan Platinum Jubilee.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perayaan ulang tahun ke-96 dan Platinum Jubilee, menandai 70 tahun di atas takhta, Ratu Elizabeth II dihormati dengan dibuatkan boneka Barbie yang serupa dengannya. Visual boneka itu dikatakan terinspirasi dari salah satu penampilan Ratu yang paling ikonis.

Melansir People, Kamis (21/4/2022), boneka Barbie Ratu Elizabeth II mengenakan gaun gading yang elegan dan pita biru sebagai dekorasi. Ansambel agungnya dilengkapi tiara yang memukau, merujuk Tiara Fringe Ratu Mary, yang dikenakan Ratu Elizabeth untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip, serta aksesori serasi.

Sejarawan dan Profesor Kate Williams, penulis Our Queen Elizabeth, mengatakan, "Pemerintahan Ratu Elizabeth II telah jadi salah satu dampak luar biasa, memegang posisi yang hanya dimiliki sedikit wanita. Raja Inggris yang paling lama memerintah, dan yang pertama mencapai Platinum Jubilee."

"Ratu telah mendedikasikan dirinya untuk pelayanan dan tugas, serta melihat dunia berubah tidak terkira. Pada 1952, ketika naik takhta, wanita tidak didorong untuk bekerja dan politisi menyatakan keraguan tentang seorang penguasa wanita muda, tapi ia membuktikan mereka salah," imbuhnya.

Ibu Pangeran Charles ini, menurut Williams, membuktikan dirinya seorang pemimpin dan diplomat yang mahir. "Saat Yang Mulia merayakan ulang tahun bersejarah ini, sungguh luar biasa melihat merek ikonis seperti Barbie berbagi tokoh-tokoh perempuan bersejarah yang berdampak penting sebagai pemimpin, pencipta, dan perintis bagi generasi baru," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Figur dari Indonesia

Tribute Series dari Barbie telah diluncurkan sejak tahun lalu, dengan boneka pertama dalam koleksi tersebut memberi penghormatan pada aktris Lucille Ball. Ia dijadikan teladan karena kejeniusan komedi dan kecerdasan bisnis yang luar biasa mengukuhkannya sebagai legenda televisi dan pelopor bagi wanita di dunia hiburan.

Boneka Barbie Elizabeth II akan tersedia mulai hari ini, Kamis (21/4/2022) di Amazon, Walmart, Target dan Mattel, dengan harga retail 75 dolar AS (sekitar Rp1 juta-an).

Dalam kategori berbeda, beberapa sosok dalam negeri juga telah dihormati dengan dibuatkan boneka Barbie yang mirip dengan rupa mereka. Tahun lalu, desainer Anne Avantie jadi orang Indonesia pertama yang dibuatkan boneka Barbie edisi khusus

Boneka tersebut didandani dengan gaya khas Anne: mengenakan kebaya dan selendang batik. Rambut dan riasannya juga ditata mirip dengan desainer senior Indonesia itu. Boneka ini merupakan penghargaan dari Mattel Indonesia lewat program Barbie Role Model yang berinisiatif mengangkat kisah dan cerita perempuan-perempuan hebat di seluruh dunia.

3 dari 4 halaman

Terpilihnya Anne Avantie

Anne Avantie dipilih karena dinilai sebagai sosok inspiratif bagi anak perempuan di Indonesia agar terus percaya pada potensi tidak terbatas yang mereka miliki. Desainer ini pun mengucap terima kasih dan bersyukur atas penghormatan yang diberikan.

"Saya sangat senang dan bersyukur menerima penghargaan dari Barbie ini, terutama apabila saya dapat jadi contoh dan inspirasi bagi anak-anak perempuan dalam meraih cita-cita mereka," tulis Anne di salah satu unggahan Instagram-nya.

Selain Anne, Butet Manurung juga jadi perempuan Indonesia yang dibuatkan boneka Barbie khusus. Bulan lalu, Butet mengungkap rasa terima kasih atas penghargaan itu lewat sebuah unggahan di akun Instagram pribadi.

Boneka Barbie Butet Manurung ditampilkan dalam busana daerah. Ia terlihat mengenakan atasan batik warna merah berpadu kain jarit. Tampilan boneka ini pun dilengkapi dengan kalung dari biji asoka.

"Saya merasa tersanjung karena terpilih jadi salah satu dari 12 Model Peran Global Barbie dan mewakili multikulturalisme Indonesia," tulis Butet dalam bahasa Inggris, 4 Maret 2022.

4 dari 4 halaman

Menginspirasi Perempuan Muda

Butet Manurung berharap figurnya bisa menginspirasi para perempuan muda untuk percaya diri. Ia juga mengingatkan bahwa anak muda bisa jadi apa pun yang mereka inginkan. "Mengutip Paulo Coelho, 'Ketika kamu menginginkan sesuatu, seluruh alam semesta akan bersekongkol membantumu untuk mencapai itu,'" tulisnya.

Sementara itu, Barbie dalam akun media sosial mereka mengatakan bahwa Butet jadi salah satu dari 12 figur perempuan yang dipilih untuk dibuatkan boneka dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret setiap tahunnya. Selain Butet yang berlatar belakang sebagai aktivis pendidikan, ada pengusaha spa Adry Azuara, pemilik perusahaan media Shonda Rhimes, serta pemilik merek riasan wajah Pat McGrath.

"Kami terus melanjutkan komitmen kami mengetuk Celah Impian dengan menginspirasi gadis-gadis di seluruh dunia untuk bermimpi besar dan mengingatkan mereka bahwa mereka bisa menjadi apa saja. #kamu bisa menjadi apa saja," tulis Barbie dalam unggahan yang dimaksud.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.