Sukses

Kisah Warga Rusia yang Kabur dan Terpaksa Pulang Saat Pecah Perang dengan Ukraina

Ketika pecah perang dengan Ukraina, warga Rusia yang meninggalkan tanah kelahirannya terpaksa harus kembali ke Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia ke Ukraina meninggalkan beragam cerita dari kedua negara tersebut. Para warga sipil terdampak dan perang yang pecah telah banyak mengubah kehidupan mereka yang tak lagi sama.

Salah satu kisahnya datang dari seorang warga Rusia bernama Olga Gladysheva. Ia merupakan mantan jurnalis yang saat ini bekerja dalam produksi video.

Dikutip dari The Guardian, Rabu (20/4/2022), saat perang pecah, Olga bersama puluhan ribu orang Rusia lainnya pergi meninggalkan tanah kelahiran mereka. Ia memilih melarikan diri ke Istanbul, Turki.

"Saya berangkat ke Istanbul dalam keadaan panik tak lama setelah perang dimulai. Saya pikir saya tidak akan mendapatkan kesempatan lagi untuk pergi, bahwa perbatasan mungkin akan ditutup," katanya.

Olga melanjutkan, "Saya tidak ingin tinggal sendirian di pedesaan karena saya melihat semua teman saya pergi. Saya pikir Rusia berubah menjadi Korea Utara."

Tetapi di Turki, kartu banknya diblokir dan dia tidak dapat mentransfer uang ke rumah untuk membantu ibunya di Moskow. Ia bertahan dengan meminta bantuan dari teman-teman yang memiliki akses dana.

Meski enggan, ia memutuskan kembali ke rumah. "Saya kembali minggu lalu. Terus terang, uang adalah alasan utama saya harus kembali. Saya memiliki sebuah flat di Moskow yang masih saya bayar," katanya.

Olga menyebut, "Saya memiliki pilihan untuk bekerja dari jarak jauh tetapi itu bukan pilihan termudah dan saya akan mendapatkan lebih banyak di sini di Moskow. Hidup tidak berkelanjutan bagi saya di Turki."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali ke Rusia

Ketika perang Rusia mendekati bulan ketiga tanpa akhir yang terlihat, keputusan tergesa-gesa yang dibuat oleh banyak orang Rusia untuk melarikan diri telah menghantam kenyataan keras emigrasi ke luar negeri. Hal tersebut terutama pada saat perbatasan tertutup dan sanksi perbankan.

Sementara banyak orang Rusia telah pergi untuk selama-lamanya, yang lain telah ditarik kembali untuk merawat orangtua yang sakit, mengelola bisnis, menjaga keluarga mereka bersama atau hanya untuk memenuhi kebutuhan. "Itu adalah drama keluarga yang nyata," kata Roman, salah satu pendiri startup teknologi yang kembali dari Armenia minggu lalu.

"Saya pikir kami harus pergi sejauh mungkin dari Rusia. Istri saya tidak ingin pergi ke mana pun dan saya harus kompromi. Itu masalah pilihan: meninggalkan Rusia tanpa istri saya atau kembali dengan istri saya. Jadi saya memutuskan untuk datang ke sini bersama istri saya dan melihat apa yang terjadi," tambahnya.

Para ahli menyebut gelombang migrasi Rusia yang dipicu oleh perang tidak biasa, desas-desus tentang mobilisasi paksa pada awal Maret dan dipimpin oleh pekerja berpendidikan tinggi yang sering bepergian ke negara-negara kecil. Setidaknya di atas kertas, banyak yang memiliki pilihan untuk kembali baik untuk perjalanan singkat atau permanen.

3 dari 4 halaman

Alasan Keluarga

Artem Taganov, pendiri startup teknologi HintEd, berangkat ke Armenia pada awal Maret sebagai bagian dari eksodus sektor teknologi Rusia. Rekan dan investornya telah mendesaknya untuk segera meninggalkan negara itu karena ketakutan akan mobilisasi paksa, katanya, dan dia telah membuat rencana untuk membuka perusahaan baru di Armenia.

Namun setelah lima minggu di ibu kota Yerevan, dia kembali ke Moskow untuk sementara karena masalah keluarga dan bisnis. "Idenya (di Armenia) adalah untuk membuka perusahaan tetapi dihentikan karena saya sedang menunggu uang. Istri dan anjing saya masih di Moskow, istri saya tidak bisa meninggalkan pekerjaannya sekarang," katanya.

Ia telah bekerja di sebuah institut yang bermitra dengan universitas seni Inggris yang dapat mengakhiri perjanjiannya di Rusia tahun ini. "Saya mencoba meyakinkannya untuk pindah. Dan saya masih memiliki beberapa bisnis di sini, jadi kami masih perlu mendukung perusahaan saya di sini," tambahnya.

Itu adalah kepulangan yang tidak nyaman. Orang tuanya yang tinggal di kota lain dan mendukung perang, mengatakan kepadanya bahwa dia salah meninggalkan Rusia. Dia menyebut merasa sulit untuk menelepon mereka dan tidak berharap untuk melihat mereka sampai konflik berakhir.

4 dari 4 halaman

Enggan Pulang

"Ketika saya kembali, saya takut akan ada banyak mobil dengan Z atau V (simbol mendukung perang) tetapi saya hanya melihat satu," katanya. "Tetap saja, suasananya sangat berat di sini. Semua media massa kami mengatakan bahwa banyak orang mendukung perang tetapi itu tidak benar. Di lingkaran dekat saya tidak ada yang mendukungnya. Semua orang di sini bahkan takut untuk membicarakan 'operasi khusus' ini. Tidak ada yang tersenyum dan semua orang sedih."

Seorang eksekutif senior di salah satu perusahaan IT terbesar di Rusia menyebut bahwa dia telah memerhatikan kembalinya karyawan yang lebih muda dengan gaji lebih rendah dari kota-kota seperti Yerevan, Istanbul, dan Tbilisi. "Orang-orang pergi dengan panik dan kemudian setelah beberapa waktu mereka menyadari: 'Oke, bagaimana kita akan terus hidup?'" kata eksekutif itu.

"Mereka masih membenci situasi, mereka masih tidak setuju dan secara psikologis mereka masih merasa tidak nyaman dan tidak ingin kembali. Tapi tidak ada cara untuk tidak kembali," tambahnya.

Tidak ada perkiraan pasti tentang berapa banyak orang Rusia yang meninggalkan negara itu setelah dimulainya perang, yang oleh Kremlin disebut sebagai "operasi khusus". Sementara pekerja teknologi mungkin memiliki prospek yang kuat di luar negeri, yang lain mungkin menemukan bahwa keterampilan dan pendidikan mereka tidak dapat diterjemahkan secara lintas batas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.