Sukses

Tren Belanja Perhiasan Berlian oleh Konsumen Lebih Muda

Konsumen lebih muda, dalam hal ini milenial dan generasi Z, sudah mencatat lebih dari 50 persen penjualan perhiasan berlian di MONDIAL.

Liputan6.com, Jakarta - Konsumen lebih muda, dalam hal ini milenial dan generasi Z, ternyata tidak melepaskan perhiasan berlian dari radar barang belanjaan mereka. Setidaknya, itulah yang diungkap General Manager MONDIAL, Leslie Christian Saputra, pada Liputan6.com usai peluncuran Gala dan Glamorous Collection di outlet MONDIAL Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pekan lalu.

Perhiasan berlian wanita, harga 1 carat berlian, baca.

"(Konsumen MONDIAL sekarang) lebih dari 50 persennya milenial dan gen Z," katanya. "Ini merujuk pada suvei konsumen yang kami lakukan secara internal Februari kemarin (2022)."

Sementara soal kuantitas sudah cukup besar, Leslie menyambung, daya beli konsumen lebih muda memang belum setinggi generasi X. "Tapi, mereka punya starting point yang bagus: Rp15--20 juta," katanya, mengacu pada harga minimal perhiasan berlian yang ditawarkan MONDIAL.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya memang sudah secara khusus menargetkan milenial dan gen Z karena mereka adalah "konsumen di masa depan." Namun, ini dilakukan tanpa mengabaikan konsumen loyal yang, menurut Leslie, bahkan sudah berlangganan setidaknya selama 20 tahun.

"Milenial dan gen Z ini bahkan bisa memberikan berlian (untuk pasangan) sebagai hadiah Valentine," katanya. "Kalau kebiasaan konsumen lama biasanya memberikan diamond kalau statusnya sudah jelas, minimal sudah jadi tunangan."

Menyambut kelompok konsumen lebih muda, Leslie mengatakan pihaknya telah reposisi merek sejak tahun lalu. Ia berkata, "Dulu MONDIAL dikenal sebagai brand yang kayaknya heavy banget. Sekarang bukan meninggalkan DNA itu, tapi memposisikan bahwa kami juga menargetkan konsumen muda."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya dari Desain Produk

Menarik perhatian konsumen lebih muda itu, Leslie mengatakan, tidak hanya dilakukan dengan variasi desain produk, namun juga cara komunikasi. Ini salah satunya tentang pemilihan Key Opinion Leader (KOL).

"Mengapa kami pilih Atiqah (Hasiholan)? Karena Atiqah mewakili penerbatasan generasi itu. Yang lebih senior kenal (Atiqah), kemudian generasi muda juga tidak asing dengan sosoknya," tutur Leslie.

Interpretasi desain produk yang "lebih anak muda" pun tercermin di Gala Collection. Ia menjabarkan, bentuk kipas jadi ciri khas perhiasan berlian di dalam koleksi teranyar tersebut. Ini terinspirasi para wanita bangsawan di era Victoria yang melengkapi penampilan dengan membawa kipas, yang jadi lambang status sosial saat menghadiri berbagai acara penting saat itu.

Dari budaya unik tersebut, MONDIAL mengadaptasinya ke dalam perhiasan berlian eksklusif yang bermaksud representasi kecantikan, kegembiraan, kepercayaan diri, dan kemewahan bagi setiap pemakainya.

Setiap perhiasan berlian dalam koleksi ini bervisual modern dan elegan dengan penggunaan fancy shape diamond, seperti pear, marquise, dan baguette. "Dengan ini, kami dari MONDIAL juga mau mengedukasi konsumen bahwa (bentuk) berlian itu tidak selalu bulat," Leslie mengatakan.

3 dari 4 halaman

Gala Collection

Sentuhan akhir dari perhiasan berlian dalam Gala Collection kian menawan dengan balutan emas 18K berwarna white gold dan rose gold. Selain enam desain cincin, koleksi ini juga terdiri dari ragam item perhiasan berlian lain, seperti kalung. Hadir dalam warna white gold, kalung ini dilengkapi taburan fancy shape diamond dalam bentuk pear dan round hingga 988 butir dengan berat total 15.721 carat.

Selain itu, ada juga koleksi anting yang merupakan perpaduan fancy shape diamond round, pear, baguette, dan marquise dengan berat total hingga 5,9 carat. Total ada tujuh desain berbeda yang terdiri dari enam warna white gold dan satu rose gold.

Lalu, liontin berlian pun hadir melengkapi dengan empat desain berbeda. Rangkaiannya dirancang dengan fancy shape diamond berbagai bentuk di antaranya round, pear shape, dan baguette seberat total hingga 1,6 carat.

Tidak ketinggalan, Gala Collection juga punya dua gelang berlian. Bangle dalam koleksi ini menggunakan fancy shape diamond round, pear, dan princess yang berjumlah hingga 153 butir dengan berat total 4.368 carat berbalut white gold.

4 dari 4 halaman

Glamorous Collection

Leslie mengatakan, "Total ada 20 desain untuk Gala Collection, sementara Glamorous Collection menampilkan 14 desain." Glamorous Collection sendiri merupakan koleksi perhiasan berlian mewah yang "sangat spesial" karena menggunakan berlian internasional De Beers Forevermark.

Dijelaskan bahwa hanya ada satu persen berlian yang dikategorikan sebagai De Beers Forevermark setelah melewati serangkaian seleksi yang ketat. Sebelumnya, perhiasan berlian De Beers Forevermark dari PT CMK, perusahaan yang menaungi MONDIAL, juga telah dipakai sederet artis papan atas di ajang internasional, mulai dari Emily Blunt, Kristen Bell, Sandra Oh, Rachel Brosnahan, hingga Chrissy Metz.

Koleksinya terdiri dari cincin, gelang, dan kalung berlian dengan desain yang unik. Seri The Rainfall, misalnya, yang menghadirkan perhiasan berlian dengan desain terinspirasi dari rintik hujan yang jatuh untuk memberi kesejukan dan menghidupi seluruh makhluk hidup di Bumi.

Karena itu, visualnya mencerminkan ketenangan, kebahagiaan, dan keindahan yang didatangkan setelah hujan. Seri ini terdiri dari kalung berlian yang memiliki 125 butir berlian dengan total 10.304 carat dan satu butir berlian sebesar 1,1 carat, sehingga total keseluruhan berliannya adalah 11.404 carat.

Ada pula anting-anting berlian yang memiliki 140 butir berlian dengan total 9.252 carat dan dua butir berlian sebesar 1,02--1,05 carat. Total berlian yang dihadirkan dalam anting-anting ini adalah 11.322 carat.

Rangkaian perhiasan Gala Collection bisa didapatkan di seluruh butik MONDIAL yang tersebar di Indonesia. Sementara itu, Glamorous Collection bisa diperoleh di brand perhiasan PT CMK: MONDIAL, Frank & co., dan The Palace Jeweler. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.