9 Makanan yang Dihindari Ria Ricis Saat Hamil, dari Nasi Putih sampai Kecap

Oleh Henry pada 05 Mei 2022, 03:02 WIB
Diperbarui 05 Mei 2022, 05:33 WIB
11 Potret Gaya Busana Ria Ricis di Pengajian 4 Bulan Kehamilan, Aura Cantik Bumil Kian Terpancar
Perbesar
Pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan baru-baru ini menggelar acara pengajian 4 bulan kehamilan pada Rabu (30/3/2022). (Instagram/okisetianadewi).

Liputan6.com, Jakarta - Menyantap makanan tak hanya soal kenyang atau rasa yang enak. Bagi wanita atau ibu hamil seperti Ria Ricis. Ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan. Kesehatan calon bayi jadi salah satu perhatian utama.

Hal itu terasa semakin penting bagi wanita yang baru kali pertama hamil. Meski jadi pengalaman baru yang belum pernah dirasakan, tapi kehamilan pertama bagi setiap wanita pasti terasa spesial.

Namun proses belajar merawat anak sejak di dalam kandungan sambil menanti kelahirannya juga bisa jadi momen paling membahagiakan, tak terkecuali bagi Ria Ricis.  Menikah dengan Teuku Ryan pada 2021 lalu, Ricis kini sedang menanti kelahiran buah hati pertamanya.

Wanita yang cukup aktif di media sosia ini kerap membagikan kegiatannya sehari-hari selama hamil. Diketahui, sesuai anjuran dokter kandungannya, adik dari Oki Setiana Dewi ini jadi cukup selektif memilih menu makanan.

Hal ini dikarenakan kerap masih mudah mengalami mual, punya penyakit asam lambung, serta sering mengalami perut begah. Ditambah lagi, bayi di dalam janinnya tentu semakin membesar.

Ia pun tidak bisa sembarangan memilih makanan agar tak mudah merasa sesak. Situasi itu membuat Ricis punya sederet makanan yang ia hindari agar kehamilannya tetap sehat dan lancar.

Dilansir dari kanal Youube dan akun Instagram miliknya serta berbagai sumber lainnya, berikut sembilan makanan yang dihindari Ricis selama kehamilannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Nasi Putih

Ria Ricis Hamil
Perbesar
7 Potret Ria Ricis Umumkan Kehamilan di Turki, Baby Bump-nya Curi Perhatian (Sumber: Instagram/fdphotography90)

Konsumsi nasi putih dikurangi oleh Ria Ricis, terutama saat ia sedang di rumah. Biasanya, ia menggantinya dengan jagung untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya.

Sejumlah makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih berisiko sulit dicerna usus dan menyebab perut kembung dan begah. Sementara jagung bisa menurunkan risiko permasalahan alat pencernaan.

2. Roti putih

Roti putih atau roti tawar putih dihindari oleh Ria Ricis. Sebagai alternatif saat ingin mengonsumsi roti, ia memilih roti gandum.

Beberapa orang, terutama yang punya permasalahan pencernaan seperti maag bisa merasa begah usai mengonsumsi roti putih. Agar kehamilannya tetap terasa nyaman, Ricis pun menghindari roti putih.

3. Gorengan dan minyak

Gorengan juga kerap dihindari oleh Ricis karena cenderung tinggi lemak yang bisa menyebabkan perut begah. Saat merasa begah, sebaiknya hindari makanan tinggi lemak seperti gorengan terlebih dahulu. Ricis mengaku sekarang ini lebih memilih makanan yang direbus.

Meski tidak makan gorengan selama hamil, ia masih mengonsumsi makanan yang mengandung minyak atau digoreng asalkan jenis minyaknya lebih sehat, seperti olive oil. Minyak zaitun atau olive oil sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena tinggi nutrisi serta ringan buat pencernaan.


4. Makanan Mentah

6 Potret Oki Setiana Dewi dan Shindy Putri di Berbagai Acara Ria Ricis, Kompak
Perbesar
Oki Setiana Dewi dan Shindy Putri di Berbagai Acara Ria Ricis. (Sumber: Instagram/okisetianadewi)

Ria Ricis juga tidak mengonsumsi makanan mentah seperti sashimi, salad, dan lain-lain kecuali buah-buahan. Namun sebelum mengonsumsi buah-buahan harus dipastikan dulu kebersihannya, seperti harus dicuci dengan air lebih dulu.

Menghindari makanan mentah selama masa kehamilan bisa membantu turunkan risiko bakteri dan permasalahan pencernaan bagi ibu hamil dan janin.

5. Soda

Makanan dan minuman yang mengandung soda termasuk yang dihindari oleh Ricis. Soda maupun minuman lainnya yang berkarbonasi dan tinggi gula sebaiknya dihindari oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin.

Sementara itu, minuman ini juga dihindari Ricis agar asam lambungnya tak mudah naik dan bikin perutnya begah."Kalau yang bergas nggak makan, karena ada maag," ungkap wanita berusia 27 tahun tersebut.

6. Makanan pedas

Sebagian besar masyarakat Indonesia suka makanan pedas. Namun hal itu tidak dianjurkan bagi ibu hamil atau bumil. Kebanyakan orang yang memiliki penyakit asam lambung juga dianjurkan mengurangi konsumsi makanan pedas. Salah satu dampaknya, makanan pedas juga berisiko menyebabkan gas pada perut.


7. Bawang

bawang putih
Perbesar
ilustrasi bawang putih/copyright Rawpixel

Bawang-bawangan juga dihindari Ria Ricis selama kehamilannya ini. Selain karena mudah bikin perutnya kembung, ia juga bisa jadi mual dengan aromanya. Bawang memang termasuk makanan tinggi gas yang dapat dihindari jika mengganggu masa kehamilan.

8. Air kelapa

Air kelapa hanya dihindari oleh Ria Ricis saat dirinya merasa mual. Sebenarnya, air kelapa terutama dari kelapa hijau, bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menutrisi janin dan mencegah dehidrasi. Namun bagi beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu, air kelapa memang bisa menyebabkan perut begah.

"Masih sampe kemarin (mual) karena minum air kelapa. Jadi air kelapa gak bisa tiap hari karena masih mual," tulis Ricis di Instagram Stories.

9. Kecap

Rasa kecap yang manis sebaiknya juga dikurangi. Tidak sepenuhnya menghindari kecap, tetapi Ricis memilih jenis kecap yang lebih rendah gula., Itu karena gula dapat menarik air ke usus besar maupun mencegahnya diserap oleh usus. Jadi, kalau terlalu banyak konsumsi gula bisa menyebabkan perut kembung dan begah saat hamil.

Infografis Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Perbesar
Ibu Hamil Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya