Sukses

Penggalangan Donasi Buku demi Tingkatkan Literasi Anak Indonesia

Makin rendah minat baca anak biasanya berbanding lurus dengan rendahnya tingkat literasi. Donasi buku jadi salah satu upaya untuk menyelamatkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Fungsi buku untuk meningkatkan kemampuan literasi anak masih belum tergantikan. Namun, hal itu tidak ditunjang oleh minat baca yang memadai. Situasi ini mendorong McDonald's Indonesia meluncurkan gerakan donasi buku dengan memanfaatkan momen Ramadhan.

"Anak-anak salah satu fokus utama McDonald's Indonesia. Tahun ini kami pilih fokus pada literasi anak," ujar Sutji Latynka, Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, dalam jumpa pers virtual, Rabu, 13 April 2022.

Ia mengatakan donasi buku merupakan langkah awal untuk meningkatkan kemampuan literasi anak. Buku anak yang menarik, sambung dia, diharapkan mampu menyaingi daya tarik gawai yang saat ini semakin banyak dipilih anak-anak. Padahal, buku lebih banyak mendatangkan manfaat, mulai dari memperluas wawasan, kemampuan imajinasi, hingga mengasah daya nalar anak.

"Berdasarkan data, jumlah perpustakaan di Indonesia, 40 persen akses terkonsentrasi di daerah Jawa. Tapi, buku-bukunya kurang menarik dan bervariasi sehingga berdampak pada berkurangnya minat baca," sambung dia.

Program donasi buku dimulai pada Kamis, 14 April 2022, dan akan berlangsung hingga akhir tahun. Siapa pun bisa menyumbangkan buku-buku anak yang dimiliki lewat 180 gerai McD. Mereka menyediakan kotak pengumpul untuk meletakkan buku yang layak baca.

"Bukunya harus masih bagus, tidak terkoyak, bersih dari coretan," kata dia.

Jenis buku yang bisa disumbangkan meliputi buku cerita, buku pengetahuan/ensiklopedia, majalah, dan buku komik. McDonald's Indonesia bekerja sama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat untuk mendistribusikan buku-buku tersebut kepada taman bacaan maupun perpustakaan yang membutuhkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buku Anak

Terlepas dari rendahnya minat baca anak Indonesia, kualitas buku anak lokal tak bisa diremehkan. Dalam kegiatan London Book Fair 2022, kategori buku anak justru menjadi salah satu andalan perwakilan Indonesia untuk menjaring pembeli dari luar negeri.

Ketua IKAPI Arys Hilman, pada Senin, 28 Maret 2022, mengatakan penerbit asing sangat meminati buku anak dari Indonesia. "Misalnya dari negara Timur Tengah, itu sangat menyukai gambar-gambar pada buku-buku Indonesia. Nah, kami sudah menyeleksi, ada 60 judul," tutur Arys.

Indonesia kembali berpartisipasi dalam pameran tersebut setelah absen sejak 2019 karena situasi pandemi Covid-19. Delapan penerbit buku dan dua literary agency yang telah melewati proses seleksi akan barpartisipasi dalam pameran dengan menempati Paviliun Indonesia seluas 148,5 meter persegi.

Ke delapan penerbit yang ikut berpameran adalah Mizan Pustaka, Gagas Media, Gramedia International, Kanisius, Afterhours Book, re:ON Comics, Yayasan Pustaka Obor Indonesia, dan Zikrul Bestari. Sedangkan, dua literary agent yang berhasil lolos proses seleksi yaitu Borobudur Agency dan Literasia Creativa.

London Book Fair tahun ini berlangsung pada 5--7 April 2022 di Olympia London. Sekitar seribu peserta dari 60 negara ikut berpartisipasi dalam event yang selama dua tahun pandemi digelar secara daring itu. Indonesia membawa 260 judul buku yang terbagi menjadi empat kategori besar, yakni buku anak, fiksi, nonfiksi, dan komik.

 

3 dari 4 halaman

Gim Jelang Buka Puasa

Selain menggalang donasi buku, McD juga meluncurkan gim yang hanya bisa dimainkan mendekati buka puasa hingga selepas tarawih di aplikasi McDonald's Indonesia. Ada tiga gim yang disiapkan untuk dimainkan sejak 2 April hingga 1 Mei 2022, yakni Cari yang Cocok, Pesanan Seru, dan Tembak Kelereng.

Masing-masing permainan itu dihadirkan dalam periode berbeda, yakni berdurasi 10 hari. Gim hanya bisa dimainkan mulai pukul 4 sore hingga pukul 8 malam.

Gim Cari yang Cocok mengajak konsumen untuk bertugas sebagai pelayan di outlet dan memenuhi sesuai pesanan. Sedangkan, gim Pesanan Seru mengajak konsumen untuk menjadi pelayan di drive thru. Permainan Tembak Kelereng menjadi penutup.

Konsumen diminta untuk mendapat 1.000 point agar bisa memperoleh reward. Hadiah rewardnya bermacam-macam, tetapi maksimal mendapatkan satu reward sehari. Reward itu bisa ditukarkan di gerai McD.

4 dari 4 halaman

Program Khusus untuk Lansia

Selama Ramadan, McDonald's Indonesia juga menyiapkan Golden Table, yaitu meja khusus bagi para lansia yang datang ke gerai McD mulai pukul 17.00--20.00. Tujuannya untuk memberikan momen bahagia bagi para lansia di bulan Ramadhan.

"McDonald’s Indonesia juga ingin menjadi tempat yang dapat semakin mendekatkan masyarakat, salah satunya ialah para lansia. Menurut data BPS tahun 2020, 9 dari 100 lansia di Indonesia menjalani Ramadan sendirian," kata Caroline Kurniadjaja selaku Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia. 

Para lansia juga berkesempatan mendapatkan golden voucher. Dengan itu, mereka akan mendapatkan menu gratis yang dapat dipilih sendiri, yakni Apple Pie, Hot Tea/Hot Coffee atau Chocolate Sundae.

McDonald’s juga memberikan kesempatan kepada tiga lansia berbakat untuk menampilkan karyanya di dalam konten video “Golden Stage”.  Video ini akan ditampilkan di akun Youtube McDonald’s untuk mengisi waktu selama ngabuburit, tepatnya pada 22, 26 dan 29 April 2022.  Inisiatif Golden Stage ini diadakan McDonald’s untuk memberikan kesempatan kedua bagi para lansia tersebut untuk kembali terhubung dengan penonton dan juga mengisi kerinduan untuk kembali menampilkan bakat dan hasrat seni mereka.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.