Sukses

Peneliti Thailand Ingatkan Tak Lepas Masker saat di Toilet Umum

Peneliti di Thailand mengingatkan publik agar tak melepas masker saat di toilet umum. Ini alasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah tim peneliti Thailand menemukan dalam sebuah penelitian bahwa tanpa masker, ada risiko 10 persen terinfeksi Covid-19 di toilet umum. Acak?

Tim yang dipimpin oleh peneliti dari Chulabhorn Research Institute di Bangkok ini menemukan bahwa risikonya naik hingga hampir 100 persen jika orang yang terinfeksi Covid-19 benar-benar batuk atau bersin di toilet. Namun, penelitian tersebut mengklaim bahwa jika keduanya mengenakan N95 atau masker wajah bedah, risikonya hanya 0,01 persen. Studi ini diterbitkan dalam Journal of Water and Health.

Kini, para peneliti memperingatkan masyarakat untuk tidak melepas masker saat berada di toilet umum. Thammanitchpol Denpetkul, seorang dosen di fakultas kedokteran di Universitas Mahidol, mengatakan kepada Bangkok Post bahwa beberapa masker jauh lebih efektif daripada yang lain.

“Beberapa masker kain mungkin tidak cukup baik untuk melindungi dari virus … tetapi jika seseorang menggunakan masker N95 dan memakainya dengan benar, risikonya adalah satu dari 100.000,” ia berkata.

Tren infeksi Covid baru harian di Thailand pasti sedang menurun, untuk saat ini. Meskipun peringatan peningkatan kasus dari beberapa otoritas medis di Thailand (hingga 100.000 infeksi per hari dalam satu perkiraan), tren selama seminggu terakhir telah turun.

Lonjakan Omicron saat ini mencapai puncaknya pada 1 April dengan 28.029 infeksi baru tetapi sejak itu terus menurun. Hari ini Thailand mencatat 18.892 infeksi Covid baru tetapi masih melihat tren peningkatan 125 kematian terkait Covid baru, hari ketujuh berturut-turut di mana jumlah kematian lebih dari 100 orang.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Delapan hingga 10 Ribu Positif

Namun, Kementerian Kesehatan Masyarakat memperingatkan bahwa ada sekitar 8 – 10.000 hasil positif setiap hari berdasarkan tes ATK (antigen tes kit) yang digelar setiap hari. Ada 18.799 infeksi virus corona baru di sekitar Thailand, hanya 11 di antara narapidana, penurunan besar sejak puncaknya lebih dari 1.000 sehari pada tahun lalu.

Sebanyak 22.220 pasien Covid telah keluar dari rumah sakit dalam 24 jam terakhir setelah pulih dari virus. Sejak pandemi dimulai pada awal 2020, ada lebih dari 4 juta infeksi Covid-19, meskipun diperkirakan jumlah saat ini mungkin kurang dilaporkan karena sifat infeksi varian Omicron Covid-19.

Saat ini pejabat pariwisata berencana untuk mengajukan proposal untuk membatalkan skema masuk Test & Go Thailand pada pertemuan CCSA berikutnya. Otoritas Pariwisata Thailand bersama Kementerian Pariwisata dan Olahraga akan mempresentasikan proposal tersebut pada pertemuan berikutnya pada 22 April 2022. 

3 dari 4 halaman

Mulai 1 Mei 2022

Menteri Pariwisata dan Olahraga Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan jika perubahan itu disetujui, mulai 1 Mei 2022, wisatawan akan dapat memasuki Thailand hanya dengan menggunakan paspor vaksin. Mereka tidak lagi harus menunggu tiga sampai lima hari untuk dokumen mereka disetujui dalam sistem pendaftaran online Thailand Pass.

Dalam rencana yang diusulkan, tes PCR pada saat kedatangan untuk pelancong asing diharapkan akan digantikan oleh tes antigen pada saat kedatangan di bandara. “Thailand siap menyambut pengunjung asing lagi karena sistem kesehatan masyarakat kita cukup lengkap.”

Perlu dicatat bahwa ini adalah proposal dari TAT dan Kementerian Olahraga dan Pariwisata. Keduanya memiliki kepentingan untuk membuka kembali Thailand untuk turis sebanyak mungkin.

 

4 dari 4 halaman

Lonjakan Wisatawan

Usulan untuk melonggarkan pembatasan dan menghapus Thailand Pass belum dibahas oleh CCSA dan perlu disetujui oleh anggota CCSA dalam rapat, kabinet Thailand. Kemudian disetujui melalui Royal Gazette sebelum perubahan menjadi undang-undang.

Kementerian pariwisata memperkirakan setidaknya 10 juta kedatangan internasional dan lebih dari 1 triliun baht pendapatan untuk sisa tahun 2022. Kementerian, dan TAT, telah memperkirakan 3, 5, 11 dan 15 juta pengunjung untuk 2022.

Thailand mengalami lonjakan wisatawan pada awal April 2022 ,Thailand masih akan meraih delapan persen dari lalu lintas turisnya sebelum Covid (2019). Hal itu terjadi jika turis asing yang datang ke Thailand mencapai delapan hingga 11 ribu per hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini