Sukses

Cara Mengurangi Pemanasan Global

Banyak cara untuk memperlambat pemanasan global. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara untuk mengurangi pemanasan global. Negara-negara pun harus cepat bertindak untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Kemungkinan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca itu diyakini para ahli, seperti dilansir dari Japan Today, Sabtu (16/4/2022).

Beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti menggunakan energi lebih efisien. Selain itu, memperlambat deforestasi, dan mempercepat adopsi energi terbarukan.

Banyak dari strategi itu yang memerlukan undang-undang, peraturan, atau pendanaan baru untuk bergerak maju dengan kecepatan dan skala yang dibutuhkan. Namun, satu strategi yang semakin layak bagi banyak konsumen adalah memberi daya pada rumah dan perangkat mereka dengan listrik dari sumber yang bersih.

Hal itu menunjukkan bahwa elektrifikasi rumah merupakan strategi iklim yang penting dan bagaimana konsumen dapat memulai. Elektrifikasi adalah proses powering yang menggunakan listrik dan biasanya berhubungan dengan pengisian daya yang berasal dari sumber luar.

Pada tahun 2020, penggunaan energi rumah menyumbang sekitar seperenam dari total konsumsi energi AS. Hampir setengah (47%) energi ini berasal dari listrik, diikuti oleh gas alam (42%), minyak (8%) dan energi terbarukan (7%).

Sejauh ini penggunaan energi rumah terbesar adalah untuk pemanas dan pendingin ruangan. Diikuti oleh penerangan, lemari es, dan peralatan lainnya.

Cara paling efektif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari konsumsi energi rumah tangga adalah dengan mengganti listrik yang dihasilkan dari sumber rendah dan nol karbon untuk minyak dan gas alam. Ada pula beberapa sektor listrik yang bergerak cepat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Data Pengurangan Emisi Karbon

Berdasarkan laporan Lawrence Berkeley National Laboratory pada tahun 2021, produsen listrik telah mengurangi emisi karbon mereka sebesar 50% dari apa yang diprediksi oleh para ahli energi pada tahun 2005.

“Penurunan ini terjadi berkat kebijakan, pasar, dan teknologi. pengemudi,” ujar tim analis lab Lawrence Berkeley dari hasil kesimpulannya. Tenaga angin dan matahari telah ditingkatkan dan dipotong biayanya sehingga utilitas menggunakan lebih banyak dari mereka. Gas alam yang murah telah menggantikan pembangkitan dari batubara yang lebih kotor.

Terdapat kebijakan publik yang telah mendorong pengguna untuk menggunakan teknologi hemat energi seperti bola lampu LED. Tren konvergen itu menjadikan tenaga listrik sebagai pilihan energi yang semakin ramah iklim.

Pompa panas untuk hari yang dingin dan panas

Pemanasan dan pendinginan menggunakan begitu banyak energi yang beralih dari tungku bertenaga minyak atau gas ke pompa panas. Upaya itu sangat mengurangi jejak karbon rumah.

Menurut pakar keberlanjutan Universitas Dayton Robert Brecha, pompa panas bekerja dengan memindahkan panas masuk dan keluar dari gedung, bukan dengan membakar bahan bakar fosil. “Cairan yang sangat dingin bersirkulasi melalui gulungan tabung di unit luar pompa panas,” tulis Brecha.

“Cairan itu menyerap energi dalam bentuk panas dari udara sekitar, yang lebih hangat dari fluida. Cairan menguap dan kemudian bersirkulasi ke kompresor. Mengompresi gas apa pun akan memanaskannya sehingga proses ini menghasilkan panas. Kemudian uap bergerak melalui gulungan pipa di unit dalam ruangan pompa panas, memanaskan bangunan,” tambahnya.

Di musim panas, prosesnya terbalik menjadi pompa panas mengambil energi dari dalam ruangan dan memindahkan panas itu ke luar ruangan. Sama seperti lemari es menghilangkan panas dari ruangan tempat menyimpan makanan dan mengeluarkannya ke udara di ruangan tempatnya berada.

Pilihan lainnya adalah pompa panas panas bumi yang mengumpulkan kehangatan dari bumi dan menggunakan proses yang sama seperti pompa panas sumber udara untuk memindahkannya ke dalam bangunan. Sistem ini lebih mahal karena pemasangannya melibatkan penggalian untuk mengubur pipa di bawah tanah tetapi juga mengurangi penggunaan listrik.

3 dari 4 halaman

Memasak Tanpa Gas atau Panas

Bagi orang yang suka memasak, kendala terbesar dari penggunaan listrik adalah prospek menggunakan kompor listrik. Banyak koki rumahan melihat api gas lebih responsif dan presisi daripada kompor listrik. Namun, induksi magnetik yang memasak makanan dengan menghasilkan medan magnet di bawah panci akan menghilangkan kebutuhan untuk menyalakan kompor sama sekali.

“Alih-alih pembakar konvensional, tempat memasak di kompor induksi disebut kompor, dan terdiri dari gulungan kawat yang tertanam di permukaan kompor,” tulis profesor teknik listrik Universitas Binghamton, Kenneth McLeod. Memindahkan muatan listrik melalui kabel tersebut menciptakan medan magnet, yang pada gilirannya menciptakan medan listrik di bagian bawah peralatan masak. “Karena resistensi, panci akan memanas, meskipun kompor tidak,” tambah McLeod.

Kompor induksi menghangatkan dan mendinginkan dengan sangat cepat dan menawarkan kontrol suhu yang sangat akurat. Mereka juga mudah dibersihkan karena terbuat dari kaca dan lebih aman daripada kompor listrik karena kompor tidak tetap panas saat panci diangkat. Banyak utilitas menawarkan potongan harga untuk menutupi biaya kompor induksi yang lebih tinggi.

 

4 dari 4 halaman

Mobil Listrik sebagai Sumber Daya Cadangan

Sistem kelistrikan seperti pemanas rumah dan memasak membuat penduduk semakin rentan terhadap pemadaman listrik. Namun, sistem cadangan baru dapat tersedia dan memberi daya pada rumah dari kendaraan listrik.

Dengan minat pada mobil listrik dan truk ringan yang meningkat di AS, pembuat mobil memperkenalkan banyak model dan desain EV baru. Beberapa wahana baru ini akan menawarkan pengisian dua arah seperti kemampuan untuk mengisi baterai mobil di rumah, memindahkan daya itu kembali ke rumah, dan akhirnya ke jaringan listrik.

Saat ini, hanya beberapa model yang menawarkan kapasitas tersebut dan itu membutuhkan peralatan khusus yang dapat menambah beberapa ribu dolar pada harga sebuah EV. Namun, pakar energi Penn State Seth Blumsack melihat nilai dalam teknologi yang sedang berkembang ini.

“Memungkinkan pemilik rumah untuk menggunakan kendaraan mereka sebagai cadangan saat listrik padam akan mengurangi dampak sosial dari pemadaman skala besar. Itu juga akan memberi utilitas lebih banyak waktu untuk memulihkan layanan. Terutama ketika ada kerusakan besar pada tiang dan kabel listrik, ”jelas Blumsack.

Ia menambahkan, pengisian dua arah juga merupakan bagian integral dari visi yang lebih luas untuk jaringan listrik generasi berikutnya. Terdapat jutaan EV yang terus-menerus mengambil daya dari jaringan dan mengembalikannya. Itu menjadi elemen kunci dari masa depan yang dialiri listrik. (Natalia Adinda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.