Sukses

80 Persen Perantau Mudik Lebaran, Apa Saja yang Bakal Dilakukan di Kampung Halaman?

Beberapa hal yang memengaruhi antusiasme masyarakat untuk mudik, antara lain angka penyebaran Covid-19 yang melandai, dan pelonggaran syarat perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Agen travel online Pegipegi menyurvei preferensi mudik Lebaran 2022 kepada lebih dari 600 responden di seluruh Indonesia. Dari survei itu, sebanyak 80 persen responden menyatakan akan mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun ini.

Vice President of Commercial and Marketing Pegipegi, Ryan Kartawidjaja mengatakan, momentum Lebaran tahun ini sudah ditunggu-tunggu masyarakat dalam dua tahun terakhir. "Kami optimis masyarakat sangat antusias untuk mudik dalam Ramadhan tahun ini karena dalam dua tahun terakhir ada larangan mudik," ucap Ryan dalam konferensi pers daring pada Kamis, 14 April 2022.

Ryan menambahkan, "Ini jadi pertanda tren pariwisata juga akan mengalami peningkatan."

"Kami menyambut kesempatan ini dengan menyiapkan kemudahan akses travelling untuk mudik kepada seluruh pelanggan," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Ryan menyampaikan program Festival Hilir Mudik dari Pegipegi yang berlangsung pada 18 April sampai 6 Mei 2022 dengan beragam diskon. Pegipegi sudah terhubung dengan lebih dari 230 maskapai domestik dan internasional.

Selain itu ada lebih dari 110 ribu pilihan akomodasi di dalam dan luar negeri, lebih dari 1.600 rute perjalanan kereta api di Indonesia, serta lebih dari 290 pilihan bus dan travel. Selama periode Lebaran nanti, Ryan mengatakan, Pegipegi menargetkan peningkatan hingga sepuluh kali lipat dibandingkan tahun lalu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktivitas Favorit

Beberapa hal yang memengaruhi antusiasme masyarakat untuk mudik, antara lain angka penyebaran Covid-19 yang melandai, vaksinasi merata, sehingga berpengaruh terhadap kebijakan pemerintah dalam melonggarkan syarat perjalanan. Relaksasi kebijakan ini menjadi momentum percepatan pemulihan pariwisata.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa sebanyak 35 persen responden memilih pesawat sebagai transportasi mudik, disusul oleh 35 persen lainnya yang memilih mobil pribadi. Selain itu, kereta api, bus dan travel juga menjadi alternatif transportasi mudik favorit yang dipilih oleh masyarakat.

Dari survei preferensi mudik Lebaran 2022, Pegipegi juga berhasil mendapatkan aktivitas favorit yang akan dilakukan saat mudik Lebaran. Aktivitas favorit masyarakat ketika mudik didominasi oleh rencana untuk kuliner bersama keluarga (52 persen), menjelajah wisata destinasi terdekat (27 persen), dan staycation dalam kota (11 persen).

Hal ini menunjukkan bahwa akan ada aktivitas traveling dan staycation yang diprediksi akan mengalami peningkatan pada periode libur Lebaran 2022. Selain itu, berdasarkan data internal Pegipegi, mayoritas masyarakat Indonesia yang melakukan mudik pada taun 2021 lalu, menambahkan fitur Pegipegi Travel Protection yang merupakan asuransi perjalanan dari Pegipegi.

3 dari 4 halaman

Diskom 70 Persen

Kebijakan mudik yang sudah diperbolehkan dan kelonggaran syarat transportasi tentunya berpengaruh terhadap geliat pariwisata Indonesia. Salah satunya adalah pemesanan tiket pesawat yang semakin meningkat.

Karena itu, untuk semakin memenuhi kebutuhan traveling masyarakat Indonesia, pada momen Ramadhan ini Pegipegi meluncurkan kampanye bernama Pegipegi Lagi. Tujuannya untuk mendorong dan memfasilitasi setiap orang untuk bisa kembali merayakan kebebasan dengan kembali traveling dengan mudah sehingga memungkinkan mereka untuk mendapatkan pengalaman baru pascapandemi.

Dalam program Pegipegi Lagi, Pegipegi menghadirkan rangkaian program yang bisa dimanfaatkan oleh setiap masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Festival Hilir Mudik.

Festival ini akan menghadirkan beragam diskon menarik untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, bus dan travel hingga hotel dengan diskon hingga 70 persen. Festival Hilir Mudik akan berlangsung pada tanggal 18 April--6 Mei 2022, melalui aplikasi Pegipegi

4 dari 4 halaman

10 Kota Tujuan Mudik

Pegipegi juga mengadakan survei seputar preferensi mudik Lebaran 2022. Survei ini dilakukan pada periode 18 sampai 30 Maret 2022 kepada lebih dari 600 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Hasilnya, Yogyakarta atau Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berada di urutan pertama. Urutan selengkapnya 10 Kota Tujuan Mudik Favorit 2022 versi Pegipegi adalah:

1. Yogyakarta

2. Solo

3. Surabaya

4. Bandung

5. Semarang

6. Padang

7. Purwokerto

8. Palembang

9. Medan

10. Malang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.