Sukses

Resep Rujak Aceh, Menu Favorit Chef Yuda Bustara untuk Mendukung Kampanye Keren Dimakan

Chef Yuda Bustara punya menu favorit berupa rujak aceh. Bagaimana resepnya?

Liputan6.com, Jakarta - Chef Yuda Bustara mengatakan makan sehat merupakan salah satu bentuk self love. Ia percaya bahwa manusia itu hanya punya satu tubuh, jika tubuhnya rusak, maka tidak bisa lagi digunakan.

"Kita harus menyayangi tubuh dengan cara, pertama, makan sehat. Segala penyakit itu datangnya dari perut. Jadi, kita harus menjaga pola makan yang baik," kata Chef Yuda Bustara dalam bincang-bincang #KerenDimakan: Mengajak Remaja Indonesia untuk Mencintai Diri Lewat Gizi Seimbang dalam momentum Hari Kesehatan Sedunia yang diselenggarakan Kementrian Kesehaatan dan United Nations World Food Programme (UN WFP), Kamis, 14 April 2022.

Kedua, Yuda melanjutkan, kita harus beraktivitas atau bergerak yang banyak. Ia mengungkapkan banyak temannya yang bertanya bagaimana caranya agar kurus.

"Caranya bergerak dan pola makan yang sehat. Salah satunya, saya masak sendiri di rumah," Yuda menambahkan.

Dengan masak sendiri, Yuda menuturkan, dengan masak sendiri ia bisa mengatur apa saja gizi yang dibutuhkan. Jika ingin vitamin C, maka harus banyak makan jeruk.

"Kalau kulit saya pucat banget dan ingin cerah, maka harus banyak minum jus wortel. Itu tips saya untuk membuat mood happy yang salah satunya bentuk self love," Yuda menuturkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rujak Aceh

Dalam pandangan Chef Yuda, makan buah lokal sangat keren, tidak harus makan buah impor. Buah lokal itu bisa dikreasikan untuk menu buka puasa atau menjadi cemilan yang sehat.

"Saya suka banget menu ini, namanya cukup misleading. Namanya rujak aceh, tapi sebenarnya dari Medan," ungkap Chef Yuda.

Chef Yuda menjelaskan, rujak aceh menggunakan segala buah-buahan dan sayuran, ada timun, jambu, mangga, mangga kueni. Selain itu, ada pepaya, salak yang dimaniskan dan diasinkan.

"Pokoknya segar banget dan juga cukup viral secara online. Pokoknya gampang buatnya dan bernutrisi dan ini menjadi menu favorit saya," Yuda menambahkan. 

3 dari 4 halaman

Pengganti Gorengan

Menurut Chef Yuda, bagi mereka yang suka makan mi instan, gorengan, atau tinggi lemak, dan karbohidrat. Mereka bisa menggantinya dengan snack yang lebih sehat, berupa rujak aceh.

"Selain rasanya yang unik. Rujak Aceh ini juga kaya vitamin dan antioksidan karena ada banyak jenis buah yang bisa kamu nikmati," Yuda berkata yang mendukung kampanye #KerenDimakan.

"Kalian bisa kreasi menu dengan buah dan sayur versi kalian," ucap Yuda yang juga mengunggah video rujak aceh di akun Instagram pribadinya. Banyak makan buah dan sayur membuat tubuh jadi lebih sehat.

4 dari 4 halaman

Resep Rujak Aceh

Resep Rujak Aceh Chef Yuda Bustara

- Bahan-bahan: nanas, timun, mangga, jambu air. Semuanya dimasukan dalam satu wadah.

- Lalu siapkan mangga kweni, cabai rawit, gula jawa, air asam. Semuanya dimasukan ke dalam blender hingga halus.

- Masukan bahan-bahan yang telah halus diblender ke wadah yang berisi buah-buahan.

- Tahap selanjutnya tambahkan lychee, kolang kaling, asinan salak, pepaya di atasnya

- Aduk hingga merata

- Rujak aceh siap dihidangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.