Sukses

Cerita Pesta Ulang Tahun ke-56 PM Inggris Boris Johnson yang Membuatnya Didenda Rp943 Ribu

PM Inggris Boris Johnson mengaku hanya menghabiskan waktu sembilan menit untuk merayakan pesta ulang tahun saat lockdown diberlakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson akhirnya meminta maaf atas pelanggaran aturan lockdown saat ulang tahunnya yang ke-56 pada 19 Juni 2020. Para pembantu terdekatnya ikut merayakan ulang tahun tersebut.

Dalam pengakuan mereka, mereka hanya menghabiskan waktu selama sembilan menit di Ruang Kabinet untuk menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun. Perayaan sederhana itu digelar setelah Boris Johnson kembali dari kunjungan pembukaan sekolah di Herfordshire. Seorang ajudan menariknya ke samping sambil mengatakan ada sesuatu yang perlu dia lihat di sebelah.

Sang PM manut. Sang PM menepuk dan mengacak-acak rambutnya ketika disambut oleh beberapa staf di Downing Street No.10 yang memegang beberapa makanan ringan dengan canggung. Seorang sumber mengatakan, "Pria itu hampir mati. Jadi, rasanya aneh untuk tidak menandainya (ulang tahun) dengan cara tertentu, tapi itu bukan pesta."

Johnson saat itu baru selamat dari maut setelah berjuang hidup akibat terinfeksi Covid-19. Karena itu, staf memilihkan menu sehat, yakni salad dalam kemasan plastik. Ada juga gulungan sosis dan sepanci camilan berisi potongan cokelat di atas meja kabinet. Sementara, empat kaleng bir hangat Estrella tidak tersentuh di sebelahnya, kata sumber.

Mereka berdiri di sana, mengobrol. Posisinya canggung karena berusaha saling menjaga jarak sosial satu sama lain. Saat itulah, Menteri Keuangan Rishi Sunak muncul untuk rapat. Ia bergabung di sana sebentar untuk mendoakan yang terbaik bagi PM Inggris. Istri Johnson, Carrie, mampir dengan bayi Wilf di pelukan. Dia membeli kue ulang tahun berhias Union Jack.

Sekretaris Kabinet Simon Case juga ada di sana menjelang pertemuan darurat Covid untuk memutuskan bagaimana mempercepat perjalanan negara itu dari penguncian pertama. Pertemuan itu pun terekam dalam gambar. Setelah itu, mereka kembali bekerja.

Staf Downing Street berpikir perayaan sederhana itu adalah sikap yang baik untuk bos mereka mengingat perjuangan bertahan hidup yang baru saja dilalui Johnson. Namun, polisi berpikiran berbeda. Bagi Kepolisian Metropolitan mengatakan, ulang tahun itu adalah pelanggaran berat terhadap aturan lockdown Inggris.

Mereka yang terlibat harus menerima konsekuensi. Boris, Carrie, dan Sunak harus membayar denda. PM Inggris dan istrinya mengatakan dia telah membayar denda mereka di muka.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sengketa Durasi

Dalam momen pengakuan kesalahan, Johnson mengakui dia ada di sana "kurang dari sepuluh menit, di mana orang-orang yang bekerja dengan saya menyampaikan harapan baik mereka". Namun, pihak kepolisian Metropolitan acara itu berlangsung satu jam.

Pada Juni 2020, The Times melaporkan pertemuan itu sehari kemudian. Surat kabar itu mengatakan para pembantunya menyanyikan Selamat Ulang Tahun dan memasukkan kue "Union Jack".

Kemudian, pembantu setia Johnson, Conor Burns mengatakan Perdana Menteri telah "disergap oleh kue" - sebelum kemudian mengakui bahwa dia telah diberitahu sebenarnya tidak ada kue. Pendukung setia Johnson tetap bersikukuh tidak ada kue ulang tahun, tetapi mengakui mungkin ada seperti gigitan cokelat gulung yang dibeli pada menit terakhir dari M&S terdekat.

Sebelumnya, PM mengadakan perayaan ulang tahun yang sah dengan murid-murid di Akademi Dasar Bovingdon di Hemel Hempstead. Anak-anak itu memberinya kue besar dengan topping stroberi, kue ulang tahun Union Jack, dan mereka menyanyikan "Selamat Ulang Tahun Perdana Menteri".

 

3 dari 4 halaman

Besaran Denda

Setelah berkendara kembali ke pusat kota London, pekerja No10 yang berpikir cepat membuat keputusan cepat untuk memberinya penjemputan ulang tahun. Jauh dari kebijakan Covid, Johnson menghadapi serangan balik dari parlemen Inggris dan pegawai negerinya. 

PM dan istrinya dikenai denda 100 pound sterling – dikurangi menjadi 50 pound sterling atau Rp943 ribu untuk diselesaikan dalam waktu 14 hari.

Pada Selasa malam, 12 April 2022, anggota parlemen Tory berkumpul di sekitar PM dan bersikeras sekarang bukan waktunya untuk kontes kepemimpinan yang memecah belah. Negara ini menghadapi krisis biaya hidup dan mencoba untuk bersaing dengan invasi Vladimir Putin ke Ukraina.

4 dari 4 halaman

Mengembalikan Kepercayaan

Mereka yang sebelumnya menyerukan agar Johnson mundur, kini berbalik mendukungnya dan memberikan saran tentang apa yang harus dilakukan saat ini. Anggota parlemen menunjukkan bahwa mantan menteri, seperti Harriet Harman dan Liam Byrne, tidak mengundurkan diri ketika mereka tertangkap ngebut dan didenda.

Burns, sekretaris pribadi PM, mengatakan, "PM telah meminta maaf atas peristiwa 19 Juni tetapi akan memahami kemarahan baru. Ada pekerjaan besar untuk membangun kembali kepercayaan."

Anggota parlemen James Duddridge menambahkan, "PM harus fokus pada Ukraina - dia adalah orang yang tepat untuk memimpin partai dan negara. Kita harus bersatu dalam tekad kita dan bergerak maju di bawah kepemimpinannya."

Andrew Bridgen menambahkan, "Ini bukan waktunya untuk mencopot PM mengingat situasi internasional, tetapi ini bukan akhir dari masalah ini."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.