Sukses

9 Fakta Lay yang Hengkang dari SM Entertainment di Ultah ke-10 EXO

Menandai pengunduran dirinya dari SM Entertainment, Lay membagikan surat tulisan tangan yang juga ditujukan untuk para member EXO.

Liputan6.com, Jakarta - EXO-L, sebutan penggemar EXO, mendapat kejutan dari Lay, tepat di hari ulang tahun ke-10 grup itu, Jumat (8/4/2022). Member asal China ini menulis surat terbuka yang menyatakan pengunduran dirinya dari SM Entertainment, agensi EXO.

Surat tulisan tangan dalam Bahasa Korea dan Bahasa Inggris ini dibagikan di akun Instagram dan Twitter Lay. Di sana, entertainer serba bisa ini mengungkap kepedulian dan hormatnya pada para member EXO, juga mantan agensinya, SM Entertainment.

Nama Lay memang melejit bersama kepopuleran grup yang debut pada 2012 tersebut. Namun, citra figurnya berkembang seiring tahun, mengungkap sederet fakta menarik tentang pemilik nama lengkap Zhang Yixing tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Juga Dikenal Sebagai Soloist

Mengutip Elite Daily, Jumat (8/4/2022), dalam sebuah wawancara dengan Dazed pada 2016, Lay ditanya bagaimana ia menemukan waktu untuk menyeimbangkan musik solonya, musiknya dengan EXO, dan kehidupan pribadinya. Ia berkata, "Saya 'mengisi ulang' diri saya dengan mengerjakan lagu-lagu yang ingin saya persembahkan pada para penggemar."

"Rasanya luar biasa ketika saya melihat mereka menikmati lagu-lagu yang saya kerjakan dengan serius, yang memberi saya kekuatan dan energi untuk terus maju. Itu sebabnya saya ingin terus mengembangkan karier saya ke bidang lain dan menunjukkan berbagai musik di masa depan," Lay menyebutkan.

2. Penulis Buku

Menurut Koreaboo, buku otobiografi Lay Standing Firm At 24 diterbitkan pada 2015 dan dilaporkan jadi buku terlaris di China. Dalam ulasan KPopStarz, disebutkan bahwa Lay mengungkap kurangnya kepercayaan dirinya setelah resmi jadi Lay EXO.

Juga, ia mengungkap memiliki "kecemasan yang sangat, sangat dalam" saat tampil di atas panggung. Tapi, ia mampu menghadapi ketakutannya melalui dedikasi untuk berlatih dan bekerja keras bersama anggota EXO lainnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Duta Publisitas

Kembali pada 2016, Lay ditunjuk sebagai duta publisitas untuk Liga Pemuda Komunis China (CYLC). Itu adalah pertama kalinya seorang selebritas dihormati dengan gelar tersebut, menurut People's Daily Online.

Pada konferensi pers, Lay dilaporkan mengatakan bahwa ia berencana bekerja di samping tuntutan publisitas liga pemuda. Seorang pejabat mencatat bahwa menunjuk seseorang seperti Lay adalah "langkah inovatif CYLC untuk membimbing dan melayani kaum muda dengan bantuan idola mereka."

4. Diundang Menghadiri Grammy

Lay secara resmi diundang ke Grammy Awards ke-61 sebagai duta FM Dongguan 101. Undangan tersebut diumumkan China Music Vision, mitra China dari The Recording Academy untuk inisiatif hiburan dan pendidikan bermerek GRAMMY.

5. Rekor Karya Musik

Album solo pertamanya, Lose Control, debut pada Oktober 2016. Rilisan musik itu membuat Lay jadi artis Tiongkok pertama yang masuk ke iTunes Top 60 chart. Menurut Madness to Creation, album Lay "memecahkan rekor penjualan terbanyak di Korea Selatan oleh artis solo dengan pre-order melebihi 200 ribu eksemplar sebelum album fisik dirilis."

3 dari 4 halaman

6. Membaca Semua Surat Penggemar

Lay dilaporkan benar-benar membaca semua surat penggemar. Ia bahkan dikenal mengadakan sesi membaca dan tanya jawab secara online dengan penggemarnya.

7. Pernah Mengisi Posisi Jonghyun di Konser SHINee

Sebelum debut, Lay sudah lebih dulu tampil di konser SHINee. Pada 2010, grup tersebut mengadakan SHINee World Concert dan di waktu penyelenggaraannya Jonghyun terluka dan tidak bisa ikut menari bersama member lain. Di situlah Lay masuk. Ia terlihat mengisi bagian koreografi pertunjukan untuk Jonghyun.

8. Diajari Menyetir oleh Jackie Chan

Jackie Chan mengajarinya cara menyetir ketika mereka syuting Kung Fu Yoga bersama.

9. Terlibat Pekerjaan Amal

Lay telah terlibat dalam banyak pekerjaan amal selama bertahun-tahun sampai akhirnya menginisiasinya sendiri. Ini disebut "Beasiswa Seni Zhang Yixing," yang sesuai namanya: memberikan beasiswa ke bekas sekolah menengahnya. Ia dikatakan menyumbangkan 100 ribu yuan setiap tahun untuk beasiswa yang kira-kira senilai 14,6 ribu dolar Amerika Serikat (sekitar Rp210 juta).

4 dari 4 halaman

Surat Pengunduran Diri Lay

"Sepuluh tahun berkembang. Terima kasih semua.

Terima kasih untuk saudara-saudara saya di EXO atas segala pendampingan dan dukungan kalian. Terima kasih pada rekan-rekan saya di SM yang menyaksikan setiap langkah saya dalam mengembangkan diri dan meraih penacapaian saya.

Terima kasih pada semua penggemar atas cinta dan dukungan tanpa syarat.

Tiba waktunya untuk mengucap selamat tinggal sebagai seorang karyawan SM. Ini juga merupakan awal baru saya sebagai seorang yang berusia 30-an.

Saya akan selalu ada sebagai Lay saat para member (EXO) membutuhkan saya.

Aku adalah anggota keluarga kalian di China, Zhang Yixing. Mencintaimu selamanya ~ EXO."

Dalam keterangan unggahannya, Lay juga menulis kalimat manis. "Dekade ini adalah hadiah terhebat yang pernah saya terima," ungkapnya. 

Selama beberapa tahun terakhir, Lay memang lebih banyak beraktivitas di China dengan proyek solonya ketimbang di Korea. Salah satu momen terakhir dalam promosi bersama SM adalah saat ia muncul dalam foto teaser untuk album comeback EXO Don’t Fight the Feeling, tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.