Sukses

Fenty Beauty Raih Sukses, Rihanna Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes

Bisnis kecantikan Rihanna, Fenty Beauty membawa pesohor asal Barbados ini masuk sebagai salah satu orang terkaya dunia versi Forbes.

Liputan6.com, Jakarta - Rihanna berhasil menembus daftar miliuner tahunan versi Forbes untuk pertama kalinya. Kesuksesan sebagai salah seorang terkaya dunia ini diraih penyanyi asal Barbados ini berkat bisnis kecantikannya yang dijalankan, yakni Fenty Beauty.

Dikutip dari Independent, Jumat (8/4/2022), Rihanna berhasil masuk daftar orang terkaya dunia versi Forbes bersama pendatang baru lainnya, seperti sutradara Lord of the Rings Peter Jackson dan Melinda Gates, mantan istri Bill Gates. Kekayaan Rihanna menurut Forbes 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp24,4 triliun.

Perempuan berusia 34 tahun ini memiliki Fenty Beauty bersama dengan peritel mewah Prancis LMVH. Perusahaan tersebut menghasilkan pendapatan lebih dari 550 juta dolar AS (Rp7,9 triliun) pada 2020.

Rihanna juga mempunyai 30 persen saham di lini pakaian dalam Savage X Fenty. Lini tersebut sukses mengumpulkan 1 miliar dolar AS atau setara Rp14,3 triliun pada Februari 2021.

Popularitas Fenty Beauty menjadikan Rihanna miliarder pertama di Barbados pada Agustus 2021. Momen tersebut setelah ia dinobatkan sebagai "Pahlawan Nasional" ke-11 negara itu pada hari yang sama saat Barbados menjadi republik.

Forbes menempatkan Rihanna di 1.729 dalam daftar miliarder internasional, yang dirilis pada Selasa, 5 April 2022. Penggemar Rihanna begitu gembira atas berita tersebut, dengan banyak yang memuji kesuksesan Rihanna.

"Sungguh menakjubkan melihat Rihanna, seorang perempuan muda kulit hitam lajang dari sebuah pulau kecil yang beralih dari hiburan ke bisnis, menjadi miliarder. Perjalanannya mungkin yang paling menginspirasi dalam ingatan baru-baru ini," tulis penggemar Rihanna.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Forbes 2022

Dikutip dari Complex, Jumat (8/4/2022), menurut Forbes, dunia kini memiliki 2.668 miliarder dengan kekayaan bersih kolektif sebesar 12,7 triliun dolar AS. Rihanna menduduki peringkat nomor 1.729.

Daftar tahun lalu memiliki 2.755 miliarder dengan perkiraan total kekayaan bersih 13,1 triliun dolar AS. Publikasi tersebut melaporkan penurunan terbesar sejak krisis keuangan 2009 karena sanksi terhadap Rusia, yang kehilangan sepertiga dari kekayaannya setelah jatuhnya rubel.

Daftar tahun ini dipuncaki oleh maestro teknologi Elon Musk dengan perkiraan kekayaan bersih 219 miliar dolar AS. Pendiri Amazon Jeff Bezos meluncur ke posisi nomor 2 dengan 171 miliar dolar AS, pemilik LVMH Bernard Arnault mengikuti dengan 158 miliar dolar AS, sementara Bill Gates dan Warren Buffet melengkapi lima besar dengan masing-masing 129 miliar dolar AS dan 118 miliar dolar AS.

Selebritas lain yang masuk daftar termasuk Kanye West (No. 1.513 dengan 2 miliar dolar AS), Kim Kardashian (No. 1.645, 1,8 miliar dolar AS), Jay-Z (No. 2.076, 1,4 miliar dolar AS), dan Tyler Perry (No. 2.578, 1 miliar dolar AS). Ada pula Steven Spielberg (No. 801, 3,7 miliar dolar AS) dan Oprah Winfrey (No. 1.196, 2,6 miliar dolar AS).

3 dari 4 halaman

Miliarder

Pada Agustus 2021 lalu, Rihanna telah resmi menyandang gelar sebagai miliarder menurut Forbes. Dikutip dari CNN, 5 Agustus 2021, Forbes pada Rabu, 4 Agustus 2021 melaporkan perkiraan kekayaan bersih Rihanna mencapai 1,7 miliar dolar AS atau setara Rp24,3 triliun. Hal tersebut menjadikannya sebagai musisi perempuan terkaya dan perempuan terkaya kedua di dunia hiburan setelah Oprah Winfrey.

Rihanna merilis album bertajuk Anti pada 2016. Karyanya ini bertahan 63 minggu di tangga lagu Billboard.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia mendedikasikan waktunya untuk membangun kerajaan bisnis melalui merek Fenty Beauty dan lini pakaian Savage x Fenty. Forbes memperkirakan Fenty Beauty sendiri bernilai 2,8 miliar dolar AS atau sekitar Rp40,2 triliun.

Pada 2018, Fenty Beauty menghasilkan pendapatan tahunan lebih dari 550 juta dolar AS atau setara Rp7,8 triliun. Hasil tersebut lebih dari KKW Beauty milik Kim Kardashian West, Kylie Cosmetics dari Kylie Jenner, dan Honest Company dari Jessica Alba, lapor Forbes.

4 dari 4 halaman

Jadi Pahlawan Nasional

Rihanna menerima penghargaan tinggi dari tanah kelahirannya, Barbados. Pada Senin, 30 November 2021, ia dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Perdana Menteri Barbados Mia Mottley.

Dilansir dari People, 1 Desember 2021, penobatan Rihanna itu terjadi dalam sebuah upacara yang menandai pemisahan Barbados dari Inggris menjadi republik sendiri, menurut The Hollywood Reporter. Dalam video upacara yang dibagikan oleh The Guardian, Rihanna berjalan ke arah Mottley untuk menerima gelar barunya.

Rihanna saat itu berbalut  gaun sutra oranye dari Bottega Veneta. Ia lantas melengkapi penampilannya dengan sepatu hak bertali, dan masker wajah hitam. Acara tersebut berlangsung di kampung halaman Rihanna, Bridgetown. Pada momen itu, Perdana Menteri dengan bangga mempersembahkan gelar itu untuk Rihanna.

"Atas nama bangsa yang bersyukur dan dengan bangga, kami mempersembahkan kepada Anda, yang ditunjuk sebagai pahlawan nasional Barbados, ambassador Robyn Rihanna Fenty," kata Mottley. "Semoga Anda terus bersinar seperti berlian dan terus membawa kehormatan bagi bangsa Anda dengan kata-kata Anda, dengan tindakan Anda, dan berkontribusi ke mana pun Anda pergi."

Rihanna digelari The Right Honourable di depan namanya sebagai Pahlawan Nasional. Gelar terhormat itu baru diberikan kepada 11 orang dan Rihanna adalah perempuan kedua yang menerimanya, menurut THR.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.