Sukses

6 Sentra Takjil Ramadhan di Berbagai Daerah, dari Pasar Benhil hingga Pasar Kaget Pusdai

Ramadan membawa berkah tersendiri bagi para pengusaha kuliner, khususnya yang menjual takjil. Mana tempat favorit Anda untuk membelinya?

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tak hanya membawa kenikmatan beribadah, tetapi juga membawa berkah bagi para penjual takjil. Seiring dengan itu, beragam sentra takjil bermunculan di berbagai daerah yang menawarkan berbagai menu buka puasa.

Takjil adalah makanan dan minuman buka puasa yang cita rasanya cenderung manis, tetapi tak menutup makanan gurih. Tujuannya untuk mengembalikan gula darah yang turun setelah seharian berpuasa. 

Apa saja sentra takjil legendaris yang muncul di saat Ramadan? Liputan6.com merangkum enam di antaranya dikutip dari berbagai sumber, Rabu (6/4/2022).

1. Pasar Benhil

Pasar Bendungan Hilir atau Pasar Benhil merupakan pusat jajanan takjil yang ada di Jakarta. Sentra takjil itu sudah beroperasi sejak 11 tahun lalu. 

Salah satu menu buka puasa yang banyak dicari di Pasar Benhil adalah bubur kampiun. Selain itu, aneka gorengan dan es buah juga laris dibeli konsumen. Harganya relatif terjangkau dan banyak pilihan membuat sentra takjil ini memiliki pemina setia.

2. Kawasan Masjid Ampel

Surabaya juga memiliki sentra untuk berburu takjil saat Ramadan datang. Lokasinya tepatnya berada di kawasan Masjid Sunan Ampel, Semampir, Kota Surabaya. Daerah tersebut adalah kawasan perkampungan Arab.

Pembeli bisa membeli aneka hidangan khas Timur Tengah untuk berbuka puasa, seperti kue pukis Arab, kue lumpur Arab, dan sambosa. Selain mengenyangkan, kue-kue itu juga bisa tahan hingga dua hari. Warga juga bisa memborong makanan lokal, seperti pastel, bongko, atau pisang goreng di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Pasar Ramadhan Kauman

Beda lagi dengan Yogyakarta. Kota pelajar ini memiliki kawasan sentra takjil bernama Pasar Ramadhan Kauman. Pasar itu hanya buka di bulan Ramadan saja.

Lokasinya berdekatan dengan Masjid Gede Kauman. Terkenal dengan masyarakat yang religius, Kampung Ramadhan Kauman sudah ada sejak 1990-an. Di sini, pengunjung bisa mencoba jajanan khas warga Kauman yang hanya dijual saat Ramadan, yakni Kicak.

Kicak adalah takjil tradisional yang terbuat dari nangka, jadah ketan, kelapa muda, gula pasir, pandan, dan vanili. Biasanya dijual per bungkus dengan harga terjangkau.

3 dari 5 halaman

4. Masjid dan Aloon-Aloon Kauman

Bila sedang berbuka puasa di Kota Semarang, tak ada salahnya mengunjungi sentra takjil di Aloon-Aloon Kauman, depan Masjid Kauman. Masjid yang berada di perkampungan Arab itu merupakan sentra penjualan takjil terbesar di Kota Semarang. Ratusan pedagang dengan aneka jajanan siap menyambut pengunjung yang berburu takjil di kawasan Kampung Arab tersebut.

5. Pasar Kuliner Soekarno-Hatta

Sentra takjil selanjutnya berada di Pasar Kuliner Soekarno-Hatta di kawasan Jalan Soekarno-Hatta, Kota Malang. Pasar itu sudah ada sejak 10 tahun lalu.

Pasar itu bermula dari banyaknya penjual makanan takjil di tepi jalan sepanjang Jl.Soekarno-Hatta pada Bulan Puasa Ramadhan. Seblak, pentol bakar, gorengan menjadi makanan yang banyak dicari pelanggan di sini.

 

4 dari 5 halaman

6. Pasar Pusdai di Bandung

Kota Bandung juga memiliki sentra takjil, yaitu Pasar Pusdai (Pusat Dakwah Islam). Di luar Ramadan, penjual kerap membuat pasar kaget setiap Jumat. Tapi, dagangannya didominasi oleh barang-barang bekas.

Di bulan Ramadan, jualan berganti dengan beragam pilihan takjil, seperti kolak manis, gorengan, sampai makanan berat. Beberapa pedagang juga memanfaatkan keramaian dengan menjual baju muslim dan kerudung. (Natalia Adinda).

5 dari 5 halaman

Camilan Tradisional Tampil Lebih Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.