Sukses

Wakil Indonesia Pakai Gaun Rancangan Ivan Gunawan Saat Dimahkotai Miss Face of Humanity 2022

Malam final Miss Face of Humanity 2022 telah terselenggara di Toronto, Kanada, 2 April 2022, waktu setempat, dengan menetapkan Nadia Tjoa dari Indonesia sebagai pemenang.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Indonesia, Nadia Ingrida Tjuatja, atau dikenal juga sebagai Nadia Tjoa, resmi membawa pulang mahkota Miss Face of Humanity 2022. Prestasi itu membuat Indonesia jadi negara pertama yang memenangkan kontes kecantikan tersebut.

Malam finalnya diadakan di Toronto, Kanada, Sabtu, 2 April 2022, waktu setempat. Saat pengumuman pemenang, Nadia kedapatan memakai gaun rancangan Ivan Gunawan. Perempuan yang berprofesi sebagai model ini dikenal sebagai anak didik Igun, sapaan akrab Ivan Gunawan.

Di unggahan di akun Instagram-nya, baru-baru ini, desainer itu pun mengungkap makna busana yang dikenakan Nadia. "Gaun malam Miss Face of Humanity Indonesia 2021 @nadia_tjoa untuk final top 4 Miss Face of Humanity 2022 @mfohshowcase," tulisnya mengawali keterangan unggahan.

Busana bertajuk "The Reminiscence of Golden Phoenix" ini mengilhami sawunggaling, makhluk mitos dari legenda Jawa yang mewakili kekuatan lembut dan kebijaksanaan. "Sering disebut Phoenix," imbuh Igun.

Ia menjelaskan motif itu berpadu dengan Pradan, salah satu tanaman khas Bali yang juga digunakan sebagai bahan untuk teknik aplikasi emas pada batik di masa lalu. Aplikasi pradan atau emas menjadi sentuhan akhir pada kain itu sebagai representasi keindahan dan keanggunan.

"Dalam mahakarya yang dirancang Ivan Gunawan ini, motif khas Iwan Tirta Sawunggaling Pradan (Phoenix Emas) melambangkan kepemimpinan dan keanggunan bagi pemakainya. Menjadi pemimpin yang kuat tidak hanya diperuntukkan bagi laki-laki, tapi juga perempuan," desainer itu memaparkan.

"Pemimpin wanita yang kuat memberi contoh luar biasa pada masyarakat, dengan keberanian untuk menginspirasi orang lain. Mereka dibimbing tujuan yang lebih besar. Mereka tangguh secara emosional. Mereka memberdayakan orang lain. Pemimpin wanita yang kuat membawa nilai kepemimpinan mereka dengan percaya diri, cinta, dan perhatian," imbuh dia.

Sementara di akun Instagram Miss Face of Humanity, pihaknya memberi selamat pada Nadia Tjoa. "Hadirin sekalian, kami persembahkan pada Anda @nadia_tjoa, Duta Global Miss Face Of Humanity 2022 kami!" tulis pihaknya di salah satu unggahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banjir Ucapan Selamat

Selebrasi kemenangan belum diungkap Nadia Tjoa di akun Instagram-nya. Dalam unggahan terakhir, yang dibagikan menjelang malam final, Nadia menuliskan, "Pelatihan dan dedikasi selama berjam-jam untuk pendidikan, terutama terhadap pengungsi. Akhirnya datang ke panggung dunia Miss Face of Humanity 2022 @mfohshowcase malam ini!"

Unggahan itu pun dibanjiri ucapan selamat dari warga jagat maya. "Bangganya. Selamat Nadia," tulis salah satunya, sementara yang lain berkomentar, "Cantik bangetttt. Selamat ya Nadia."

3 dari 5 halaman

Prestasi Nadia Tjoa

Sebelum ini, Nadia Tjoa telah mengikuti ajang Miss Grand Indonesia 2020 dan masuk lima besar. Ia juga dinobatkan sebagai Miss Glowing Skin sebelum ditunjuk Yayasan Dunia Mega Bintang sebagai wakil Indonesia di ajang Miss Face of Humanity 2022.

Kontes kecantikan tersebut sebenarnya bukan satu-satunya ajang yang melibatkan Ivan Gunawan. Igun, selaku National Director Miss Grand Indonesia dan tim Yayasan Dunia Mega Bintang, juga terlibat dalam Miss Grand Indonesia 2022.

4 dari 5 halaman

Ajang Kecantikan Lain

Setelah pada 2020 mengirimkan Aurra Kharishma dan Sophia Rogan pada 2021 menuju ajang Miss Grand International, Igun mengumumkan bahwa Andina Julie akan merepresentasikan Indonesia di ajang Miss Grand International berikutnya.

Ia menyebut bahwa Andina terpilih karena memenuhi kriteria yang dibutuhkan sebagai Miss Grand Indonesia. "Satu yang diperhatikan dari awal, Andina adalah seorang pekerja keras dan bisa diarahkan. She is ready to work anytime," katanya, melansir kanal Showbiz Liputan6.com.

5 dari 5 halaman

Infografis Desainer Indonesia di Pentas Fesyen Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.