Sukses

4 Cara Tetap Termotivasi untuk Olahraga

Konsistensi untuk olahraga terkadang sulit diwujudkan, simak cara tetap termotivasi berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - Mempertahankan konsistensi untuk olahraga memang bukan perkara mudah. Tak jarang, ada saja halangan yang membuat motivasi olahraga padam seketika karena beragam alasan.

Salah satu alasan yang kerap muncul adalah rasa malas atau waktu yang tersita karena kesibukan sehari-hari. Meski perlahan, saat kondisi ini terus menerus terjadi akan kian memudarkan semangat untuk hidup bugar.

Lantas, apa saja cara tetap termotivasi untuk olahraga ketika dilanda rasa malas? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari PinkVilla, Minggu (3/4/2022), berikut ini.

1. Atasi kelelahan

Saat Anda lelah, analisis apakah itu kelelahan fisik atau mental. Ketika kantuk Anda bukan disebabkan oleh kurang tidur, sakit, atau pekerjaan yang menuntut fisik, Anda mungkin kelelahan secara mental.

Sementara kelelahan mental mungkin sering terasa secara fisik. Aktivitas fisik adalah salah satu solusi terbaik, dan begitu Anda mulai, Anda akan merasa lebih baik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tetapkan tujuan sebagai kebiasaan

Alih-alih berkonsentrasi pada berat badan Anda atau tingkat kebugaran, berkonsentrasilah pada pengembangan kebiasaan pelatihan. Lakukan bahkan saat Anda baru saja bangun dari tempat tidur pada waktu yang sama dan berjalan-jalan dan melakukan peregangan.

Tidak peduli apa tujuan yang Anda tetapkan untuk diri sendiri, mengembangkan kebiasaan kebugaran pada saat yang sama sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang Anda. Setelah Anda menetapkan beberapa konsistensi dalam cara olahraga, Anda dapat mencapai tujuan apa pun yang Anda tetapkan untuk diri sendiri.

3 dari 5 halaman

3. Berpartisipasi dalam olahraga atau kegiatan

Jika Anda tidak lelah, stres, atau lelah, suasana hati Anda mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu mengubah rutinitas harian Anda. Olahraga dan kegiatan di luar ruangan adalah cara terbaik untuk berolahraga di luar rutinitas rutin Anda.

Aktivitas fisik apa pun bermanfaat selama individu menikmatinya. Tetapi, olahraga yang meningkatkan detak jantung Anda adalah yang terbaik.

4 dari 5 halaman

4. Perlahan-lahan

Ketika memulai sebuah kebiasaan, mudah untuk menjadi terlalu termotivasi dan melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat. Selama beberapa minggu pertama, biasakan untuk berolahraga setiap hari.

Kemudian, di antara beban, kickboxing, atau latihan yang lebih menantang, lakukan sesuatu yang sederhana, seperti berjalan. Saat Anda mengatur kecepatan pada awalnya, kemungkinan besar Anda akan mempertahankan kecepatan itu dalam jangka panjang.

Imajinasi adalah alat yang ampuh yang dapat Anda manfaatkan untuk melengkapi rutinitas latihan Anda. Dalam hal motivasi, Anda melawan pikiran Anda sendiri, jadi Anda harus meyakinkannya bahwa ada alasan yang sah untuk berolahraga.

5 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.