Sukses

Nikmatnya Abon Khas Manado, dari Cakalang Sampai Baby Cumi

Menu MamaAbon26 yang ready adalah Abon Cakalang, Sambal Roa, Baby Cumi Woku (tiga menu andalan), Sambal Cakalang, Abon Roa, dan Sambal Roa Cabe Ijo.

Liputan6.com, Jakarta Abon merupakan salah salah satu makanan yang dibuat dari daging atau ikan, kemudikan diseratkan, dibumbui, dan digoreng. Makanan ini memang selalu menggungah selera jika disantap dengan nasi panas.

Nah, mungkin selama ini juga kita hanya familiar dengan abon sapi atau ikan saja. Ternyata ada abon yang diolah dari bahan ikan cakalang dan baby cumi.

Menu olahan itu dibuat oleh Randy F Paat, pemilik usaha MamaAbon26 di Manado, Sulawesi Utara. Saat berbincang dengan tim Manisdansedap, Randy bercerita kalau usahanya dimulai pada 26 November 2016.

Usaha ini dirintis Randy selain untuk memiliki bisnis yang langgeng, juga untuk menambah penghasilan. Untuk nama usahanya, Randy mengaku kalau label itu terinsipirasi dari sang ibu.

 

"Dulu mama membuat abon cakalang dan menjadi makanan favorit saya dan kakak. Makanya timbulah ide usaha dengan nama tersebut. Sedangkan 26, hanya sebagai pembeda sekaligus menjadi awal MamaAbon26 berdiri," jelas Randy.

Meski sudah enam tahun menjalani bisnis ini, bukan berarti Randy melakoninya dengan mulus-mulus saja. Randy bercerita, MamaAbon26 adalah makanan yang menjadi oleh-oleh khas Manado. Jadi ketika ditanya tantangannya, menurut Randy kendala itu datang ketika musim liburan selesai.

"Tantangan dalam menjalankan usaha MamaAbon26 adalah soal sepi pembeli di tanggal tua dengan setelah musim liburan. Itu karena saat liburan jualan kami ramai karena produk lebih ke oleh-oleh. Setelah lewat masa liburan ya sepi. Kalau sekarang ya tantangannya pandemi, jadi daya beli berkurang, apalagi harga bahan sekarang naik," katanya.

 

Nah buat kamu yang berada di Manado dan di luar Manado, mau mencoba oleh-oleh khas Manado dari MamaAbon26, bisa segera ikutan pre order (PO) lewat manisdansedap.com. Randy menjelaskan untuk menu MamaAbon26 yang ready adalah Abon Cakalang, Sambal Roa, Baby Cumi Woku (tiga menu andalan), Sambal Cakalang, Abon Roa, dan Sambal Roa Cabe Ijo.

Sementara untuk menu PO, kamu bisa memesan Rica Ikang Bakar dan Baby Cumi Cabe Ijo. Sekadar informasi, Manisdansedap adalah platform yang hadir untuk membantu para penggemar kuliner dengan mudah menemukan beragam pre-order (PO) makanan dari seluruh nusantara dan bisa order dalam sekejap.

Manisdansedap merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. 

Dengan dihubungkan ke fitur tombol pembelian, kamu dapat langsung menuju ke nomor Whatsapp Seller, memudahkan interaksi antara pembeli dan seller. Makin mudah gaet pembeli, yuk daftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini