Sukses

Viral Atap Rumah Disewakan Jadi Spot Memotret Pesawat di Bandara Soetta

Siapa saja bisa mengabadikan momen pesawat lepas landas atau mendarat di Bandara Soetta. dari sebuah rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Momen pesawat lepas landas (take off) dan mendarat (landing) termasuk peristiwa yang dapat dijadikan objek fotografi. Kegiatan itu disebut Plane Spotting. Sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia, kawasan Soekarno Hatta atau yang Bandara Soetta menjadi spot menarik untuk melakukan Plane Spotting.

Dan baru-baru ini, salah satu rumah yang terletak di dekat bandara di Cengkareng ini menjadi viral di dunia maya.  Hal ini setelah salah seorang pengguna TikTok yang merupakan sosok penggemar Plane Spotting mengungkapkan ‘rahasia’ dari hasil jepretannya.

Ia ternyata mengambil foto pesawat yang sedang take off maupun landing di atap sebuah rumah.  Informasi itu diketahui dari unggahan di akun Instagram dan TikTok @momochtaufik.

Lokasi rumah tersebut berada di Jalan Perimeter Utara, Cengkareng. Penunjuknya adalah toko ikan hias dengan cat tembok berwarna oranye.

Di depan rumah itu ada spanduk kecil bertuliskan ‘Spot Foto View Pesawat Terbang’ tergantung di bagian tas di dekat tangga.  Untuk bisa memotret di sana, pengelola rumah tersebut memungut bayaran sebesar Rp20 ribu. Jadi, siapa saja bisa menyaksikan sekaligus mengabadikan momen pesawat lepas landas atau mendarat di sana.

Setelah naik ke atap, ternyata terdapat sebuah ruangan terbuka yang cocok untuk dijadikan lokasi hunting foto pesawat. Panoramanya sendiri langsung menghadap ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Di ruangan itu terdapat dua buah bangku panjang. Anda bisa memotret sambil duduk maupun berdiri. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pesawat Presiden

Pada Februari lalu, Taufik sempat memotret pesawat kepresidenan yaitu Indonesia Air Force 1 yang ditumpangi rombongan Presiden Jokowi saat akan mendarat di Bandara Soetta.  "Presiden Jokowi landing Jakarta setelah kunjungan kerja ke Palu dan Manado," tulisnya dalam keterangan video yang diunggah pada 27 Februari 2022.

Sejumlah video yang diunggah Taufik, terutama saat menunjukkan tempat dirinya memotret pesawat sukses menyita perhatian warganet. Banyak yang takjub dengan hasil jepretan pria bernama Taufik tersebut.

Beberapa video dirinya memotret pesawat di Bandara Soetta sempat viral di TikTok.  "Seru bang, spot nya bagus," komentar seorang warganet. "gini nih penghobi ketemu pembisnis yaa saling support 😌," komentar warganet lainnya.

"Lah gue rumah di Tangerang baru tau ada spot foto di Perimeter," timpal warganet lainnya. Dari sejumlah video yang diunggah Taufik di TikTok, salah satunya sudah disaksikan lebih dari 2,3 juta kali dan disukai lebih dari 84 ribu kali. 

3 dari 5 halaman

Tips Foto

Tak hanya memotret pesawat, kita pun bisa memotret dari dalam pesawat. Momen dan pemandangan di ketinggian dalam pesawat mungkin jadi hal yang ingin kita abadikan.

Foto selfie atau keindahaan pemandangan dari ketinggian tak jarang jadi andalan.  Dibandingkan memotret awak kabin yang bisa menganggu pekerjaan mereka, foto jendela pesawat pun bisa jadi alternatif untuk mengabadikan momen.

Dikutip dari kanal Citizen6 Liputan6.com, berikut beberapa tips foto melalui jendela pesawat yang bisa Anda coba.  Yang pertama, pilih tempat duduk strategis seperti di dekat jendela. Namun jika tidak mendapatkannya, Anda bisa mencoba mengambil sudut lain seperti memotret dengan tambahan gambar orang di dalammya. Kedua, atur posisi kamera. 

4 dari 5 halaman

Manual Fokus

Anda bisa memosisikan kamera sejajar dengan jendela dan mendekatkannya. Tapi jangan sampai menempel jendela. Namun posisi sejajar juga dapat menimbulkan bayangan pada jendela.

Ketiga, jangan tempelkan lensa atau kamera dengan kaca.  Hal ini karena dapat membuat kamera ikut gerak atau shake sehingga hasilnya kurang bagus. Keempat, gunakan manual fokus.  Jika kamera atau ponsel Anda punya fitur manual fokus, gunakanlah. Lalu kunci fokus yang diinginkan. Hal ini akan membantu kesulitan fokus dalam pesawat yang bergoncang.

Kelima, matikan flash karena akan menghasilkan pantulan yang akhirnya pemandangan di luar jendela tidak terlihat. Terakhir, tunggu momen yang tepat.

Waktu yang pas mengambil gambar adalah saat baru lepas landas. Ini akan membuat foto terlihat lebih bersih. Namun Anda juga perlu siap menunggu momen lainnya yang mungkin akan lebih bagus.

5 dari 5 halaman

Penerbangan Murah di Terminal 2 Soekarno-Hatta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.