Sukses

Perjuangan Jada Pinkett Smith Lawan Alopecia yang Dijadikan Lelucon Chris Rock hingga Ditampar Will Smith

Will Smith menampar Chris Rock di Oscar 2022 setelah melawak soal Jada Pinkett Smith yang kini memiliki kepala plontos.

Liputan6.com, Jakarta - Insiden Will Smith menampar Chris Rock terjadi di panggung Oscar 2022 di Dolby Theatre, Hollywood, California, Minggu, 27 Maret 2022, waktu setempat. Ini terjadi setelah komedian itu melawak tentang istri Will, Jada Pinkett Smith yang saat ini berkepala plontos.

Dikutip dari CNN, Selasa (29/3/2022), di balik kontroversi di Oscar 2022 itu, ada sosok Jada Pinkett Smith yang berjuang dengan kondisi rambut rontok. Perempuan berusia 50 tahun ini sebelumnya pernah berbagi pengalaman tentang kondisi alopecia yang dialaminya.

Apa itu alopecia? Dilansir dari The New York Times, alopecia adalah istilah luas yang mengacu pada segala bentuk kerontokan rambut, kata Dr. Angela Lamb, dokter kulit bersertifikat di Mount Sinai di New York City. Penyebabnya alopecia bisa beragam.

Beberapa orang, terutama pria, kehilangan rambut kulit kepala seiring bertambahnya usia karena perubahan hormon yang dikenal sebagai androgen, katanya, dan itu dianggap sebagai bentuk alopecia. Jenis kerontokan rambut yang umum di komunitas kulit hitam adalah traction alopecia, yang terjadi ketika rambut ditarik terlalu lama.

Orang kehilangan rambut karena sistem kekebalan mereka mulai menyerang folikel rambut mereka dalam apa yang dikenal sebagai alopecia autoimun. Bentuk autoimun alopecia dapat disebabkan oleh discoid lupus erythematosus, yang dapat menyebabkan luka dan jaringan parut pada wajah dan kulit kepala.

Central centrifugal cicatricial alopecia (CCCA) adalah kondisi lain yang berhubungan dengan kekebalan yang menyebabkan jaringan parut pada kulit kepala dan kerontokan rambut permanen. CCCA hampir secara eksklusif muncul di antara perempuan kulit hitam antara usia 30--55 tahun, dan penelitian menunjukkan itu mungkin menimpa sebanyak 15 persen perempuan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berbagi Cerita

Mengungkap diagnosisnya pada 2018, Pinkett Smith telah berbicara secara terbuka soal kondisi tersebut, yang belum diketahui obatnya. Dalam sebuah episode acara obrolannya, Red Table Talk, ia mengingat saat "mengerikan" ketika dia pertama kali menyadari bahwa dia kehilangan "segenggam rambut" di kamar mandi.

"Itu adalah salah satu momen dalam hidup, saya benar-benar gemetar ketakutan," katanya. "Itu sebabnya saya memotong rambut saya dan terus memotongnya."

Dalam beberapa tahun terakhir, Pinkett Smith kerap terlihat berambut pendek, dipotong pendek, atau menghadiri acara yang mengenakan turban dan penutup kepala. Pada Juli 2021, ia mengungkapkan rambutnya yang dicukur habis, mengunggah potret dirinya bersama putrinya, Willow, di Instagram.

"Willow membuat saya melakukannya karena sudah waktunya untuk melepaskan," tulisnya dalam keterangan foto.

Unggahan mengenai perjuangannya dengan kondisi itu dibagikan pada Desember 2021. Pinkett Smith mengatakan dia mulai berdamai dengan gangguan itu dan bahwa "saya dan alopecia ini akan menjadi teman ... titik!"

"Mama harus ke kulit kepala sehingga tidak ada yang mengira dia menjalani operasi otak atau semacamnya," tulisnya di unggahan itu, yang disertai dengan video ia menunjukkan kepada pengikutnya area rambut rontok baru yang akan "lebih sulit untuk disembunyikan."

3 dari 5 halaman

Hiasan Kepala

Pinkett Smith menambahkan bahwa akan menggunakan "beberapa rhinestones" untuk dijadikan "mahkota kecil." Pinkett Smith sejak itu muncul di depan umum dengan penampilan barunya di berbagai upacara penghargaan dan pemutaran perdana.

Di Critics' Choice Awards awal bulan ini, ia memakai aksesoris dengan hiasan kepala bertatahkan berlian. Dikutip dari People, kala itu ia berbalut gaun brokat emas terstruktur dengan hiasan kepala yang dibuat khusus oleh perajin perhiasan bernama Jacquie Aich.

Aksesori mewah itu terbuat dari 53 berlian, termasuk potonga bulat, teardrop, dan marquise. Hiasan kepala itu dibanderol dengan harga 46.250 dolar AS atau setara Rp664 juta.

 
4 dari 5 halaman

Tinjauan Formal Oscar

Dilansir dari The Sun, petinggi Oscar akhirnya berbicara mengecam Will Smith yang menampar Chris Rock dan mengonfirmasi bahwa mereka meluncurkan tinjauan resmi dalam sebuah pernyataan singkat. Academy menjelaskan bahwa mereka tidak akan menganggap enteng tindakan pemenang Aktor Terbaik di atas panggung Oscar 2022.

Seorang juru bicara resmi mengatakan, "Academy mengutuk tindakan Tuan Smith di acara tadi malam. Kami telah secara resmi memulai tinjauan formal seputar insiden tersebut dan akan mengeksplorasi tindakan dan konsekuensi lebih lanjut sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga, Standar Perilaku, dan hukum California kami."

Pernyataan itu menegaskan sebelumnya bahwa para pemimpin mengadakan pembicaraan darurat rahasia mengenai apakah Smith akan dicopot gelar Aktor Terbaiknya setelah dia menampar komedian Chris Rock di atas panggung.

5 dari 5 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.