Sukses

Petani dan Penjual Durian Mentah di Thailand Diancam 3 Tahun Penjara

Di Thailand, mereka yang menjual durian mentah bisa dihukum penjara dan denda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini sedang musim durian di Thailand, dan pemerintah mengingatkan para petani dan pedagang. Mereka bisa dipenjara karena memanen dan menjual durian mentah.

Ya, mereka bilang penjara. Bahkan ada tingkat kekeringan minimum daging buah yang ditetapkan oleh otoritas Thailand untuk menentukan kesegaran setiap varietas, dikutip dari The Thaiger, Senin, 28 Maret 2022.

Durian dikenal sebagai “raja buah.” Dengan bau menyengat yang begitu kuat sehingga dilarang di banyak hotel dan bahkan sistem angkutan massal MRT di Bangkok.

Sementara durian matang memiliki rasa yang unik dengan tekstur daging yang kaya. Durian mentah dengan daging pucat tidak enak rasanya.

Menjual durian mentah dikenakan sanksi hukuman hingga tiga tahun penjara dan denda hingga 60.000 baht. Alasannya karena menjual durian mentah tergolong menipu pembeli tentang kualitas buah, menurut KUHP Thailand.

Mereka yang menjual durian mentah juga dapat dikenakan tuntutan berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang melarang penjual memberikan informasi palsu tentang produk tersebut. Mereka juga dapat dikenakan hukuman penjara hingga enam bulan dan denda hingga 100.000 baht atau Rp42 juta. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hukuman Lebih Berat

Kementerian Pertanian dan Koperasi mengeluarkan pernyataan yang mengingatkan petani dan penjual. Mereka dapat menghadapi hukuman tiga tahun penjara karena menjual durian mentah.

Pelanggar yang berulang akan menghadapi hukuman yang lebih berat. Pihak berwenang akan lebih mengawasi buah mentah di provinsi Trat, Chanthaburi dan Rayong yang dikenal sebagai daerah utama durian. 

3 dari 5 halaman

Musim Panen Durian

Untuk varietas populer, pejabat Thailand bahkan telah menetapkan jadwal panen dan persentase kekeringan minimum untuk buah. Varietas Kradum dapat dipanen mulai 20 Maret 2022 dengan tingkat kekeringan minimal 27 persen.

“Chanee” dan “Puang Manee” dapat dipanen mulai 10 April 2022 dengan tingkat kekeringan minimal 30 persen. “Mon Thong” bisa dipanen mulai 25 April 2022 dengan tingkat kekeringan minimal 32 persen.

4 dari 5 halaman

Durian Termahal

Menurut Guiness Word Records, kanyao durian termasuk durian termahal yang dijual di lelang seharga 1,5 juta baht Thailand atau Rp640 juta. Pembelinya adalah Maliwan Han Chai Thai, pertanian Pa Toi Lung Mu dan festival King Of Durian (Seluruh Thailand) di Nonthaburi, Thailand pada 7 Juni 2019.

Durian kanyao langka dipetik sendiri hanya sehari sebelum dijual dari pertanian terdekat. Harga minimum buahnya adalah 20.000 baht atau sekitar Rp8,6 juta.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.