Sukses

Ide Buka Puasa Bersama dengan Menu Buffet Rijsttafel di Hotel Bintang 5 Jakarta

Menu buffet rijsttafel ala bintang lima di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Anda sudah mulai mencari ide tempat buka puasa bersama dengan preferensi hidangan tertentu? Jika iya, jangan sampai melewatkan opsi yang dihadirkan Signatures Restaurant di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Selama Ramadan 2022, mereka menyiapkan buffet dengan highlight menu rijsttafel dari berbagai wilayah di Indonesia. "Mandalika rijsttafel jadi salah satu signature," Executive Sous Chef Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Heri Purnama, mengatakan saat ditemui dalam acara Ramadan Iftar Preview di hotel bintang lima itu, Rabu, 23 Maret 2022.

Sajian ini terdiri dari ayam rarang, gecok daging, ikan bakar tanjung, satai pusut, dan nasi gurih. Masih dari Nusa Tenggara Barat, ada juga sajian se'i yang siap menambah selera makan.

Chef Heri memilih menggunakan potongan daging tenderloin dan striploin lokal untuk hidangan tersebut. Mungkin karena itulah tidak ada tekstur alot saat potongan se'i saya santap. Penyajian dengan daun singkong dan sambal matah segar juga memberi tekstur nan kaya dalam setiap gigitan.

Sementara highlight menu dari Sumatra Utara salah satunya adalah salmon naniura. Chef Heri mengatakan, "Nainura ini biasanya pakai ikan mas, tapi karena banyak duri, makanya diganti salmon."

Perpaduan bahannya menjanjikan rasa segar ketika masuk mulut. Di samping, ada juga sajian khas Sumatra Barat yang diwakili gulai kepala ikan, sajian kari, dan, tentu tidak ketinggalan, rendang. 

"Highlight dari Toraja ada papiong. Jadi ini ayam yang dimasak di dalam bambu bersama berbagai macam bumbu, termasuk kemangi. Jadi harum dan tekstur daging (ayamnya) lembut, sekaligus juicy," Chef Heri menjelaskan.

Selain itu, ada juga macam-macam satai yang bisa dinikmati, mulai dari satai pusut, sampai santai buntal. Sebagai takjil, ada ragam macam sajian manis, termasuk jajan pasar. "Hidangan Timur Tengah juga ada, selain ada juga pizza," tuturnya.

Ragam sajian menu buka puasa di restoran di lantai lobby ini tersersedia dengan harga weekday Rp548 ribu ++ dan weekend Rp598 ribu ++. Menu-menu ini tersedia selama 2 April hingga 2 Mei 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Iftar in the Sky

Hotel ini juga menawarkan tamu untuk berbuka puasa di Sky Pool. Ini bisa dipilih bagi Anda yang ingin pengalaman berbuka puasa unik di lantai 17, dengan latar kolam renang dikelilingi taman hijau.

Tersedia berbagai pilihan paket buka puasa, seperti Iftar Rijsttafel Mandalika, Iftar Rijsttafel Nasi Rames, dan Iftar Rijsttafel Nasi Gandul sambil menikmati pemandangan kota Jakarta. Paket berbuka puasa ini tersedia dengan harga Rp450 ribu ++ per paket.

 

3 dari 5 halaman

Paket Nasi Besekan ala Bintang Lima

Anda juga bisa membawa pengalaman bersantap khas bintang lima ke rumah dengan Ramadan Besekan. Chef Heri mengatakan ada tiga menu besekan yang bisa dipilih: Mandalika Rijsttafel, Nasi Gandul, dan Nasi Rames Komplit.

Saya sempat mencoba nasi gandulnya. Isiannya lengkap, mulai dari nasi, potongan telur, babat, kikil, sampai tempe goreng. Ragam tekstur itu kemudian disempurnakan dengan kuah nasi gandul yang manis, tapi tidak overpowering.

Ramadan Besekan dibanderol mulai dari Rp350 ribu dan tersedia pada 1 hingga 30 April 2022.

 

4 dari 5 halaman

Luxury Ramadan Hampers

Mereka juga menyiapkan Luxury Ramadan Hampers berisi nastar, kue martabak, kue klepon, dan banyak lagi. Ada empat jenis hantaran yang ditawarkan. Qadr yang berisi dua suguhan, empat suguhan dengan Kareem, Idul Fitri yang berisi enam suguhan meriah, dan Mubarak dengan sepuluh suguhn. Harganya mulai dari Rp350 ribu nett.

Masih soal hidangan manis, Kempi Deli berkolaborasi dengan Cacao Barry, brand cokelat asal Perancis yang didirikan Charles Barry pada 1842. Tahun ini, pastry chef mereka menghadirkan kue coco pandan kareem yang terbuat dari sifon pandan, krim kelapa, selai kaya, krim pandan, dan gula melaka streusel.

Untuk saya yang tidak terlalu suka manis, sepotong kue ini masih enak dimakan sampai habis. Karena banyak lapisannya, tekstur kue dalam sekali gigit juga menarik.

Selain itu, tersedia juga kue martabak selai kacang choco yang buat dari krim cokelat, selai kacang namelaka, ganache cokelat, dan mousse cokelat ringan untuk menandai keceriaan musim perayaan. Sajian ini tersedia dalam harga Rp460 ribu nett. 

 

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.