Sukses

Kedai Kopi Indonesia di Birmingham Inggris, Redam Rindu pada Tanah Air sampai Medium Promosi

Ngopi UK, yang menyediakan sajian kopi Indonesia, punya dua lokasi di Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Kenangan akan rumah bisa hadir dalam berbagai bentuk memori, dan salah satunya mungkin saja sesederhana secangkir kopi. Itulah salah satu penggerak kedai kopi Ngopi membuka pintu mereka di Birmingham, Inggris. 

Nama "Ngopi" sendiri diambil dari kegemaran orang Indonesia yang suka mengatakan "Ayo minum kopi" pada sesamanya, jelas pihaknya dalam situs web mereka, yang dilansir Jumat, 25 Maret 2022. Tidak heran tagline kedai kopi ini adalah "Ayo Ngopi!"

Pihaknya menulis, "Kami tetap setia pada akar kami: budaya dan produk kopi Indonesia yang dinamis dan terus berkembang hingga ke Inggris." Pemilik kedai kopi ini adalah orang-orang Indonesia yang membuka bisnis mereka pada Juli 2018 untuk membangkitkan gerakan minum kopi.

"Kami ingin jadi yang terbaik, yang belum pernah ada sebelumnya. Untuk dapat mencapai tujuan itu, kami memanggang kopi kami sendiri dengan mesin sangrai buatan Indonesia untuk menjaga kesegaran dan aromanya," mereka menuliskan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Ngopi sengaja menonjolkan karakteristik biji kopi yang alami. "Berasal dari berbagai daerah di Indonesia, kami mengubah beans jadi yang disukai para peminum kopi," tambahnya.

Meski sebagian besar kopi Ngopi diperoleh dari Indonesia, mereka tidak menutup kemungkinan memiliki "kopi tamu" dari berbagai negara lain. Sementara menu kopinya sendiri cukup beragam. 

Merujuk pada unggahan Instagram-nya, @ngopiuk, Ngopi menawarkan beberapa menu kopi yang populer di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti es kopi susu, teh tarik, matcha latte, dan milo chocolate. Ditambah beberapa menu kopi yang sudah tidak asing lagi, seperti cappuccino, latte, maupun flat white.

Selain minuman, Ngopi juga menawarkan beberapa makanan khas Indonesia dengan sentuhan modern. Beberapa menu yang disajikan itu, seperti gado-gado, bakso, risol, dan pisang bakar.

Menu makanannya dibanderol sekitar 3–7,5 pound sterling (sekitar Rp50 ribu--Rp100 ribu). Sementara untuk berbagai pilihan minuman dihargai sekitar 2,8–5 pound sterling (sekitar Rp30 ribu--Rp90 ribu).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2 Lokasi Kedai Kopi

Dalam sebuah video Instagram, Ngopi memperlihatkan begitu banyak pelanggan yang berkunjung. Ini mulai dari warga lokal, hingga orang Indonesia yang berada di sana.

Mereka juga kerap membagikan video di YouTube Ngopi UK mengenai langkah-langkah pembuatan kopi yang bisa disontek di rumah. Melihat antusias pelanggan yang cukup tinggi, Ngopi UK buka di dua lokasi.

Kedai pertama di Bham, 56 Dale End, B4 7LS, dengan jadwal buka Senin--Sabtu pukul 10.00–17.00. Kedai kedua di London, 78 Dalston Ln, E8 3AH, dengan jadwal buka Senin sampai Minggu pukul 08.00–16.00. (Natalia Adinda)

3 dari 5 halaman

Memperkenalkan Kopi Indonesia

Selain membuka kedai kopi secara per orangan, upaya memperkenalkan kopi Indonesia nyatanya sudah dilakukan dengan berbagai cara. Seperti belum lama ini saat Paviliun Indonesia di gelaran Dubai Expo 2020 memamerkan lebih dari 50 jenis kopi lokal Indonesia.

Jenis-jenis kopi yang dipamerkan di Area Pasar Malam Paviliun Indonesia Expo 2020 Dubai antara lain kopi Luwak, Gayo, Kintamani, robusta Lampung, Leci Pranger Priyangan, Bajawa Flores, Toraja, dan Ijen Banyuwangi, lapor kanal Bisnis Liputan6.com. Produk kopi ini juga memiliki cerita tentang pemberdayaan masyarakat.

Salah satunya, kopi hutan Lampung yang merupakan jenis kopi robusta yang dibawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kopi robusta Lampung yang dihasilkan dari kawasan hutan lindung Batuegi tersebut digarap langsung oleh para petani kopi lokal yang diberikan izin legal untuk menggarap kawasan hutan.

4 dari 5 halaman

Indonesia Sebagai Produsen Kopi

Indonesia dikenal sebagai produsen kopi terbaik keempat dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Colombia. Potensi kopi Indonesia cukup besar dengan perkebunan kopi yang tersebar di seluruh pelosok negeri.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor kopi Indonesia ke dunia pada Januari--November 2021 tercatat sebesar 757,41 juta dolar AS. Sementara, pada 2020, nilai ekspor kopi Indonesia tercatat sebesar 821,93 juta dolar AS.

5 dari 5 halaman

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.