Profi Jin Ha, Lawan Main Lee Min Ho di Drama Pachinko yang Terjerat Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Oleh Asnida Riani pada 26 Mar 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 26 Mar 2022, 19:00 WIB
Jin Ha dalam premier Pachinko di Los Angeles. (Jordan Strauss/Invision/AP)
Perbesar
Jin Ha dalam premier Pachinko di Los Angeles. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Liputan6.com, Jakarta - Nama aktor drama Pachinko, Jin Ha, tengah berada di lampu sorot atensi publik. Ia terseret kasus dugaan pelecehan seksual setelah akun Tumblr-nya dilaporkan mengunggah foto-foto wanita tua Korea yang tampak diambil tanpa izin.

Manila Bulletin melaporkan, Sabtu (26/3/2022), bahwa profil blog itu tidak bisa lagi diakses. Akun tersebut masih bisa dilihat publik pada Jumat, 25 Maret 2022, ketika warganet dan media Korea menyebut kontennya sebagai "fotografi ilegal," sementara beberapa deskripsi potretnya dicap sebagai bentuk pelecehan seksual.

Melansir Celeb Weeks, aktor berdarah Korea Selatan kelahiran 19 Juni 1994 ini berbasis di Amerika Serikat. Yang terbaru, ia mendapatkan peran Solomon di Pachinko, sebuah serial Apple TV yang mulai ditayangkan pada Jumat, 25 Maret 2022.

Di samping akting, Ha selalu jadi berita karena suaranya yang berani melawan rasisme. Aktor 27 tahun ini mulai berkecimpung di industri hiburan sejak 2014 dan telah mengambil bagian dalam pertunjukan, film pendek, bahkan film.

Selain sebagai aktor, ia juga seorang penyanyi dan masuk nominasi Grammy untuk "Album Teater Musikal Terbaik" pada 2018. Kendati tinggal di Negeri Paham Sam, Ha tercatat lahir di Seoul, Korea Selatan.

Ayahnya, Ha Young Ho, bermigrasi ke Amerika Serikat karena pekerjaannya. Jadi, Ha, ibunya Lea Min, dan kakak perempuannya Jeein Ha juga pindah ke Amerika. Ia baru berusia delapan tahun saat itu, dan di AS, ia bergabung dengan Connecticut Choate Rosemary Hall, dari mana ia pindah ke Universitas Columbia.

Selain drama dan seni panggung, ia memilih belajar bahasa sebagai mata pelajaran minor. Ha kemudian mendaftar di New York University Tisch School of the Arts dan lulus dari jurusan akting.

Setelah lulus, lawan main Lee Min Ho di drama terbarunya ini mulai mencari pekerjaan di dunia akting. Proyek pertamanya adalah Jesus Christ Superstar Live in Concert, yang mana ia berperan sebagai Annas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Selektif

Jin Ha dalam premier Pachinko di Los Angeles. (Jordan Strauss/Invision/AP)
Perbesar
Jin Ha dalam premier Pachinko di Los Angeles. (Jordan Strauss/Invision/AP)

Jin Ha kemudian terlibat dalam Hot Air, sebuah film berdurasi 99 menit karya sutradara Frank Coraci. Ia juga mengambil bagian dalam empat film pendek dari 2014 hingga 2020, yaitu Wednesday, Pregnant, Bogo, dan 20 Years.

Dalam mini serial Hulu 2020 Devs, Ha melakukan peran berulang dari karakter bernama James. Setelah bekerja di begitu banyak produksi hit, ia disebut "hati-hati memilih pekerjaan akting dan hanya bekerja di acara maupun film tertentu."


Kontroversi Terkini

Jin Ha
Perbesar
Jin Ha di karpet merah FX Network Winter TCA 2020 di Langham Huntington Hotel di Pasadena, California, Amerika Serikat, 9 Januari 2020. (LISA O'CONNOR/AFP)

Bahkan sebelum memutuskan terlibat dalam Pachinko, Jin Ha dikatakan meluangkan waktu untuk mengevaluasi naskahnya. Baru setelah itu, ia menerimanya. Kekayaan aktor ini ditaksir mencapai 679 ribu dolar AS (sekitar Rp975 miliar). 

Sementara dalam kontroversi terkini, Tumblr Ha berjudul "Flowers in Bloom" dilaporkan berisi ratusan foto wanita tua Korea, sebagian besar diambil di kereta bawah tanah di Korea Selatan, yang mengenakan pakaian bermotif bunga. Foto-foto itu menunjukkan wajah para wanita tua itu.

Unggahan pertama Ha diterbitkan pada 14 Juli 2010 dan unggahan terakhir dibuat pada 6 September 2011. "Saya telah memperhatikan sesuatu. Wanita tua Korea sangat setia mengenakan motif bunga (dalam busana). Mencolok, anggun, nyaring, lembut, beraneka warna, monokromatik, semuanya mengguncang," tulisnya dalam pengantar blog tersebut.

Ia menambahkan, "Terinspirasi oleh The Sartorialist, saya memutuskan untuk meluncurkan seri fotografi berjudul 'Flowers In Bloom' untuk memamerkan tren fesyen yang menawan ini di Korea Selatan." The Sartorialist sendiri merupakan blog mode di New York City.


Diambil Tanpa Izin?

Foto nenek-nenek yang dituding telah diambil dan dibagikan oleh Jin Ha. (Foto via Allkpop)
Perbesar
Foto nenek-nenek yang dituding telah diambil dan dibagikan oleh Jin Ha. (Foto via Allkpop)

Foto-foto itu diduga diambil tanpa izin wanita-wanita tua tersebut. Sebuah unggahan pada 18 Juli 2010 menunjukkan foto Jin Ha dengan bibinya dan seorang wanita lain dan foto lain dari kedua wanita tersebut yang memuat deskripsi, "Dua wanita cantik ini adalah satu-satunya model sukarela yang saya temui."

Dalam sebuah unggahan pada 12 Agustus 2010, Ha mengunggah foto dua wanita di kereta bawah tanah. Ia menulis, "Saya hampir ketahuan (memotret) model ini, tapi itu sepadan dengan risikonya."

Seorang warganet Korea mengunggah temuan itu pada Jumat, 25 Maret 2022 dengan judul "Aktor Korea-Amerika di 'Pachinko' mengunggah foto ilegal wanita-wanita tua Korea (unggahan tidak dihapus)."

Penuduh menulis, "Aktor Korea-Amerika Jin Ha, yang muncul di 'Pachinko,' mengunggah foto-foto wanita paruh baya Korea yang diambil secara ilegal di situs web portofolionya. Foto yang diambil secara ilegal dibagikan selama dua tahun dari 2010 hingga 2011, dan telah dirilis selama lebih dari 10 tahun hingga 2022.


Infografis Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual

Infografis Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual
Perbesar
Infografis Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya