Sukses

Kios Bakso Favorit Lisa BLACKPINK di Thailand Laris Manis, Omzetnya Capai Rp42 Juta dalam Semalam

Penjualan di kios bakso di Buri Ram, Thailand melonjak selama beberapa bulan setelah Lisa BLACKPINK mengatakan itu adalah tempat favorit di kampung halamannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tempat jajanan bakso di Buri Ram, Thailand menjadi begitu populer di kalangan warga lokal dan turis. Penjualan kios ini laris manis diserbu pengunjung setelah Lisa BLACKPINK menyebut akan ke sana saat kembali ke Thailand.

Dilansir dari Bangkok Post, Kamis, 24 Maret 2022, penjual jajanan sangat menantikan kunjungan Lisa BLACKPINK ke kiosnya. Mereka mendengar kabar bintang K-pop asal Thailand itu pulang kampung pada Selasa, 22 Maret 2022.

Pelanggan mengantre di kios bakso di stasiun kereta Buri Ram, Distrik Muang, pada Rabu, 23 Maret 2022. Hal ini menyusul laporan bahwa Lisa kembali ke Negeri Gajah Putih bertemu keluarga pertamanya dalam tiga tahun untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-25 pada 27 Maret 2022.

Penjual berjanji untuk menyajikan bakso gratisnya saat Lisa mendatangi kios mereka yang berdiri di luar stasiun kereta. Penjual bakso bernama Arunsri Kamnerdklang dan Chuleeporn Jaribram mengatakan mereka sangat gembira dengan kabar kembalinya pemilik nama lengkap Lalisa Manoban itu.

Lisa membuat kios bakso tersebut dikenal secara internasional dan membantu meningkatkan penjualan harian bakso di sana. Penjualannya dari ratusan baht menjadi 100 ribu baht (Rp42 juta) dalam semalam, kata mereka.

Mereka memandang Lisa sebagai penyelamat mereka. Bahkan meski Lisa tidak datang, penjual bakso menyebut mereka sangat bersyukur Lisa tidak melupakan makanan mereka. Penjual menyampaikan harapan terbaik mereka yang tulus untuk ulang tahun Lisa BLACKPINK.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Awal Viral

Pada September 2021, kios ini jadi sorotan karena Lisa menyampaikan bahwa tempat jajan tersebut akan menjadi salah satu lokasi yang akan ia kunjungi ketika kembali ke Thailand. Sejak itu, pesanan terus mengalir bahkan dari luar kota.

Sebelumnya, Lisa mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Woody yang ditayangkan pada September lalu bahwa dia merindukan makanan rumahan orangtuanya. Lisa diketahui telah tinggal jauh dari Buri Ram selama hampir dua tahun.

Ia juga mengungkapkan sangat ingin kembali ke kios dekat stasiun kereta api dan makan bakso mereka lagi dengan saus yang lezat. "Orang-orang membeli dan memakannya di sana di stasiun kereta Buri Ram," katanya. "Mereka sangat populer."

3 dari 5 halaman

Saus Favorit Lisa

"Bagian pentingnya adalah saus yang hanya ditemukan di Buri Ram," ungkapnya. Saus celup favoritnya adalah pasta cabai Thailand.

Lisa tidak mengatakan apakah pilihannya adalah bakso bakar atau bakso goreng. Wawancara itu ditayangkan satu hari setelah ia merilis single solo pertamanya, Lalisa, sejak bergabung dengan BLACKPINK.

Penjual menyebut semua kios bakso di sana kini menawarkan saus yang paling disukai Lisa. Ia akan mendapatkan bakso dan saus pilihannya secara gratis ketika dia kembali ke Thailand.

Sekantong besar bakso dengan sebotol kecil saus dijual seharga 60--100 baht (Rp25 ribu--RpRp42 ribu). Bakso panggang atau goreng segar dijual seharga 5--10 baht (Rp2 ribu--Rp4 ribu) per tusuk, dengan saus.

4 dari 5 halaman

Bantu Penjualan Pedagang Lokal

Bordin Ruengsuksriwong, presiden Dewan Industri Pariwisata provinsi, mengatakan kepada PBS Thailand bahwa orang-orang berdiri di sekitar kios, memakan jajanan setelah membeli bakso yang dimasak yang menjadi salah satu tradisi provinsi tersebut. Usaha itu sempat bergejolak sejak pandemi Covid-19 dimulai karena pelanggan takut makan di luar.

Beberapa pedagang tidak punya pilihan selain menutup kios mereka, katanya. "Sekarang beberapa toko memiliki sekitar 2.000 pesanan sehari. Ini belum pernah terjadi sebelumnya dan bisnis bahkan lebih baik daripada sebelum Covid 19," katanya. Ia berterima kasih kepada Lisa yang telah membantu meremajakan bisnis bakso. (Natalia Adinda)

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.