Sukses

Pernikahan Putri Sulung Vladimir Putin Dikabarkan Berakhir di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin tidak pernah gamblang menjelaskan identitas anak-anaknya, termasuk putri sulungnya yang kini menghadapi masalah perceraian.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan putri sulung Presiden Rusia Vladimir Putin yang glamor tampaknya segera berakhir saat invasi ayahnya ke Ukraina berkecamuk. Maria Vorontsova yang kini berusia 36 tahun lahir ketika Presiden Rusia itu bekerja sebagai mata-mata KGB.

Jurnalis investigasi Rusia yang diasingkan, Sergey Kanev mengatakan bahwa Putin “melakukan pekerjaan busuk untuk putri sulungnya” dengan memicu sanksi Barat besar-besaran karena perang dengan Ukraina.

"Dia memiliki andil besar dalam mega proyek pembangunan pusat medis super modern di dekat St Petersburg. Rencananya adalah untuk menarik pasien dari Eropa dan syekh kaya dari negara-negara Teluk Persia. Dan sekarang, setelah serangan ke Ukraina, orang Eropa dan syekh macam apa yang akan datang?"  ia berkata.

Editor Roman Dobrokhotov yang diasingkan, dari The Insider, sebuah outlet investigasi yang dilarang untuk penyelidikan dugaan korupsi Kremlin, mengunggah di media sosial Kanev bahwa Dr. Vorontsova sekarang telah berpisah dari suaminya yang pengusaha asal Belanda, Jorrit Faassen.

Namun,  ia tidak merinci lebih lanjut kapan mereka berpisah, tetapi diyakini sebelum perang dimulai. Pasangan itu memiliki anak bersama, menjadikan Putin seorang kakek.

Meski begitu, Putin tidak pernah mengakui identitas atau pekerjaan anak-anaknya yang sudah dewasa, apalagi merinci kehidupan pribadi mereka. Faassen diketahui telah bekerja lama di Rusia di Gazprombank-Invest dan Stroytransgaz. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Memerangi Penyakit Genetik Langka

Ayahnya diyakini pernah menjadi kolonel di angkatan bersenjata Belanda. Menantu laki-laki Rusia Putin pernah berkata, "Saya menikah dengan seorang wanita Rusia dan memiliki anak, saya akan berhenti begitu saja."

Maria menggunakan nama keluarga Vorontsova – nama keluarga neneknya – dan Faassen. Ia adalah peneliti terkemuka di Pusat Penelitian Medis Nasional untuk Endokrinologi Kementerian Kesehatan Rusia.

Ia tahun lalu diwawancarai saluran Rossiya 24 tentang upaya Rusia untuk memerangi penyakit genetik langka pada anak-anak, tanpa menyebutkan bahwa ia adalah putri Putin. Ia menjelaskan bahwa "tidak ada obat mujarab" tetapi "pengujian genetik dapat membantu, misalnya, pada tahap prakonsepsi" untuk "menentukan apakah orangtua adalah pembawa gen yang tidak diinginkan".

3 dari 5 halaman

Tes Genetik

"Tes genetik dapat membantu pada tahap diagnosis praimplantasi dengan IVF, dapat membantu orangtua memilih embrio yang sehat. Ini relevan untuk orangtua yang sudah memiliki anak dengan penyakit langka, yang diturunkan secara genetik. Bagi saya ini adalah proyek yang sangat positif, sangat tepat," ia memaparkan.

Saudara perempuannya yang bercerai, Katerina Tikonova (35) bekerja sebagai wakil direktur Institut Penelitian Matematika Sistem Kompleks di Universitas Negeri Moskow. Ia juga putra Putin dan mantan istrinya, Lyudmila.

4 dari 5 halaman

Adik Tiri

Mereka memiliki adik tiri, Luiza Rozova yang kini berusia 18 tahun dan juga dikenal sebagai Elizaveta Krivonogikh. Ia adalah hasil hubungan Putin dengan Svetlana Krivonogikh, yang sekarang menjadi pemilik sebagian bank besar Rusia.

Putin pernah ditanyai oleh seorang reporter BBC Rusia bahwa adalah "rahasia umum" bahwa Maria dan Katerina adalah anak-anaknya. Namun, mereka menolak untuk mengonfirmasi identitas tersebut.

5 dari 5 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.