Sukses

Minyak Goreng Mahal, Warganet Pakai Pasir Hitam untuk Menggoreng

Seperti apa hasil menggoreng makanan dengan menggunakan pasir hitam?

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia banyak membuat makanan dengan cara menggoreng. Naiknya harga minyak goreng saat ini jelas memberatkan sebagian besar rumah tangga di Indonesia.

Buntutnya, banyak orang kesulitan membuat makanan yang harus menggunakan minyak goreng. Berbagai cara pun mulai dilakukan agar tetap bisa menggoreng makanan, seperti yang dilakukan oleh seorang warganet.

Sebuah video memperlihatkan seorang ibu mengganti minyak goreng dengan pasir. Videonya menggoreng dengan memakai pasir hitam itu lalu diunggah ke TikTok dan kemudian dibagikan ulang oleh akun Instagram @indoviral8 pada 22 Maret 2022. 

"Semoga tetap bisa sabar dalam keadaan ini," tulis pengguna tersebut dalam keterangan di akun Tiktoknya.

Ia mengaku terpaksa gunakan pasir karena tidak ada stok minyak goreng lagi di rumahnya. "Karna minyak tidak ada terpaksa beralih ke pasir. Rumahku di perkampungan, minyak tidak ada sama sekali dimana-mana, warung-warung, agen, kosong," terangnya.

Hal ini menunjukkan ia harus inovatif dalam bertahan hidup, termasuk dalam cara memasak makanan.  Ia menggunakan pasir hitam untuk menggoreng kerupuk dan telur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daun Pisang

Kerupuk tersebut langsung dimasukkan ke wajan yang berisi pasir yang sebelumnya telah dipanaskan beberapa waktu. Kemudian untuk menggoreng telur, pemasak harus menggoreng di atas pasir yang telah ditutupi dengan daun pisang di atasnya.

Hasil dari lauk yang dimasak dengan pasir tidak berbeda dengan masakan yang dimasak dengan minyak goreng.  Kerupuk dan telur yang digoreng terlihat hampir sama penampakannya meski digoreng dengan pasir.

3 dari 5 halaman

Sedikit Berbeda

Hanya saja, telur yang digoreng dengan pasir sedikit berwarna berbeda karena pinggirannya yang tidak bisa kering dan berwarna cokelat. Unggahan itu mendapat beragam komentar dari sejumlah warganet.

"Krupuk mah bisa , coba aja kalau ikan, tambah renyah rasanya 🔥," komentar seorang warganet. "Pasti enak dan gurih, kan ada cita rasa Bunga Pasir nya," timpal warganet lainnya.

4 dari 5 halaman

Tanpa Digoreng

Selain menggoreng kerupuk dan telur, ada juga warganet yang membagikan video tentang membuat makanan lainnya yang disajikan tanpa digoreng. Makanan-makanan tersebut jadi unik karena dibuat dengan cara yang tak kalah unik.

Ada tempe mentah dengan topping ceri hingga menggoreng ikan dengan minyak telon, menjadi bukti makanan tanpa digoreng ini kelewat nyeleneh. Semuanya tak ada yang dimasak tapi masih dalam keadaan mentah.

Makanan-makanan nyeleneh ini memang sengaja dibikin agar berhasil mencuri perhatian banyak orang. Siapa sangka, potret nyeleneh makanan enggak digoreng ini menjadi sorotan sehingga viral. Banyak warganet hanya bisa tepuk jidat melihat makanan tanpa digoreng.

5 dari 5 halaman

Ragam Tanggapan Gonjang-Ganjing Minyak Goreng

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.