Sukses

Promosi Unik Penjual Es Degan, Bikin Papan Pengumuman Kehilangan Uang

Bukan promosi diskon, penjual es degan ini justru membuat pemberitahuan mencari uang hilang.

Liputan6.com, Jakarta - Strategi pemasaran dan promosi memang sangat dibutuhkan untuk membuat usaha kuliner laris manis. Strategi pemasaran itu bisa berupa promosi menarik atau memasang spanduk yang bisa menarik perhatian banyak orang.

Salah satu contoh strategi pemasaran yang menarik dibagikan melalui akun TikTok @esdegan_drivethru. Dalam unggahan itu, seorang warganet menunjukkan strategi pemasaran yang dilakukan seorang penjual es degan.

Caranya simpel, tapi cukup menggelitik dan bikin banyak orang penasaran. Ia merekam papan promosi yang dipasang di pinggir jalan.

Bukan diskon, alih-alih pemberitahuan mencari uang hilang. Bagi yang menemukan uang hilang dengan nominal Rp5 ribu, mereka berhak mendapat imbalan satu bungkus es degan.

Papan pengumuman tersebut merupakan sayembara yang sebenarnya merupakan strategi pemasaran. "Dicari uang hilang Rp5.000. Bila menemukan akan mendapatkan imbalan satu bungkus es degan," tulis pengumuman sayembara tersebut dengan gambar uang pecahan Rp5.000 dan es degan di bawahnya.

Ini adalah strategi pemasaran yang menarik. Pasalnya, harga sebungkus es degan tersebut ternyata memang Rp5.000. Saat seseorang datang memberikan uang Rp5.000, mereka sebenarnya sedang membeli es degan tersebut.

Papan promosi itu diletakkan di pinggir jalan raya tepat di depan warung es degan tersebut. Warnanya yang kuning mencolok dengan tulisan yang besar tentu akan menarik banyak perhatian orang. Apalagi strategi pemasaran seperti ini cukup tak biasa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

S3 Marketing

Video ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 18 Maret 2022 ini.

"Ya Allah, kreatif sekali. Semoga dagangannya laris, Kak," komentar seorang warganet. "Promonya hebat sekali. Nggak kepikiran, S3 Marketing nih pasti," komentar warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 1,2 juta kali dan disukai lebih dari 71 ribu kali. Dalam unggahan serupa pada 19 Maret 2022, pemilik akun tersebut mengungkap warung es degan itu berlokasi di Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah. 

3 dari 5 halaman

Spanduk Nyeleneh

Beberapa waktu lalu, spanduk jualan bubur yang nyeleneh beredar di media sosial. Spanduk jualan bubur ini dibuat unik agar mencuri perhatian para pembeli.

Mulai dari tulisan typo bubul cumcum, hingga tulisan informatif bubur diaduk vs enggak diaduk jadi bukti spanduk bubur ini nyeleneh luar biasa.  Saking unik, spanduk jualan bubur ini diabadikan dan disebarluaskan di media sosial. 

4 dari 5 halaman

Spanduk-Spanduk Tidak Biasa

Beberapa spanduk menggelitik itu antara lain, ada spanduk bertuliskan: Bubur Ayam Naik Haji, yang kemungkinan terinspirasi dari sinetron Tukang Bubur Naik Haji. 

Ada juga yang bertuliskan, Bubur Ayam Samarinda Cabang Balikpapan. Lalu, ada spanduk yang tulisannya cukup panjang seperti sebuah artikel.

Di bagian palng atas hanya ada tulisan: Bubur Ayam. Di bawahnya ada dua kolom bertuiskan, Diaduk dan Tidak Diaduk dengan keterangan kelebihan dan kekurangannya.

5 dari 5 halaman

Oleh-Oleh Makanan khas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.