Sukses

Susah Nabung? Coba deh Lakukan 3 Cara Gampang Ini

Kamu bisa mulai membuat anggaran sesuai goal yang ingin kamu capai pakai fitur DANA Goals dan setiap transaksimu akan dilindungi oleh DANA Protection.

Liputan6.com, Jakarta Kalian pasti pernah mendengar pepatah rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Pepatah yang sering digaungkan sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar ini sebenarnya punya makna yang luar biasa lho, kalian masih ingat? 

Makna dari pepatah itu adalah usaha yang dilakukan pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik. Yup, pepatah itu tentunya bisa jadi motivasi, untuk melakukan segala sesuatunya, menabung misalnya. 

Buat kamu yang merasa susah banget untuk nabung, jangan langsung putus asa dan terus menghabiskan uangmu begitu saja ya! Coba lakukan tips berikut ini, agar nantinya bisa beli apapun yang kamu mau: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sisihkan Minimal Rp10 Ribu/Hari

Sebenarnya mayoritas orang tahu bahwa menabung merupakan salah satu cara mengelola keuangan untuk tujuan tertentu. Agar keinginan menabungmu terlaksana, kamu nggak perlu repot buat menabung dalam jumlah besar. 

Coba dulu nabung dari jumlah minimal, seperti Rp10 ribu per hari. Mungkin terkesan sepele atau receh banget, tapi jika kamu rutin menyisihkan uang Rp10 ribu setiap hari, kemudian menaikkan nominalnya di atas Rp10 ribu, hasilnya bakalan nggak terduga. 

 

3 dari 4 halaman

2. Simpan Uang Receh di Celengan

Sadar atau nggak, kadang kita sering menganggap remeh uang koin. Usai belanja di swalayan atau warung, nggak jarang kita terima kembaliannya dalam bentuk koin. 

Padahal jika dikumpulkan di satu tempat, seperti celengan, suatu saat kamu ingin buka, jumlahnya bikin mencengangkan. Makanya, jika kamu punya banyak uang receh, langsung masukin aja ke celengan. Nanti kalau sudah penuh, kamu tinggal buka dan hitung jumlahnya.  

 

4 dari 4 halaman

3. Tetapkan Anggaran

Jika kamu adalah tipe orang yang boros dan kerap mengklaim nggak bisa ngatur uang, mulai sekarang tarik kembali omongan itu ya. Nggak ada yang nggak bisa dan yakinkan diri bahwa kamu itu juga bisa nabung kok!

Setelah melakukan kedua poin di atas, sekarang saatnya kamu mulai berkomitmen untuk jadi orang yang boros atau konsumtif. Agar pengelolaan uangmu terjaga, cobalah membuat anggaran, per minggu atau per bulan. 

Misalnya, berapa biaya buat internet, untuk cicilan kartu kredit, atau tetapkan juga bujet untuk hangout. Oh ya, jika kamu ingin pengeluaranmu benar-benar terkontrol dan pola menabungmu berjalan lancar dan mencapai tujuan, ada cara lain yang lebih efektif nih. 

Kamu bisa mulai membuat anggaran sesuai goal kamu di DANA. Yup, DANA punya fitur yang namanya DANA Goals. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat goal yang ingin kamu capai, misalnya tujuan nabung kamu buat beli outfit baru, traveling atau beli smartphone baru. 

Di DANA Goals, kamu bisa menyisihkan uangmu untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, DANA juga bisa menjamin keamananmu dalam bertransaksi. 

 

Pastinya kamu bakalan Bebas Cemas & #BebasDrama karena setiap transaksimu akan dilindungi oleh DANA Protection. Nah, kamu wajib tahu nih, keunggulan DANA Protection. 

Pertama, setiap transaksimu yang dilakukan lewat DANA, akan dilindungi dengan sistem keamanan berlapis. Mulai dari PIN DANA, OTP, sampai DANA Viz. Kedua, DANA juga memberi jaminan uang kembali 100% jika terjadi hal yang nggak diinginkan saat transaksi, sesuai dengan S&K di aplikasi DANA.

Ketiga yang memastikanmu kalau DANA ngejaga kamu banget adalah adanya Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard), untuk keamanan informasi kartu bank.

Nah, dengan semua kemudahan yang ditawarkan DANA lewat fitur-fiturnya, hidupmu bakalan lebih nyaman dan tenang. So, say goodbye to drama dengan DANA!

Yuk, download dan pakai aplikasinya sekarang!

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.