Sukses

Menelusuri Keindahan Bawah Laut Desa Wisata Pemuteran

Desa Wisata Pemuteran memiliki potensi bawah laut yang wajib untuk dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Dewata sudah tersohor ke seluruh dunia memiliki potensi alam dan kekayaan budaya. Salah satunya ada di Desa Wisata Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Gianyar, Bali.

Dikutip dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Selasa, 22 Maret 2022, desa wisata ini menyuguhkan suasana pegunungan yang hijau dan asri. Desa Wisata Pemuteran jadi lokasi strategis untuk trekking dan akan disuguhkan pemandangan yang memanjakan mata.

Pada arah di Selatan akan disuguhkan pemandangan pegunungan dan Utara akan melihat hamparan pantai yang indah. Keindahan bawah laut desa wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai terumbu karang dan habitat laut yang dijaga oleh masyarakat.

Pantai Pemuteran menjadi salah satu destinasi yang dikunjungi wisatawan. Mengingat, pantai ini terdapat berbagai struktur terumbu karang yang unik dan menarik.

Terumbu karang tersebut telah mendapatkan berbagai penghargaan baik nasional maupun international. Jarak desa wisata ini dari Bandara International Ngurah Rai sekitar 134 kilometer via Jl. Singaraja-Gilimanuk dengan waktu tempuh sekitar empat jam.

Desa Pemuteran kini telah menyediakan akomodasi bagi wisatawan, terdapat homestay, hotel, dan vila. Desa ini juga memiliki beberapa tempat oleh-oleh atau suvenir yang dapat ditemui sepanjang jalan desa.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Diving

Diving Pemuteran menawarkan lingkungan menyelam yang santai. Pihak pengelola menyediakan layanan yang fleksibel dan personal.

Tim Instruktur dan Divemaster multibahasa mencakup beberapa profesional selam terlatih dan berpengalaman di Indonesia. Pengalaman menyelam ini akan memberi momen yang bermanfaat juga tak terlupa bagi wisatawan.

3 dari 5 halaman

Snorkeling

Selain menyelam, wisatawan juga bisa snorkeling di air murni Taman Laut Menjangan. Wisatawan akan diajak perjalanan snorkeling harian ke Kepulauan Menjangan.

Wisatawan dapat menikmati snorkeling di air laut yang biru jernih dan kondisinya begitu luar biasa sepanjang tahun. Wisatawan dapat pula menyaksikan kehidupan bawah laut yang memukau dan penuh warna.

4 dari 5 halaman

Acara Tahunan

Pemuteran juga memiliki acara tahunan bernama Pemuteran Bay Fest dan telah berjalan sejak 2015. Pemuteran Bay Festival menaungi segala bentuk seni budaya dan pelestarian lingkungan, seperti Pelestarian Terumbu Karang Berbasis Masyarakat dengan Tehnologi Biorock, Heritage Culture Gebug Ende, Beach Art Parade, lomba-lomba seni dan budaya, pameran produksi seni dan kerajinan dalam rangka meningkatkan kualitas pariwisata berbasis masyarakat, berbudaya, berwawasan lingkungan.

Event ini turut masuk 100 kalender event di Indonesia atau CoE Indonesia. Pemuteran Bay Festival mempersembahkan selebrasi budaya dengan semangat komunitas dengan berlandaskan ecotourism.

5 dari 5 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.