Sukses

Mandalika Jadi Tempat Kos Dadakan Selama MotoGP 2022

Lantaran semua hotel di kawasan Mandalika penuh karena antusiasme gelaran MotoGP 2022, tempat kos dan bahkan rumah pribadi warga juga tidak luput menjadi target untuk menginap.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang MotoGP Mandalika 2022 dinilai sukses dan mendatangkan banyak penonton. Para penonton datang dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari beberapa negara.

Mereka menginap di berbagai tempat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tak hanya di hotel, sejumlah tempat penginapan seperti rumah kos di kawasan Mandalika juga banyak disewa.

Selain penonton, mereka yang bertugas selama penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika juga banyak yang menginap di kawasan Mandalika. Hotel-hotel dan penginapan rata-rata sudah dipesan sejak jauh hari, baik oleh para kru dari pembalap maupun penonton yang ingin menyaksikan secara langsung gelaran MotoGP Mandalika, pada 18 sampai 20 Maret 2022.

Lantaran semua hotel di kawasan Mandalika penuh, rumah kos dan bahkan rumah pribadi warga juga tidak luput menjadi target untuk menginap. Salah satunya rumah milik Ferdian, yang kebetulan posisinya tidak jauh dari Sirkuit Mandalika.

Menurut Ferdian, rumahnya memiliki beberapa kamar dan ada tiga kamar yang sudah dipesan sejak awal tahun ini. Ia pun menata rumahnya dengan mengganti kasur, seprai baru, memasang pendingin ruangan dan kelengkapan lainnya. Walaupun dari tingkat kenyamanan masih jauh dibandingkan dengan kualitas hotel, tapi menurut pemilik, kamarnya dipesan selama lima hari.

"Jadi saya dapat info dari teman, katanya ada beberapa orang dari Jakarta yang mau menonton MotoGP tapi belum dapet hotel di Mandalika. Saya tawarin mereka buat kos di tempat saya. Lalu mereka setuju dan saya langsung menyiapkan rumah saya buat jadi tempat kos," terang Ferdian saat dijumpai di Sirkuit Mandalika, Sabtu, 19 Maret 2022.

Sayangnya, Ferdian merahasiakan berapa tarif untuk menginap di rumahnya. Yang jelas, anak dan istrinya untuk sementara menginap di rumah orangtuanya selama beberapa hari.

"Ya keluarga sudah maklum, mereka rela pindah dulu ke rumah keluarga lainnya karena lumayan dapat pemasukan tambahan selama MotoGP ini," lanjutnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penghasilan Tambahan

Beda lagi dengan Ono, warga Praya yang tempat tinggalnya juga tidak jauh dari Sirkuit Mandalika. Ia menyediakan satu kamar bagi dua temannya dari Bogor, Jawa Barat yang mau menonton MotoGP Mandalika.

Awalnya, kedua temannya ingin menginap di hotel di sekitar Mandalika, tapi ternyata kehabisan. "Hotel sebenarnya masih ada di tempat lain tapi bukan di daerah Mandalika, teman saya nggak mau karena kejauhan katanya. Saya tawarin mereka menginap di rumah saya. Saya nggak pasang tarif, saya bilang terserah mereka mau kasih berapa," ungkap Ono saat dijumpai di Sirkuit Mandalika, Minggu, 20 Maret 2022.

Menurut Ono, memang banyak warga yang tinggal di kawasan Mandalika mengubah rumahnya menjadi tempat kos dadakan sejak penyelenggaraan WSBK pada November lalu dan disusul dengan MotoGP Mandalika. Ia mengakui, ajang besar seperti WSBK dan MotoGP cukup berdampak pada perekonomian warga Mandalika yang semakin memnbaik di masa pandemi ini.

"Jadi bukan cuma penjual makanan atau barang kerajinan, para pemilik rumah apalagi yang punya kamar banyak, jadi bisa dapat penghasilan tambahan," ucap Ono.

3 dari 5 halaman

Lebih Hemat

Selain penonton, mereka yang bertugas di dalam Sirkuit Mandalika juga banyak yang tinggal di tempat kos yang dekat dengan sirkuit. Selain biayanya lebih hemat, mereka juga tak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi ke sirkuit.

Hal itu juga dilakukan gadis-gadis usher yang bertugas di area Sirkuit Mandalika. Ada Dewi Fandi yang bertugas di ruang VIP Deluxe Class, Gadis asal Bali ini bertugas sebagai usher yang memandu dan melayani para penonton di area khusus tersebut.

 
4 dari 5 halaman

1 Kamar 3 Orang

Perempuan berusia 24 tahun ini bertugas pada 18 sampai 20 Maret 2022. Dia datang bersama rombongan usher yang merupakan bagian dari sebuah event organizer di Bali.

"Tanggal 16 kita sudah di sini untuk simulasi venue. Kami dari EO dari Bali berangkat 3 bus," jelasnya pada Liputan6.com, Minggu, 20 Maret 2022. Mega dan beberapa temannya mendapat jatah penginapan di sebuah tempat kos di kawasan Sirkuit Mandalika.

"Kita disediakan tempat kos di Praya, dekat dari sirkuit, tapi dalam satu kamar saya bertiga bareng teman saya. Ya memang beda jauh sama hotel, kamarnya dan fasilitasnya seadanya, tapi paling nggak dekat dari sirkuit jadi bisa cepat sampai sirkuit," kata Mega.

5 dari 5 halaman

MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.