Sukses

Sarinah Buka Kembali, Jual Apa Saja dan Apa Syarat Membuka Gerai?

Sebagian besar gerai di Sarinah Thamrin diisi produk makanan, tapi belum semuanya beroperasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pusat perbelanjaan pertama di Indonesia, Sarinah, dibuka kembali setelah selesai direnovasi. Pusat perbelanjaan yang berada di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat tersebut sudah beroperasi kembali mulai hari ini, Senin (21/3/2022).

Kabar pembukaan BUMN Sarinah ini dibagikan lewat media sosial PT Sarinah yang juga menandai akun resmi Sarinah Store. Renovasinya sendiri disebut untuk mendukung produk Indonesia, terutama Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar tak kalah saing dengan produk luar.

"Sarinah sudah dibuka untuk umum! Jam operasional kami saat ini adalah 10:00-21:00. Kami tunggu kehadirannya di Sarinah!" tulis akun Instagram @sarinahindonesia, Senin (21/3/2022).

"Kami siap menyambut kedatanganmu untuk menghabiskan waktu di tempat berkumpul terbaru dengan para tenant dan brand lokal Indonesia yang keren!" sambungnya.  Lalu, ada apa saja di Sarinah Thamrin dan bagaimana para pelaku UMKM bisa membuka gerai di pusat perbelanjaan tersebut?

Dikutip dari Antara, Senin (21/3/2022), beberapa gerai di lantai dasar sudah mulai buka, seperti toko pakaian berbahan batik. Ada pula sejumlah restoran, tapi belum semua gerai dibuka.

Di lantai dasar juga terlihat pameran foto yang menunjukkan rekam jejak perjalanan pusat perbelanjaan Sarinah sejak awal dibangun hingga selesai dipugar. Naik ke lantai satu menggunakan eskalator di bagian tengah, pengunjung langsung disambut Sarinah Departement Store di sisi kiri eskalator.

Gerai lainnya di lantai satu termasuk toko kue, restoran, dan kedai kopi. Ada juga tempat makan franchise, restoran masakan Indonesia, maupun masakan Jepang. Di lantai satu, sebagian besar gerai diisi produk makanan, tapi belum semua gerai beroperasi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masih Ada yang Kosong

Sedangkan di lantai dua ada sejumlah restoran, baik masakan Indonesia, masakan Jepang, maupun masakan Eropa. Naik ke lantai tiga menggunakan eskalator di bagian tengah, masih ada gerai Sarinah yang menawarkan aneka produk mulai dari furnitur, aksesoris, hingga suvenir seperti wayang, kerajian berbahan rotan dan bambu, hingga hiasan dinding.

Sementara, lantai empat masih ditutup. Belum diketahui apa yang akan dijajakan pengelola pusat perbelanjaan Sarinah di lantai empat tersebut.

Masih banyaknya tempat yang kosong sepertinya akan diisi para UMKM yang memenuhi persyaratan. Pengelola pusat perbelanjaan Sarinah menerapkan beberapa syarat bagi para pelaku UMKM yang ingin menjajakan produknya di Sarinah.

Syarat tersebut diterapkan guna memastikan kualitas produk UMKM yang dijajakan di Sarinah layak dipasarkan di tingkat nasional dan internasional.

3 dari 5 halaman

Gerai UMKM

Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati, menyebut kriteria pertama: produk yang ditampilkan harus hasil dari tangan UMKM yang berkualitas tinggi dan khas budaya Indonesia.

Setelah itu, produk tersebut dipastikan harus dibuat dan diproduksi orang Indonesia. Pihaknya tidak memperbolehkan para pengusaha menjajakan barang hasil produksi luar negeri walau berlabel dalam negeri.

Selain itu, kehadiran UMKM harus membangkitkan pelaku seni di daerah sekitar, sehingga produksi barang UMKM tersebut dapat membangkitkan ekonomi warga sekitar.

4 dari 5 halaman

500 UMKM

Terakhir, produk UMKM harus memiliki unsur kekinian agar menarik kaum muda dalam membeli produk tersebut.  "Selain itu desain produk harus cool. Apakah produknya cool? Anak muda banget? Itu kriteria yang kita tambahkan selain kriteria dasar," jelas Fetty.

Berdasarkan kriteria tersebut, pihaknya akan melakukan seleksi ketat terhadap ratusan UMKM yang sudah mengajukan diri untuk berdagang di Sarinah. Mereka yang lolos secara kriteria akan diperbolehkan untuk menjajakan barang dagangannya di Sarinah.

Sejauh ini, ada 500 UMKM sudah menempati kios di dalam Sarinah. Namun untuk hari pertama pembukaan Sarinah belum semua kios dibuka

Menurut Fetty, ada beberapa gerai yang masih dalam proses pembahasan. Namun ia memastikan, seluruh gerai di Sarinah akan terisi penuh pada Juni 2022.

5 dari 5 halaman

Mal di Jakarta Siap Dibuka Kembali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.