Sukses

Memilih Vendor Pernikahan di Pameran IIWF 2022, Berapa Bujet yang Harus Disiapkan?

Indonesia International Wedding Festival (IIWF) 2022 masih akan terselenggara secara hybrid hingga Minggu, 20 Maret 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Wedding Festival (IIWF) kembali terselenggara. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, IIWF 2022 berlangsung secara hybrid: online di situs web indonesiainternationalweddingfestival.com pada 7--20 Maret 2022 dan offline di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada 18--20 Maret 2022.

Event garapan Weddingku dan Dyandra Promosindo ini merupakan pameran yang menghadirkan berbagai kebutuhan pernikahan. "Ada lebih dari 250 vendor yang antara lain terdiri dari bridal, groom suit, catering, florist, hotel, wedding ring, dan dekorasi," CEO Weddingku Group, Tono Raharja, mengatakan dalam wawancara media di JCC, Jumat, 18 Maret 2022.

Ia menyambung bahwa deretan vendor pernikahan ini melayani klien di Jabodetabek dan Bali. "Pun dengan yang online (menyediakan jasa mereka di Jabodetabek dan Bali)," Tono menambahkan. "Ada 10 persen lebih banyak (vendor pernikahan) yang ikut pameran ini secara online."

Di kesempatan yang sama, project manager Dyandra Promosindo, Rio Murriyansah, mengatakan bahwa IIWF 2022 merupakan acara yang tepat bagi para calon pengantin untuk mewujudkan pernikahan impian. Pameran ini disebutnya sebagai "one-stop-wedding-solution" untuk membantu calon pengantin memenuhi kebutuhan pernikahan mereka.

Salah satu tenant-nya adalah Fine Souvenir. Konsultannya, Nissa, mengatakan pada Liputan6.com ketika ditemui di area pameran, Jumat, 18 Maret 2022, bahwa pihaknya menyiapkan berbagai penawaran menarik.

"Setiap harinya (selama pameran), promosi yang ditawarkan berbeda. Karena disebut 'secret deal,' jadi klien harus datang langsung untuk mencari tahu promosi apa yang berlaku pada hari itu," ia mengatakan.

Nissa menyambung, mereka memboyong puluan sampel, mulai dari gelas, pouch, botol, tumbler, hingga termos. Namun, ia menambahkan, difuser, kristal, dan hand sanitizer tengah jadi best seller dalam kategori suvenir.

"Soal harga, kami menawarkan mulai dari Rp7,5 ribu. Itu sudah lengkap semua sampai kemasan," tuturnya.

Ia mengatakan, tahun ini permintaan suvenir masih untuk pernikahan intim, rata-rata 100--200 pcs. "Tapi, ada juga yang pesan banyak sampai 500 pcs. Soalnya kalau suvenir, undangan yang enggak datang pun biasanya dikirimkan suvenir," ia menyebutkan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Paket Kolaborasi

Sementara itu, Orlins Event Planner juga memboyong penawaran tidak kalah menarik ke IIWF 2022. Perwakilannya, Budi, menyebutkan bahwa mereka menyediakan paket kolaborasi dengan Kairos Works seharga Rp11.888.000.

"Ada jasa foto dan video, dekorasi, serta event planner, kami rangkumkan dalam satu paket, dari lamaran sampai hari H," ia mengatakan ketika ditemui Liputan6.com, Jumat, 18 Maret 2022, di area pameran.

Sepakat dengan Nissa, Budi mengatakan tema pernikahan intim masih akan jadi tren tahun ini. Dengan begitu, dekorasi pernikahan yang dipilih juga cenderung menonjolkan intimasi. "Lebih romantis," ia menimpali.

Menurutnya, tren dekorasi pernikahan sudah seharusnya lebih bersifat personal. "Enggak ada spesifik satu tema apa, karena kembali lagi ke kebutuhan klien," Budi mengatakan.

Namun demikian, pihaknya mengaku menonjolkan nuansa dekorasi pernikahan yang lebih natural. Dengan begitu, momen tersebut akan terkesan tidak lekang oleh waktu.

"Kalau untuk paket resepsi pernikahan, harga dekorasinya start Rp30 juta. Tapi, itu pun bisa bergeser, karena kembali lagi ke kebutuhan klien," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Pilih Venue Pernikahan

Dian Anggraeny Utomo, manager wedding planner SWASANA Wedding menyebut pihaknya sebagai one-stop-wedding-solution dengan secara khusus menyediakan venue pernikahan: lima di Jakarta dan dua di Bandung. "Indoor maupun outdoor," sambungnya pada Liputan6.com, Jumat, 18 Maret 2022, ketika ditemui di area pameran IIWF 2022.

Ia melanjutkan bahwa mereka mengutamakan pelayanan dengan membantu calon pengantin mengurus berbagai kebutuhan pernikahan. Ini bahkan termasuk mengurus izin menumpang nikah ke kantor urusan agama (KUA). 

"Jadi pertama, calon pengantin akan bertemu dengan wedding consultant. Mereka akan menjelaskan paketnya seperti apa, dari katering, dekorasi, rias, busana, hiburan, MC, venue, wedding planner, hingga wedding organizer untuk hari H," Dian mengatakan.

Pihaknya juga membantu mengatur pertemuan dengan para vendor. "Kami nantinya juga akan kirim rundown dan timeline wedding. Hari H, ada juga wedding report. Jadi dapat kado berapa, suvenir ada berapa sisa berapa, sampai sedetail itu kami hitung," urainya.

Berbeda dari dua vendor sebelumnya, Dian mengatakan, sepanjang tahun ini, calon pengantin sudah berani menggelar acara pernikahan di gedung dengan undangan minimal 400 tamu. Ia menyebut bahwa kapasitas ballroom di venue pernikahan yang mereka tawarkan adalah 800--1.500 orang.

"Selama pameran, kami menyediakan promosi memberikan iPhone 13 Pro dan Vespa Piaggio pada calon pengantin. Ini berlaku untuk semua paket yang dipilih. Hadiahnya akan diberikan setelah acara (pernikahan) dan pelunasan," Dian mengatakan.

 

4 dari 5 halaman

Bujet Pernikahan

Soal bujet pernikahan sekarang, Tono mengatakan, sebenarnya secara formulasi tidak berubah. "Ini hitungannya kembali lagi pada berapa tamu yang diundang," ia mengatakan.

Rata-rata, Tono menyebut, calon pengantin mengalokasikan dana Rp200 ribu--Rp3 juta per tamu undangan. Itu kemudian tinggal dikalikan dengan total tamu undangan untuk mendapatkan angka biaya pernikahan.

"Trennya selama masa pandemi, karena tidak bisa mengundang banyak orang, calon pengantin lebih fokus pada diri sendiri. Gaunnya jadi yang lebih bagus, jasnya lebih bagus, atau wedding ring-nya lebih bagus," ia menyebutkan.

Para pengunjung yang ingin menghadiri IIWF 2022 dapat membeli tiket masuk secara online di indonesiainternationalweddingfestival.com dengan HTM untuk tiga hari pameran sebesar Rp25 ribu. Tiket juga bisa dibeli secara on the spot selama pameran.

5 dari 5 halaman

Infografis Macam-Macam Bahasa Cinta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.