Penonton MotoGP Mandalika 2022 Bisa Menginap Gratis di Kapal Pelni, Simak Syaratnya

Oleh Dinny Mutiah pada 17 Mar 2022, 11:04 WIB
Diperbarui 17 Mar 2022, 11:25 WIB
Kemenhub menyiapkan kapal Pelni sebagai tempat isolasi mandiri para pasien penderita Covid-19 yang bergejala ringan. Dok Kemenhub
Perbesar
Kemenhub menyiapkan kapal Pelni sebagai tempat isolasi mandiri para pasien penderita Covid-19 yang bergejala ringan. Dok Kemenhub

Liputan6.com, Jakarta - Totalitas menyambut gelaran MotoGP Mandalika 2022 dilakukan lintas sektor, tak terkecuali dengan PT Pelni. BUMN itu menawarkan fasilitas menginap gratis di kapal selama periode 17--21 Maret 2022.

Akomodasi terapung yang disiapkan adalah KM Kelud. Kapal milik Pelni itu bersandar di Terminal Gilimas, Lembar, yang berjarak sekitar 26,6 kilometer dari Mandalika, Kuta Lombok.

"Silakan daftarkan diri anda mulai dari sekarang!!! -GRATIS-" demikian bunyi pengumuman di akun Instagram @dishubntb pada 13 Maret 2022.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon tamu akomodasi terapung ini. Mereka wajib memiliki tiket nonton MotoGP Mandalika 2022, sertifikat vaksinasi minimal dua dosis, dan mengunggah aplikasi PeduliLindungi. Para tamu juga diminta membawa handuk dan perlengkapan mandi sendiri.

"Melakukan proses reservasi kamar (tidak menerima walk in)," tulis keterangan dalam banner. Proses reservasi dilakukan hanya melalui email, yakni rsvhotelapung@ppl.ac.id.

Tamu tak perlu khawatir akan kesulitan untuk menjangkau kawasan Mandalika. Panitia menyiapkan shuttle dari Gili Mas ke Mandalika, begitu juga sebaliknya. 

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (17/3/2022), Dinas Perhubungan (Dishub) NTB juga menyiapkan 281 bus gratis untuk para penonton MotoGP. Kepala Dishub NTB, Lalu M Faozal, mengatakan saat ini terdapat 82 bus yang masuk Mataram dan langsung ditempatkan di pos masing-masing.

Selanjutnya, terdapat 201 bus yang masuk, sehingga jumlah keseluruhan ada 283 bus. Ia merinci dari 283 bus itu, masing-masing disiapkan di eks Bandara Selaparang Mataram sebanyak 92 unit terdiri atas bus sedang dan 10 bus berkapasitas 40 penumpang.

Kemudian, di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (Bizam) sebanyak 27 unit, serta di Pelabuhan Kayangan 30 unit dengan kapasitas 18 kursi. Untuk di Kayangan juga tersedia mobil HIC elf berbayar. Lalu, di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas terdapat 92 bus sedang dan Pelabuhan Bangsal sebanyak 42 mini bus.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Fasilitas yang Tersedia

Penonton MotoGP Mandalika 2022 Bisa Menginap di Kapal Pelni Gratis, Simak Syaratnya
Perbesar
Akomodasi terapung Pelni untuk penonton MotoGP 2022 Mandalika. (dok. Instagram @biroadpimntb/https://www.instagram.com/p/CbLw4cIBdvF/Dinny Mutiah)

Fasilitas yang tersedia untuk para tamu cukup lengkap meski tidak seperti hostel atau hotel konvensional. Tersedia ranjang dengan konfigurasi berderet seperti di kelas ekonomi. Kapasitas kapal itu mencapai 1.500 orang.

Waktu check in di hotel terapung ini adalah pukul 14.00 WITA. Sedangkan, waktu check outnya adalah pukul 12.00 WITA.

Selain itu, terdapat musala bagi umat muslim yang hendak beribadah. Juga tersedia fasilitas shuttle bagi penonton agar memudahkan urusan transportasi menuju dan dari Mandalika. Tamu yang menginap tidak akan mendapatkan sarapan gratis, tetapi pengelola kapal sudah menyiapkan kantin.  

Dikutip dari akun Instagram Biro Administrasi Pimpinan NTB, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah meninjau langsung kondisi kapal tersebut. "Terdapat 1.500 tempat tidur, semuanya sangat layak dan bersih," ucap Wagub di sela-sela kunjungannya.


Keriuhan Jelang Balapan

Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia Hampir 50 Persen
Perbesar
Foto aerial perkembangan pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Kamis (14/1/2021). Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengabarkan perkembangan pembangunan Sirkuit sudah mencapai 42,98 persen. (foto dok MGPA)

Keriuhan ajang MotoGP Mandalika sudah dimulai dari Rabu, 16 Maret 2022, dengan para pembalap berparade di Jakarta. Sebelumnya, 20 pembalap hadir di Istana Merdeka untuk menemui Presiden Jokowi. Para pembalap datang dengan memakai setelah baju khusus balap motor yang akan dipakai dalam Grand Prix Indonesia di Mandalika pada 20 Maret 2022.

Dikutip dari kanal News Liputan6.com, di luar Istana Merdeka, masyarakat sudah antusias melihat para pembalap MotoGP yang akan bertanding di Indonesian Grand Prix Mandalika. Mereka ramai menunggu di tepi jalan yang sudah dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Seakan tak mau mengecewakan penggemarnya, para pembalap pun melambai-lambaikan tangan mereka kepada masyarakat yang menunggu di tepi jalan. Bahkan, ada masyarakat yang berhasil menyentuh tangan pembalap.

Parade itu juga diiringi oleh komunitas pecinta motor dan aparat keamanan. Para pembalap MotoGP sempat melintasi kawasan Monumen Nasional (Monas) dan mengakhiri parade di Bundaran Hotel Indonesia.


60 Ribu Tiket

Foto: Dijamu Wedang Jahe di Istana Merdeka, Presiden Jokowi Yakinkan Para Pembalap Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP 2022
Perbesar
Bertempat di Istana Merdeka, Rabu (16/3/2022), Presiden RI Joko Widodo berkesempatan menjamu 20 pembalap dari berbagai kelas yang akan berlaga di MotoGP 2022 Pertamina Grand Prix of Indonesia, 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, NTB. (Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Jokowi mengatakan sebanyak 60.000 tiket MotoGP Mandalika sudah habis terjual. Adapun perhelatan Indonesian Grand Prix MotoGP di Mandalika akan digelar pada 20 Maret 2022.

"Kita tahu, Alhamdulillah juga bahwa target tiket yang kita berikan 60.000. Alhamdulillah semuanya sudah terjual," kata Jokowi. Padahal, Menparekraf Sandiaga Uno sebelumnya mengatakan bahwa tiket hari pertama dan kedua masih tersedia.

Jokowi menilai ludesnya tiket MotoGP Mandalika juga menandakan Indonesia tak kalah dengan negara lain yang lebih dulu menjadi tuan rumah MotoGP. "Kita harapkan ini menjadi sebuah brand baru negara kita bahwa Indonesia sekarang telah memiliki sirkuit MotoGP yang tidak kalah dengan negara-negara lain," ujarnya.

Jokowi belum bisa memastikan berapa keuntungan yang didapat Indonesia dari perhelatan MotoGP Mandalika 2022. Hal itu, kata dia, akan dihitung setelah acara tersebut selesai digelar.

"Kalau sudah event-nya selesai baru kita hitunglah berapa kira-kira yang masuk. Tapi semuanya kita hitung setelah nanti event-nya kita selesaikan di hari Minggu (20 Maret)," tutur Jokowi.


Sirkuit Mandalika Tempat Ajang Balapan MotoGP 2022

MotoGP
Perbesar
Infografis Rookie MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya