Sukses

Sambut MotoGP Mandalika 2022, Traveloka Luncurkan Fitur Pendukung Perjalanan Aman dan Sehat

Traveloka menyebut pemesanan tiket pesawat menuju Lombok jelang MotoGP Mandalika 2022 meningkat hampir dua kali lipat dalam sebulan terakhir

Liputan6.com, Jakarta - Pulau Lombok kini jadi sorotan utama jelang ajang MotoGP Mandalika 2022 yang akan digelar pada 18--20 Maret 2022. Traveloka pun tak mau ketinggalan momen penting dengan meluncurkan beragam layanan dan fitur terbaru untuk menyambut wisatawan di Pulau Lombok.

Salah satunya adalah fitur Chat with Doctor. Layanan yang tersedia di aplikasi itu bertujuan memudahkan konsumen memperoleh akses telekonsultasi gratis dari dokter profesional di mana pun dan kapan pun. CMO Traveloka Shirley Lesmana menerangkan layanan telekonsultasi gratis itu bisa diperoleh dengan memasukkan kode kupon yang tersedia di aplikasi.

"Selama 30 menit, konsumen dapat berkonsultasi dengan para dokter profesional seputar gaya hidup sehat, keluhan atau pertanyaan terkait kesehatan umum lainnya, dan mendapat resep dari dokter ketika diperlukan," kata Shirley dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin, 14 Maret 2022.

Ia menyebut fitur tersebut bermitra dengan puluhan rumah sakit yang menyediakan dokter profesional, meliputi dokter umum dan spesialis, di antaranya spesialis anak, bedah, gigi, kedokteran jiwa, kulit dan kelamin, kandungan, dan THT. Pihaknya masih akan memperluas kerja sama dengan berbagai fasilitas kesehatan terkait dan para dokter profesional.

"Kami berharap fitur Chat with Doctor bisa menambah rasa aman dan nyaman konsumen, sekaligus melengkapi pengalaman selama melakukan perjalanan," ucapnya. Ia menyatakan layanan Chat with Doctor akan tersedia sepanjang periode 11-24 Maret 2022.

Shirley menyebut, pelonggaran kebijakan pandemi oleh pemerintah, seperti tidak mewajibkan tes Covid-19 bagi masyarakat yang sudah divaksinasi lengkap dan booster sebagai syarat perjalanan domestik, memberi sinyal positif bagi kebangkitan pariwisata. Namun, ia mengingatkan pelonggaran itu bukan berarti semua lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Hal ini tidak boleh membuat kita lengah dan tidak menerapkan protokol kesehatan. Di sini, Traveloka senantiasa berperan aktif mendukung upaya pemerintah mengedepankan penerapan safe travel dan protokol kesehatan, sehingga masyarakat bisa tetap merasa nyaman dan aman dalam melakukan perjalanan," kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Asuransi Covid-19

Shirley menambahkan, Traveloka juga menyediakan asuransi Covid-19 gratis. Di dalamnya mencakup pertanggungan biaya medis hingga Rp1,5 juta jika terinfeksi COVID-19 dan perlu menjalani rawat inap di RS atau fasilitas medis lainnya; santunan uang tunai hingga Rp1,5 juta jika terinfeksi COVID-19 dan perlu menjalani rawat inap di RS; dan pertanggungan pembatalan perjalanan hingga Rp250 ribu jika didiagnosa positif COVID-19 hingga tujuh hari sebelum keberangkatan.

Traveloka juga akan membuka booth di area kedatangan Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, NTB, untuk membagikan 1.500 paket hygiene kit. Paket itu berisi masker, vitamin C, tisu basah, dan hand sanitizer.

"Komitmen penerapan safe travel merupakan salah satu bentuk dukungan Traveloka kepada pemerintah, baik pusat maupun daerah, agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam berwisata, sehingga mampu mempercepat pemulihan industri pariwisata," ujarnya. Shirley.

3 dari 5 halaman

Pemesanan Tiket Pesawat

Minat wisatawan domestik untuk menonton MotoGP Mandalika 2022 terbilang tinggi. Menparekraf Sandiaga Uno menyebut tiket hari ketiga yang merupakan hari balapan sudah ludes terjual. Indikasi lainnya adalah peningkatan jumlah pemesanan tiket pesawat.

"Data internal Traveloka menunjukkan adanya peningkatan jumlah pemesanan tiket pesawat hingga hampir dua kali lipat dalam satu bulan terakhir dengan tujuan Lombok, NTB, pada Maret 2022," kata Shirley.

Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky H. P. Manurung menekankan bahwa ajang tersebut merupakan peluang untuk mendongkrak kebangkitan industri pariwisata domestik yang berdampak pada pemulihan ekonomi nasional. Namun, momentum itu jangan sampai jadi euforia hingga melupakan disiplin protokol kesehatan.

"Penerapan protokol kesehatan dan safe travel menjadi semakin penting untuk dapat mempertahankan kondisi pandemi yang mulai pulih," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Logo Traveloka

Tahukah Anda mengapa logo Travelola menggunakan gambar burung? Ternyata logo itu terinspirasi dari burung Godwit yang mampu terbang sejauh ribuan kilometer tanpa berhenti sama sekali.

Hal ini dilakukan karena mereka suka berpetualang atau bermigrasi keliling dunia. Karakter ini sesuai dengan visi Traveloka untuk terus “terbang” jauh ke seluruh dunia sehingga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen dimanapun mereka berada.

5 dari 5 halaman

Sirkuit Mandalika Tuan Rumah MotoGP 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.