Sukses

Sambut Ramadan dengan Menu Buka Puasa Bertema Peranakan, Sup Bakwan Kepiting Jadi Andalan

Apa saja menu peranakan yang disiapkan The Hermitage Jakarta untuk buka puasa di bulan Ramadan nanti?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara untuk menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1443 H yang sebentar lagi akan tiba. Begitu pula dengan sejumlah hotel salah satunya The Hermitage, a Tribute Portfolio Hotel, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Hotel ini membuat tema khusus untuk menyambut bulan puasa dan lebaran Idul Fitri yaitu Peranakan. The Hermitage membuat paket khusus untuk berbuka puasa dengan menu Peranakan di 1928 Restaurant dan hampers dengan tema senada. 

Tahun ini, The Hermitage Jakarta merangkul salah satu tokoh gaya hidup dan fesyen berpengaruh di Indonesia, Ayla Dimitri. Sinergi ini untuk menciptakan hampers Lebaran yang cantik berhiaskan desain motif buatannya.

"Saya selalu dibuat kagum dengan sejarah kolonial The Hermitage Jakarta, keindahan desain art deco bangunannya, serta tawarannya yang memikat," ucap Ayla saat ditemui di The Hermitage, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Maret 2022. Untuk kolaborasi perdananya dengan The Hermitage, Ayla mengimplementasikan dua warna favoritnya, yaitu hijau zaitun dan kuning mustard.

"Motif yang saya desain merupakan simbol dari cita rasa personal saya serta perpaduannya dengan tema Peranakan yang diusung The Hermitage Jakarta," jelasnya. Bingkisan Lebaran ini tersedia dalam dua pilihan, yakni Regular dan Premium.

Paket Reguler terdiri atas empat stoples kue kering artisanal: Peanut, seharga Rp728 ribu, Butter, Double Chocolate, Nastar, dan Kaasstengels. Sementara paket Premium berisikan empat toples kue kering, mocktail spesial The Hermitage Jakarta, The RR Chocolate bar and spread, serta biji kopi Tanamera, seharga Rp1.928.000.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Punya Kesamaan

Sedangkan untuk menu buka puasa di 1928 Restaurant, akan menyajikan pilihan sajian Peranakan kreasi Executive Chef Ferdian Tobing beserta timnya. Adapun hidangan yang akan disajikan di antaranya Menara Takjil, Gulai Kepala Ikan, Ayam Belacan, Sup Bakwan Kepiting, Udang Sambal Belimbing, Sotong Masak Hitam, Puding Sagu Gula Melaka, aneka es Peranakan, danmasih banyak lainnya.

"Salah satu menu andalan kita Gulai Kepala Ikan Salmon. Menu ini kan belum banyak yang menyajikan, biasanya kan pakai ikan kakap. Kita juga sediakan nanti Gulai Kepala Ikan Kakap, tapi salmon ini kita yakin bakal banyak yang suka juga," terang Chef Ferdian.

Mereka memilih tema Peranakan karena ada banyak menu khas Indonesia punya kesamaan dengan sejumlah menu dari Malaysia dan Singapura. Bukan hanya makanan berat seperti laksa dan rendang, tapi juga aneka kue seperti ongol-ongol dan ketan srikaya. 

"Ada beberapa menu yang bakal kita sajikan setiap hari, salah satunya Gulai Kepapa Ikan Salmon. Menu-menu lainnya kita rotasi atau berganti riap minggu," sambungnya.

3 dari 5 halaman

Ikan Salmon

Menu lain yang jadi andalan dan bakal selalu disajikan tiap hari adalah Sup Bakwan Kepiting. Menurut Chef Fedian, menu ini adalah hasil kreasinya sendiri dan juga belum pernah dijumpainya di Indonesia.

"Jadi saya pernah kerja di Singapura dan teman saya kebanyakan orang Malaysia. Mereka suka banget makan Sup Bakwan Kepiting di salah satu restoran di sana. Saya penasaran dan lalu nyoba, ternyata rasanya enak. Ini unik banget karena sampai saya pulang lagi ke Indonesia kayak masih terasa gitu," ujar Chef Ferdian.

"Makanya pas coba buat sendiri dan mengira-ngira ini bahannya dari apa aja. Setelah tiga kali percobaan, saya sudah dapat rasanya yang pas dan hampir sama dengan Bakwan Kepiting yang pernah saya coba. Ini menunya memang spesial dan kepitingnya juga khusus dan lumayan mahal juga," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Nasi Pandan

Hal menarik lainnya, mereka juga akan menyajikan nasi berwarna hijau dan dinamakan nasi pandan. Nasi ini akan disajikan bersama nasi putih dan nasi kebuli selama bulan Ramadan.

Menurut Chef Ferdian, ia sering menyantap nasi pandan saat berkunjung ke rumah beberapa temannya di Singapura dan Malaysia. Nasi pandan ternyata cukup disukai di sana dibandingkan nasi putih dan nasi lemak. Selain itu, nasi pandan juga memiliki aroma dan rasa yang sedap.

Paket buka puasa dan makan malam ini tersedia dari 2 April--2 Mei 2022 dengan harga Rp428.000++ per orang termasuk es teh manis, kopi, dan teh. Anak-anak usia 6--12 tahun akan mendapatkan diskon sebesar 50 persen.

5 dari 5 halaman

Tradisi bersih-bersih sambut Ramadan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.