Sukses

Aksi Galang Donasi untuk UMKM Perempuan, Gaet Seniman hingga Brand Lokal

Kampanye Grab PercayaProjex turut menggandeng seniman dan brand lokal dalam upaya pengumpulan donasi yang ditujukan bagi para pelaku UMKM perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi Grab menggaungkan kampanye bertajuk "PercayaProjeX" sebagai langkah menggalang donasi bagi UMKM perempuan. Pihaknya turut menggaet seniman hingga brand lokal dalam menghadirkan produk-produk yang akan dijual.

Chief Communications Officer of Grab Indonesia Mayang Schreiber menyampaikan kampanye dengan tagar "Percaya" ini berangkat dari yang terjadi dua tahun terakhir kala pandemi Covid-19 melanda. Pihaknya melihat semangat orang Indonesia begitu terlihat di tengah kondisi yang tak mudah.

"Kita tidak pernah kenal kata menyerah. Melihat dari perjuangan orang Indonesia rata-rata kita menemukan satu kata menjadi kekuatan bangkit dalam situasi apapun, yaitu percaya, kita yakin maju terus," kata Mayang dalam konferensi pers virtual, Selasa, 15 Maret 2022.

Mayang melanjutkan program kolaborasi ini adalah upaya mereka untuk merayakan perjuangan perempuan para pelaku UMKM di Indonesia. Langkah ini juga menjadi wujud nyata pihaknya dalam membantu, menyemangati, dan mengapresiasi mereka yang tengah berjuang dapat bisa terus bertahan dan bergerak di masa pandemi.

Country Marketing Head of Grab Indonesia Melinda Savitri mengungkapkan bermulai dari semangat yang terus menyala, menginspirasi kolaborasi dengan para pelaku dari industri kreatif. Sinergi mereka akan melahirkan karya yang menginspirasi untuk pengumpulan donasi.

"Dari kolaborasi, hasil karya bersama pelaku industri kreatif bisa kita jual dan donasikan sepenuhnya kepada rekan-rekan pejuang, para perempuan pelaku UMKM Tanah Air," kata Melinda.

Melinda menambahkan, donasi akan disalurkan Grab melalui BenihBaik untuk diberikan kepada para pelaku UMKM perempuan yang tergabung dalam Womenpreneur Community. Grab akan mendonasikan hasil penjualan karya kreatif dan penggunaan kode promo khusus di layanan Grab sebesar Rp1 miliar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Danjyo Hiyoji

Grab menggaet brand lokal seperti Danjyo Hiyoji dan Gelang Harapan serta seniman visual Muklay. Co-Founder dan Director Danjyo Hiyoji, Dana Maulana menyampaikan koleksi kolaborasi ini bertajuk "Bind" yang terinspirasi dari ikatan yang harus terpencar karena pandemi.

"Looks-nya ada 12, warnanya lebih vibrant karena ingin kasih semangat. Kita enggak ingin warna-warna monokrom dan gelap karena ingin semangat dari warna ini juga bikin orang lebih percaya ke depannya akan lebih baik lagi," kata Dana.

Jenama lokal ini juga menggunakan teknik sulam longgar dan berjarak, berbeda dengan teknik sulam yang biasanya rapat satu sama lain. Hal tersebut merefleksikan kondisi masyarakat Indonesia kini yang harus menjaga jarak dan berinteraksi di tengah keterbatasan. Danjyo Hiyoji menghadirkan pieces seperti outer, t-shirt, celana dan aksesori topi dalam kolaborasi ini.

3 dari 5 halaman

Muklay dan Gelang Harapan

Seniman visual Muchlis Fachri atau yang akrabd sapa Muklay berbagi cerita di balik karyanya yang menghiasi armada-armada GrabCar di wilayah Jabodetabek. Ia menghadirkan 10 karakter dengan sembilan di antaranya adalah karakter orang dan satu tagline PercayaProjeX.

"Inspirasinya masih dari dua tahun terakhir ini. Kondisi pandemi yang berdampak pada khususnya orang-orang Indonesia dan bercerita soal caranya individu dengan latar belakang yang berbeda-beda untuk bertahan dan bersabar," kata Muklay.

Seniman visual bergaya pop Jakarta ini melanjutkan ia mengombinasikan semua ide dalam satu layout dan menggambarkan, masalah dapat diselesaikan bersama-sama. Sembilan karakter ini memiliki cerita yang berbeda dan pesan yang ingin diangkat adalah untuk membuat orang-orang lebih percaya dan semangat menjalani hari esok.

4 dari 5 halaman

April--Juli 2022

Sementara, Dalam kolaborasi PercayaProjeX Gelang Harapan merilis produk kolaborasi yang berciri khas dari Gelang Harapan, seperti Bintang, Matahari, Bumi, Bunga, dan Cinta. Aksesori gelang ini hadir hasil kepang dari kain jumputan berbagai warna sebagai produk ciri khasnya. Selain itu, ada pula produk lainnya seperti tumbler, tas, hingga matras yoga.

Produk-produk hasil kolaborasi PercayaProjeX dapat dibeli mulai April--Juli 2022 mendatang di GrabMart dan laman resmi kolaborator Danjyo Hiyoji dan Gelang Harapan. Donasi dari hasil penjualan ini akan disalurkan Grab ke BenihBaik untuk diteruskan kepada para pelaku UMKM perempuan, berupa peralatan usaha seperti mesin jahit atau perlengkapan memasak, modal usaha dan beragam pelatihan.

5 dari 5 halaman

Infografis Kasus Kekerasan terhadap Perempuan di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.