Resep Jus Jeruk Espresso yang Viral di TikTok, Berani Coba?

Oleh Asnida Riani pada 16 Mar 2022, 04:04 WIB
Diperbarui 16 Mar 2022, 04:04 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi kopi espresso. (dok. pexels/Beyza Efe)

Liputan6.com, Jakarta - Sedang ingin berekperimen dengan espresso yang mungkin sudah jadi minuman sehari-hari Anda? Kalau iya, Anda bisa mencampurnya dengan jus jeruk, setidaknya itu menurut sebuah resep viral di TikTok.

Di sebuah unggahan yang sudah dilihat lebih dari 1,6 juta kali, pengguna @bundaddy bersumpah bahwa espresso dan jus jeruk adalah kombinasi sempurna. "Saya belum pernah melihat satu orang pun yang menyukai espresso dan jus jeruk tidak menyukainya bersama-sama," katanya dalam klip tersebut. "Anda pikir Anda tidak akan (menyukainya), tapi Anda akan menyukainya."

Jika mencari kata kunci espresso dan jus jeruk di platform tersebut, Anda akan melihat bahwa ratusan orang telah mengikuti tren tersebut. Meski minuman ini telah jadi sangat populer dalam beberapa minggu terakhir, resep ini nyatanya bukan sama sekali baru.

Buzzfeed melaporkan, Selasa, 15 Maret 2022, akun Bon Appetit telah mengunggah resep variasi minuman ini beberapa tahun lalu, yang disebut "Spritzy Americano." Karena americano, mereka menambahkan Seltzer water dalam resep tersebut.

Namun demikian, sebenarnya tidak ada resep pasti yang dijabarkan. Setiap orang punya takaran masing-masing dalam menciptakan kreasi minuman ini. Dalam versi Buzzfeed, pihaknya pertama menuangkan 177 ml jus jeruk ke wadah berisi es batu secukupnya.

Kemudian, tambahkan 59 ml espresso. Secara visual, minuman ini terlihat menggoda. Pastikan aduk dulu sebelum dicicip. Lalu, bagaimana rasanya?

Publikasi itu menulis, "Cita rasa minumannya seimbang. Pahitnya espresso dan manisnya jus jeruk berpadu mulus. Anda masih bisa merasakan rasa jeruk yang tajam tanpa tambahan rasa terlalu manis."

Faktanya, ini bukan resep kreasi kopi pertama yang viral di media sosial. Sebelumnya, sudah ada beberapa resep kreasi minuman yang membuat warganet penasaran.

Melansir Hypebae, sejak video TikTok kopi dalgona viral pada Maret 2020, banyak resep lain muncul, mendorong banyak orang untuk mencobanya di rumah selama lockdown. Bagi yang belum tahu, dalgona coffee yang populer hanya memerlukan empat bahan utama yang mungkin sudah bisa ditemukan di dapur Anda.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kreasi Minuman Viral Lainnya

Dalgona Coffee
Perbesar
Ilustrasi Dalgona Coffee Credit: pexels.com/Mariana

Untuk membuat minumannya, Anda hanya perlu mengocok kopi instan, gula, dan air panas hingga tercampur rata. Lalu, tuangkan di atas susu pilihan Anda.

Jika merasa sedikit lebih berani, cobalah Reese’s Peanut Butter Cups Iced Coffee atau sereal susu latte. Keduanya cocok untuk dinikmati sebagai minuman akhir pekan di rumah.

Membuat Reese’s Peanut Butter Cups Iced Coffee, Anda memerlukan bahan-bahan:

1 cangkir kopi

5 Mini Reese's Peanut Butter Cups

1/2 cangkir susu

Whipped cream kocok (opsional)


Langkah Pembuatan:

Waktu Terbaik untuk Minum Kopi
Perbesar
Ilustrasi Kopi Credit: pexels.com/Rachel

1. Seduh satu cangkir kopi.

2. Dalam blender, tambahkan kopi dengan Mini Reese's Peanut Butter Cups. Blender sampai potongan cokelat hilang.

3. Tambahkan susu, dan blender selama satu menit.

4. Tuang campuran ke dalam segelas es dan tambahkan krim kocok dan potongan Reese's Peanut Butter Cups.


Sereal Susu Latte

Iced Tiramisu Latte
Perbesar
Ilustrasi Iced Latte Credit: pexels.com/Nathan

Bahan-bahan:

6 sdm sereal

1 cangkir susu

Sejumput garam

Espresso

 

Langkah Pembuatan:

1. Tambahkan sereal ke dalam French press atau mangkuk dan rendam dalam susu selama 20 menit.

2. Saring susu dan tuangkan ke dalam gelas dengan es.

3. Buat espresso dan tambahkan itu ke dalam susu sereal.


Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan
Perbesar
Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya