Sukses

Jejak Hidup William Hurt, Peraih Oscar yang Meninggal Dunia di Usia 71 Tahun

Sebelum William Hurt meninggal dunia, sepanjang hidup ia telah bermain dalam beragam judul film hingga berhasil menjadi peraih Oscar.

Liputan6.com, Jakarta - William Hurt meninggal dunia. Aktor peraih Oscar yang juga bintang Kiss of the Spider Woman dan Body Heat, meninggal dunia di usia 71 tahun pada Minggu, 13 Maret 2022.

Dilansir dari The Guardian, Senin (14/3/2022), Deadline melaporkan pengumuman William Hurt meninggal dunia dibagikan oleh putranya, Will. "Dengan sangat sedih, keluarga Hurt berduka atas meninggalnya William Hurt, ayah tercinta dan aktor pemenang Oscar, pada 13 Maret 2022, satu minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-72," bunyi pengumuman itu.

Dalam pengumuman itu disampaikan, "Dia meninggal dengan damai, di antara keluarga, karena sebab alami." Variety mengatakan bahwa seorang kerabat dekat mengonfirmasi berita tersebut.

Hurt memenangkan aktor terbaik Oscar pada 1986 untuk Kiss of the Spider Woman. Kala itu, ia memainkan peran seorang pria gay yang satu sel dengan seorang tahanan politik di Brasil.

Ia menerima nominasi Oscar untuk aktor terbaik untuk film Children of a Lesser God dan Broadcast News, dan untuk aktor pendukung terbaik dalam film A History of Violence. Lahir pada 1950, Hurt belajar teologi di perguruan tinggi, namun beralih ke akting dan mendaftar di sekolah Juilliard pada 1972.

Setelah serangkaian peran panggung, peraih Oscar ini bermain peran film besar pertamanya dalam film horor Altered States pada 1980. Setahun kemudian, Hurt bermain film thriller erotis Body Heat dan beradu akting dengan Kathleen Turner.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Body Heat

Ketenaran Body Heat turut melambungkan nama Hurt. Dia tampil dalam peran penting di drama komedi ensemble The Big Chill, dan film thriller mata-mata Gorky Park, dan kemudian berperan dalam Kiss of the Spider Woman oleh sutradara Héctor Babenco.

Hurt sukses dengan peran sensasional ketika ia memainkan teman satu sel drag-queen revolusioner kiri Raul Julia. Lewat peran itu, ia memenangkan penghargaan aktor terbaik di Cannes serta aktor terbaik Oscar.

Pada 1986, Hurt berperan sebagai guru di Children of a Lesser God dan beradu akting dengan Marlee Matlin yang kemudian menjadi pemenang tuli pertama dari kategori akting di Oscar. Pada 1988. Hurt masuk tiga nominasi Oscar berturut-turut, untuk perannya sebagai reporter TV di Broadcast News.

3 dari 5 halaman

Marvel

Di era 90-an, ia bermain dalam film arahan Wim Wenders bertajuk Until the End of the World, A Couch in New York, dan One True Thing yang disutradarai oleh Carl Franklin. Pada 2005, Hurt mendapat kesuksesan yang tak terduga dengan peran yang tidak biasa.

Saat itu, ia berperan sebagai bos kejahatan Richie Cusack dalam A History of Violence karya David Cronenberg. Lewat aktingnya, Hurt masuk nominasi Oscar lainnya, untuk aktor pendukung terbaik.

Tiga tahun kemudian, Hurt membuat kejutan yang lebih tak terduga ke dalam Marvel Cinematic Universe. Ia memerankan Jenderal Thaddeus "Thunderbolt" Ross, peran yang dia ulangi di Captain America: Civil War, Avengers: Infinity War and Endgame, dan Black Widow.

 

4 dari 5 halaman

Dugaan Pelecehan

Pada 2009, Marlee Matlin menerbitkan sebuah memoar dan menggambarkan pelecehan fisik dan emosional oleh Hurt selama hubungan mereka. Hurt berkata, "Saya melakukannya dan meminta maaf atas rasa sakit yang saya sebabkan."

Hurt menikah dua kali, dengan Mary Beth Hurt dari 1971 hingga 1982 dan Heidi Henderson dari 1989 hingga 1992. Ia juga memiliki hubungan yang mencolok dengan Matlin, Sandra Jennings, dan Sandrine Bonnaire.

5 dari 5 halaman

Infografis Film Bertema Masa Depan Bumi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.