Sukses

Barack Obama Positif Covid-19, Bersyukur Sudah Divaksin dan Booster

Barack Obama mengaku tenggorokannya gatal sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Barack Obama dinyatakan positif Covid-19. Mantan presiden Amerika Serikat itu mengumumkan kondisi kesehatannya dalam pernyataan yang dibagikan lewat Facebook dan Twitter pada Minggu sore, 13 Maret 2022.

"Aku baru saja dinyatakan positif Covid-19. Tenggorokanku gatal beberapa hari ini, tapi selain itu, aku merasa baik-baik saja," ia menuliskan, dikutip dari People, Senin (14/3/2022).

Ia dites bersama dengan Michelle. Namun, istrinya mendapatkan hasil negatif.

Ia mengatakan bersyukur ia dan Michele sudah divaksinasi lengkap dan disuntik booster sebelum terinfeksi Covid-19. "Ini jadi pengingat yang baik, bahwa meski kasus turun, Anda semestinya divaksinasi dan disuntik booster bila belum untuk mencegah mengalami gejala yang lebih serius dan menularkan Covid kepada yang lain," imbau Obama.

Obama cukup vokal menyuarakan pentingnya vaksinasi sejak vaksin Covid-19 itu tersedia untuk publik sejak tahun lalu. Ia diketahui pertama divaksinasi pada Maret 2021.

Ia juga giat mengunjungi lokasi vaksinasi dan berpartisipasi dalam edukasi pubblik tentang pentingnya vaksin Covid-19 dengan seluruh mantan presiden AS yang masih hidup untuk mendorong warga Amerika divaksinasi. Hanya Donald Trump yang tidak terlibat.

"Vaksin ini berarti harapan," kata Barack dalam pidatonya yang dirilis pada awal Maret 2021.  "Ini akan melindungimu dan mereka yang kamu cintai dan penyakit yang berbahaya dan mematikan ini."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Karantina di Rumah

Pada Maret tahun lalu, Michele sempat mengungkapkan cara ia dan suaminya menjalani karantina di rumah bersama kedua putri mereka, Sasha dan Malia, selama pandemi Covid-19. Ia mengaku mereka membagi waktu antara tempat tinggal mereka di Washington DC dan Kebun Anggur Martha di Massachusetts.

"Putri-putri kami semestinya meninggalkan rumah kami," kata Michelle saat itu.

"Saya sebenarnya seakan merayakan waktu mereka membangun hidup mereka sendiri dan membiarkanku memiliki ruang emosional untuk membiarkan mereka pergi. Tapi, mereka kembali!"

 

 

3 dari 5 halaman

Bersenang-Senang

Meski begitu, reuni keluarga di tengah pandemi itu rupanya berjalan lebih baik dari yang disangka. "Waktu ini seakan mengizinkan kami untuk mendapatkan momen bersama kembali dengan anak-anak kami," ujar Michelle.

"Saat-saat yang diciptakan kembali itu sangat berarti bagi kami dan saya pikir mereka telah membuat hubungan kami dengan anak-anak kami menjadi lebih kuat."

4 dari 5 halaman

Keluar Makan

Sebelum hasil tes Covid-19 keluar, Michelle sempat menghabiskan waktu bersama dengan kedua putrinya, Malia dan Sasha. Mereka makan di sebuah restoran populer, Mother Wolf, pada 11 Maret 2022, di Los Angeles.

Michelle, Malia, dan Sasha dikelilingi oleh petugas Paspampres. Mereka keluar restoran itu dari pintu belakang.

5 dari 5 halaman

6 Cara Efektif Tekan Potensi Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.