Sukses

Mulai 1 April 2022, Turis Asing ke Korea Selatan yang Sudah Divaksin Bebas Karantina

Turis asing yang dibebaskan dari aturan karantina di Korea Selatan jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai syarat dan kriteria vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah negara sudah mulai melonggarkan aturan bagi pelaku perjalanan luar negeri atau wisatawan mancaegara (wisman). Salah satunya adalah Korea Selatan.

Turis asing yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap sudah bisa berkunjung ke Korea tanpa karantina, mulai 1 April 2022. Wisman yang dibebaskan dari aturan karantina tujuh hari ini jika sudah mendapatkan vaksinasi lengkap sesuai syarat dan kriteria vaksin WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia.

Dilansi dari laman Korea Tourism Organization, 11 Maret 2020, ketentuannya adalah wisatawan sudah menerima dosis ketiga (booster) atau menerima dua dosis vaksin Covid-19 (khusus vaksin Janssen boleh satu dosis), setidaknya dalam waktu 14-180 hari terakhir. Bila waktu vaksin kedua sudah melewati 180 hari, maka wisatawan harus melakukan vaksin booster untuk bisa memasuki Korea Selatan.

Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan mengumumkan bahwa pada 1 April 2022, wisatawan asing bisa bebas dari karantina meski sertifikat vaksinasi negara mereka belum terdaftar untuk status vaksinasi di Korea Selatan. Sedangkan menurut KBS World, jika sertifikat vaksin turis asing tersebut telah terdaftar di Korea Selatan, maka mereka diperbolehkan masuk tanpa karantina mulai 21 Maret 2022.

Namun, kebijakan ini tidak berlaku untuk wisman yang berasal dari Pakistan, Uzbekistan, Ukraina, dan Myanmar. Meski sudah divaksin lengkap, mereka tetap harus menjalani karantina selama tujuh hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tes Covid-19

Para wisman harus memasukkan catatan vaksin mereka ke Q-CODE sebelum tiba di Korea Selatan. Mereka juga harus memindai kode QR yang disediakan saat imigrasi. Q-CODE akan digunakan untuk memeriksa informasi pribadi (nomor paspor), informasi masuk (negara keberangkatan, maskapai penerbangan, alamat di Korea, nomor telepon), dan catatan vaksinasi.

Meski bebas vaksin, Pemerintah Korea Selatan tetap akan mewajibkan tiga kali tes Covid-19 bagi turis asing. Ketiga tes tersebut dilakukan saat sebelum keberangkatan, saat kedatangan di Korea Selatan, dan pada hari ke-6 atau ke-7.  

3 dari 5 halaman

Konser Musik

Dua tes yang pertama menggunakan PCR, sedangkan yang terakhir berubah menjadi tes antigen. Selain untuk wisman, kelonggaran lainnya yang sudah diterapkan di Korea Selatan adalah penyelenggaraan konser musik sudah kembali diizinkan.

Salah satunya adalah konser BTS. Dengan konser bertajuk 'BTS Permission to Dance On Stage Seoul', konser yang digelar pada 10 Maret 2022 ini merupakan konser luring skala besar pertama mereka di negeri sendiri selama dua tahun terakhir. Bangtan Boys diketahui terakhir kali menggelar konser di Seoul pada Oktober 2019.

4 dari 5 halaman

Protokol Kesehatan

Dikutip dari New York Times, 11 Maret 2022, dalam konser yang digelar di Olympic Stadium, Seoul, itu, ada sejumlah protokol kesehatan yang tetap wajib diterapkan. Salah satunya, penonton tidak boleh bersorak, berteriak, maupun bernyanyi selama acara berlangsung. Karena itu, panitia menerjunkan 750 petugas keamanan untuk memastikan seluruh protokol kesehatan dipatuhi para penonton.

Meski begitu, para ARMY sepertinya tak keberatan. Mereka sudah menunggu lama kehadiran idol mereka di kampung halaman mereka sendiri.

Para penonton juga dicek suhu sebelum memasuki stadion. Disediakan pula alat tes antigen untuk mereka yang kedapatan suhu tubuhnya tinggi. Panitia mengatur jalur masuk khusus untuk para penonton yang didasarkan pada pembagian waktu.

Tujuannya, agar mereka tidak akan masuk berbarengan dalam satu waktu. Para penonton juga diwajibkan tetap memakai masker, kecuali saat hendak minum. Kapasitas stadion yang maksimal bisa diisi 70 ribu orang, dibatasi hanya 15 ribu orang saja.

5 dari 5 halaman

Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.