Sukses

2 Tempat di Bali Masuk Daftar 10 Tempat Melihat Sunset Terbaik di Dunia

2 Tempat di Bali Masuk Daftar 10 Tempat Melihat Sunset Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Matahari terbenam atau sunset dengan semburat jingga di langit barat memang selalu menyuguhkan pemandangan yang indah. Bali termasuk daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya, termasuk untuk menikmati sunset.

Bukan hanya di Indonesia, pemandangan sunset di Bali bahkan termasuk yang terindah di dunia. Ada dua tempat di Bali yang masuk daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunset, yaitu Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Uluwatu.

Daftar tersebut disusun oleh situs web asal Inggris yang berisi informasi seputar tidur, Mornings.co.uk, pada 24 Februari 2022. Mereka memakai data ulasan pengguna TripAdvisor yang dikumpulkan pada November 2021.

Bertempat di Kabupaten Tabanan, Pura Luhur Tanah Lot ada di peringkat kelima karena disebut (mentions) sebanyak 3.265 kali oleh pengguna. Tempat ini dinilai wajib dikunjungi oleh para pemburu sunset.

Di peringkat keenam, ada Pura Luhur Uluwatu yang berlokasi di Kabupaten Badung dengan 2.813 mentions. Wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam dari tebing setinggi sekitar 70 meter yang menghadap ke arah Samudera Hindia.

Lalu, di mana tempat terbaik di dunia untuk menikmati sunset yang berada di peringkat pertama? Menurut situs web tersebut, Mallory Square di Amerika Serikat (AS) menduduki posisi pertama.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perayaan Matahari Terbenam

Alasan utamanya, karena tempat di Key West, Florida tersebut memiliki Sunset Celebration atau Perayaan Matahari Terbenam.  Perayaan tersebut mencakup aneka pameran seni dan penjual makanan, serta berhasil menarik ratusan wisatawan.

Urutan kedua ditempati gedung yang sangat ikonik dan dikenal di seluruh dunia yaitu Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Berikut daftar 10 tempat terbaik di dunia untuk melihat sunset:

1. Mallory Square, AS.

2. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab (UEA).

3. Top of the Rock, AS.

4. Piazzale Michelangelo, Italia.

5. Pura Luhur Tanah Lot, Indonesia.

6. Pura Luhur Uluwatu, Indonesia.

7. Pantai Mindil, Australia.

8. Angkor Wat, Kamboja.

9. Empire State Building, AS.

10. Menara Eiffel, Perancis.

 

3 dari 5 halaman

Sunset Terbaik 2021

Di tahun lalu Use Bounce, sebuah agen perjalanan yang berbasis di AS juga mengungkap daftar destinasi wisata dengan pemandangan sunset terindah di dunia tahun 2021. Dalam menyusun daftar tersebut, tim mereka melakukan beberapa metodologi dan menentukan penilaian berdasarkan sunset score.

Untuk menentukan sunset score, pihaknya mengumpulkan sejumlah artikel yang merekomendasikan destinasi wisata tersebut, jumlah unggahan destinasi wisata dengan tagar "sunset" atau "sunrise" per 16 Juni 2021 di Instagram.  Mereka juga mengukur keindahan sunset dari tingkat kecerahannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Light Pollution Map.

Hasilnya, urutan pertama sunset terbaik dunia tahun 2021 diraih Santorini di Yunani. Dalam penilaian, Santorini memiliki 12 artikel dan 108.109 postingan tentang sunset.

Skor yang diperoleh adalah 8,29 dari 10. Keindahan Santorini memang sudah banyak diakui.Bangunan putih dengan atap biru di perbukitan yang khas membuat paduan indah dengan latar pemandangan yang memukau.

Yang menarik dan membanggakan, Bali berhasil masuk ke dalam daftar sunset terindah di dunia.  Bali berada di peringkat kedua dengan 5 artikel dan 174.966 postingan tentang sunset.

4 dari 5 halaman

Bal dan Santorini

Skor yang diperoleh adalah 7,13 dari 10. Di Bali, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dengan minuman atau makan di salah satu bar pinggir laut dan restoran saat matahari terbenam di balik laut.

Bali berhasil mengalahkan sejumlah destinasi wisata populer dunia lainnya, seperti Hawaii yang berada di peringkat ketiga, dan Maldives yang menempati peringkat kedelapan.

Berikut daftar 10 destinasi dengan pemandangan sunset terbaik dunia versi Use Bounce:

1. Santorini-Yunani

2. Bali-Indonesia

3. Hawaii-AS

4. Rio de Janeiro-Brasil

5. Grand Canyon National Park-Amerika Serikat (AS)

6. Angkor Wat-Kamboja

7. Key West-Florida, AS

8. Maldives-Maldives

9. Haleakala-AS

10. Uluru-Australia.

5 dari 5 halaman

Bali Siap Sambut Kedatangan Kembali Wisatawan Mancanegara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.