Sukses

Viral Fotografer Ukraina Bagikan Cerita Hidup di Bungker Selama Invasi Rusia

Seorang fotografer Ukraina menjadi viral di media sosial setelah mengunggah sederet video kehidupan di bungker di tengah invasi Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang fotografer Ukraina tengah jadi sorotan di jagat maya. Perempuan bernama Valeria Shashenok itu mengabadikan kehidupan sehari-harinya di bungker melalui TikTok di tengah invasi Rusia.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (10/3/2022), Valeria mengunggah momen saat memasak pasta hingga jalan-jalan setiap hari untuk melihat kotanya yang hancur akibat serangan Rusia. Ia mengumpulkan lebih dari 60 juta views di aplikasi tersebut.

Perempuan berusia 20 tahun ini bercerita hidupnya di bawah tanah setelah rumahnya dibom oleh pasukan Rusia. Ia dan keluarganya tinggal di Chernihiv, tempat yang setidaknya ada 33 warga sipil tewas.

Valeria mengunggah potret bangunan yang berubah menjadi puing-puing. Ia juga berbagi video dari kehidupan barunya, termasuk rmemasak dengan makanan kaleng dan barang kering.

Ia mencoba untuk tetap semangat dan bercanda 'membayangkan dirinya berada di Italia' setelah memasak pasta. Valeria menggambarkan tempat penampungan bawah tanahnya sebagai 'hotel bintang lima' dan ibunya sebagai 'koki berbintang Michelin'.

Dalam satu video, Valeria merekam dirinya dibangunkan oleh ayahnya yang bercanda bahwa dia memanggilnya 'babi gemuk'. Video lainnya, perempuan Ukraina ini mengatakan bahwa anjingnya 'tidak mengerti mengapa mereka sekarang tinggal di bawah tanah'.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Canda Valeria

Valeria juga bercanda bak besi berdiri bebas adalah 'jacuzzi untuk gadis-gadis seksi' dan mengatakan bahwa dia berpura-pura meninju Putin ketika memukul karung tinju. Valeria juga merekam perjalanan ke luar bungker, termasuk ke supermarket yang sebagian besar raknya kosong.

Rekaman yang memilukan turut menunjukkan banyak bangunan di kota itu berubah menjadi puing-puing, termasuk bioskop lokal dan banyak rumah. Satu video menunjukkan sebuah bangunan tanpa jendela yang tersisa.

"Hari ini, Putin menghancurkan rumah saya dengan roket saat saya berada di tempat perlindungan bom," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Kota Hancur

Valeria menuliskan, "Gambar yang saya ambil saat hidup terasa tidak nyata dengan video yang menunjukkan pecahan kaca berserakan menutupi trotoar jalan, dan warga berbaris di luar toko."

"Saya membuat konten di TikTok karena saya ingin semua orang tahu, ini bukan masalah Ukraina, dalam masalah dunia," katanya kepada BBC. "Saya memiliki tempat perlindungan bom yang normal, itu seperti sebuah rumah kecil di bawah tanah, saya tinggal bersama orangtua dan anjing kecil saya."

4 dari 5 halaman

Pesan untuk Putin

Dalam klipnya yang paling banyak dilihat, yakni dengan lebih dari 25 juta views, Valeria merekam satu hari dalam hidupnya di bungkernya. Ia menggunakan pengering rambut, menunjukkan ibunya memasak, dan mengatakan ayahnya telah mengubah bungker mereka menjadi kantor.

Valeria juga pergi ke rumah keluarganya untuk mendapatkan lebih banyak barang sembari menunjukkan rekaman gedung-gedung yang dibom. "Lihat apa yang dilakukan Putin dengan kota saya," jelasnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Reaksi Global terhadap Serbuan Rusia ke Ukraina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.