Sukses

Kate Middleton Tunjukkan Dukungan pada Ukraina Lewat Pin dan Sweater Seharga Rp10,5 Juta

Kate Middleton dan Pangeran William sebelumnya mendukung perjuangan rakyat Ukraina melawan invasi Rusia lewat cuitan di Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Kate Middleton dan Pangeran William kembali menunjukkan dukungan atas perjuangan Ukraina melawan invasi Rusia. Pasangan kerajaan Inggris itu terlihat di publik menggunakan busana serba biru.

Kate memilih menggunakan sweater kasmir dari Alexander McQueen seharga 740 dolar AS atau sekitar Rp10,5 juta. Warna birunya serupa dengan biru pada bendera Ukraina.

Sweater itu pernah dikenakan Kate sebelumnya saat ia mengunjungi Wales pada 1 Maret. Ia memadankannya dengan celana pipa lebar dari Jigsaw dan anting hoops. Ia juga menyematkan pin bendera Ukraina dengan gambar hati di tengah saat mengunjungi Pusat Kebudayaan Ukraina di London.

Suaminya, Pangeran William juga menyematkan pin yang sama di blazer biru lautnya. Bapak tiga anak itu memadankannya dengan kemeja dan sweater warna gradasi biru.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (10/3/2022), Kate dan Pangeran William datang mengunjungi tempat itu sambil membawa kudapan spesial untuk para sukarelawan. Ia membawa brownis dan granola bar untuk mereka.

Calon raja dan permaisuri Inggris juga membantu mengepak donasi yang akan didistribusikan bagi warga Ukraina. Mereka juga sempat berbincang dengan sukarelawan tentang kegiatan yang mereka lakukan di tempat itu, sembari mempelajari bagaimana warga Inggris bisa membantu warga Ukraina, baik yang tinggal di Eropa maupun Inggris Raya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pernyataan Politik

Invasi Rusia ke Ukraina mendorong Kate Middleton dan Pangeran William membuat pernyataan politik, tindakan yang sangat jarang dilakukan keduanya selama bertugas sebagai anggota kerajaan senior. Mereka mencuitkan soal kenangan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada 2020.  

Kate Middleton dan William mengatakan mereka berpihak kepada masyarakat Ukraina yang "dengan berani melawan" invasi Rusia.

"Pada Oktober 2022 kami mendapat kehormatan bertemu Presiden Zelenskiy dan Ibu Negara untuk mengetahui harapan dan optimisme bagi masa depan Ukraina," tulis Pangeran William dan Kate di akun Twitter mereka, @KensingtonRoyal pada Sabtu, 26 Februari 2022.

"Hari ini kami berdiri bersama Presiden dan seluruh masyarakat Ukraina yang sedang berjuang dengan berani demi masa depan itu," sambung pernyataan tersebut.

 
3 dari 5 halaman

Netral

Keluarga kerajaan Inggris biasanya tidak berkomentar soal isu politik besar. Alasannya, mereka berpegang pada norma konstitusional bahwa mereka harus tetap netral.

Meski begitu, kejadian yang dialami Ukraina sepertinya menjadi pengecualian kekecualian. Sebelumnya, adik William, Pangeran Harry dan Meghan Markle yang sudah mundur dari tugasnya di Kerajaan Inggris, telah lebih dulu mengeluarkan pernyataan.

4 dari 5 halaman

Pernyataan Meghan dan Harry

Mereka juga memihak masyarakat Ukraina "menentang pelanggaran hukum internasional dan kemanusiaan ini". Pasangan ini menyampaikan pernyataan melalui situs resmi mereka, Archewell.

"Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Sussex dan kita semua di Archewell berdiri bersama rakyat Ukraina melawan pelanggaran hukum internasional dan kemanusiaan ini dan mendorong komunitas global dan para pemimpinnya untuk melakukan hal yang sama," bunyi pernyataan yang dirilis pada Kamis, 24 Februari 2022, dilansir People, Jumat, 25 Februari 2022.

 
5 dari 5 halaman

Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.