Sukses

Cara Atasi Kulit Kusam, Kenali Penyebab dan Jeli Pilih Skincare

Memilih kandungan skincare yang tepat bisa jadi salah satu cara mengatasi kulit kusam.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kusam menjadi salah satu problematika yang kerap dihadapi banyak orang, termasuk di Indonesia. Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arini Widodo, SpKK menyebut penyebab kulit kusam pada setiap orang dapat berbeda-beda.

"Bisa saja disebabkan penumpukan kulit mati, masalah pigmentasi, karena kulitnya kering dan dehidrasi kadang-kadang kulit terasa bersisik, badan lagi enggak fit mukanya kurang cerah dan fresh," kata dr. Arini dalam peluncuran virtual Skin Soul Face Care "Glass Skin Series," Rabu, 9 Maret 2022.

Maka itu, dikatakan dr. Arini, merawat kulit kusam bisa dilakukan dengan cara dipersonalisasi berdasarkan penyebab kusamnya. Salah satunya dengan mencocokkan kandungan produk skincare dengan penyebab kulit kusam.

"Misalnya kusam gara-gara kering dan dehidrasi, kita bisa menggunakan kandungan (produk) yang melembapkan kulit, misalnya snail, Hyaluronic acid, shea butter, Aloe vera, dan lain-lain," tambahnya.

Untuk kulit kusam akibat pigmentasi, dapat menggunakan skincare berkandungan Licorice, Niacinamide, dan Retinol. dr. Arini menambahkan, wajah kusam karena penumpukan kulit mati dapat diatasi dengan eksfoliasi, baik physical maupun chemical.

"Kalau kulitnya sensitif, akan lebih baik menggunakan eksfoliasi secara chemical dan harus hati-hati, misalnya agent eksfoliasi itu seperti Salicylic acid, bisa juga bantu menggunakan Retinol yang sifatnya mempercepat regenerasi kulit," terangnya.

dr. Arini juga menjelaskan, "Penuaan juga kadang-kadang membuat kulit jadi kusam. (Mengatasi) penuaan (kulit) bisa menggunakan agent anti-aging, seperti snail, Retinol, Hyaluronic acid, dan lain-lain," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Urutan Skincare

Selain mengenali penyebab kulit kusam dan mengetahui kandungan skincare sesuai kebutuhan, penting pula untuk tetap merawat kebersihan kulit wajah. dr. Arini mengungkap, urutan skincare routine pada setiap orang bisa berbeda karena menyesuaikan kebutuhan.

"Akan tetapi, ada tiga yang wajib. Pertama, kita harus membersihkan kulit dengan baik, kedua, memastikan kulit kita lembap, dan ketiga, memproteksi kulit kita," katanya.

dr. Arini menerangkan, "Itu bisa dicapai dengan cara, pertama, membersihkan dengan baik tergantung apa yang kita gunakan. Misalnya menggunakan makeup tebal, metode double cleansing akan lebih direkomendasikan."

Pada intinya, harus membersihkan sampai benar-benar bersih. Ia juga menyarankan menggunakan pembersih yang tidak mengiritasi kulit dan membuat kulit terlalu kering.

"Kita juga bisa membantu melembapkan kulit. Sebenarnya pelembap ada macam-macam, ada yang menarik air ke dalam kulit misalnya jenis Humektan, seperti Hyaluronic acid," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Diakhiri Proteksi

Ada pula yang dapat yang menghambat agar air menguap dari kulit, yakni pelembap Occlusives seperti rosemary oil. Ketiga, pelembap yang bekerja dengan cara masuk ke dalam sela-sela kulit, misalnya Emolien seperti shea butter dan Ceramide.

"Pemilihan pelembap ini harus kita cocokkan dengan jenis kulit dan permasalahan pada kulitnya," tambahnya.

Langkah terakhir adalah proteksi dengan memakai sunscreen. "Apapun skincare yang kita pakai untuk di pagi atau siang hari, diakhir dengan sunscreen karena dapat memproteksi skincare dari degradasi dan proteksi dari efek buruk sinar matahari," jelas dr. Arini.

"Toner, serum dan lain-lain gunakan berdasarkan konsistensinya. Biasanya dari yang paling ringan atau water-based sampai oil-based. Esens, toner duluan, lalu serum, baru lotion, cream, terakhir yang oil-based," kata dr. Arini.

4 dari 5 halaman

Glass Skin Series

Melihat adanya kebutuhan di Indonesia, merek skincare Skin Soul by Amanda Manopo memperkenalkan rangkaian produk perawatan wajah terbaru, Glass Skin Series. Adapun seri ini hadir dengan empat produk, yakni facial wash, face toner, day cream, dan night cream.

"Setelahresearch internal dengan tim R&D kita, ternyata kondisi kulit masyarakat Indonesia memang lebih banyak kusam. Kita harus menciptakan salah satu produk yang bisa mememuhi keinginan pasar kita," kata Angelica Manopo, Chief Marketing Officer Skin Soul.

Angel menyebut ada beragam bahan yang terkandung dalam seri skincare ini. "Ingredients kita dari snail filtrate, masih menjadi kandungan utama yang sampai sekarang kita unggulkan dari Skin Soul," ungkapnya.

"Kandungan lainnya: Hyaluronic acid dan snail filtrate yang terkandung dalam setiap rangkaian produk face care kita," tambah Angel.

Ia juga menjelaskan makna di balik penamaan seri terbaru tersebut. "Glass Skin Series karena setiap produk kita yang memang kita utamakan itu dari snail, Hyaluronic acid itu yang bisa membuat kulit terlihat lebih sehat, lembap, dan lebih cerah," terangnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.