Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Turis dari 23 Negara Berhak Dapat Visa on Arrival Saat Berwisata ke Bali, Simak Daftarnya

Top 3 Berita Hari Ini, Visa on Arrival Saat Berwisata ke Bali, Desa Wisata Muara Jambi dan hotel di Labuan Bajo disebut nahal.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang kebijakan visa on arrival atau VOA akhirnya kembali diberlakukan. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menerbitkan aturan pembukaan visa kunjungan saat kedatangan khusus wisata itu bagi turis dari 23 negara.

Aturan ini mulai berlaku Senin (7/3/2022) dan hanya diterapkan bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Bali, Visa on arrival khusus wisata hanya bisa diperoleh turis asing yang memasuki wilayah Indonesia melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara I Gusti Ngurah, Bali.

Namun, pemegang visa tersebut tetap bisa keluar Indonesia dari pintu selain Bali. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang Desa Wisata Muara Jambi. Desa ini terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Desa wisata ini lokasinya berdampingan dengan Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional Muara Jambi. Ada beragam daya tarik di desa wisata ini, sebut saja Candi Muara Jambi, Kanal Kuno, Sungai Batanghari, hingga rumah panggung masyarakat melayu.

Ada pula sederet kesenian, mulai dari pencak silat, rebana siam, Hadrah, Tari Topeng, hingga Tari Bayangan. Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang harga hotel di Labuan Bajo, NTT yang disebut mahal. Isu tersebut berkembang setelah wisatawan membandingkan kondisi kamar hotel di Bali yang cenderung turun harga, sedangkan di Labuan Bajo cenderung tetap bahkan lebih mahal.

Menurut Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, perbedaan harga hotel itu disebabkan adanya perbedaan standar biasa operasional antar-wilayah.

Ia mengakui bahwa biaya operasional hotel di Labuan Bajo lebih tinggi karena masih banyak produk atau material pendukung yang diambil atau harus didatangkan dari daerah lain. Ketiga bahasan itu terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

Turis dari 23 Negara Berhak Dapat Visa on Arrival Saat Berwisata ke Bali, Simak Daftarnya

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Visa on arrival akhirnya kembali diberlakukan. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menerbitkan aturan pembukaan visa kunjungan saat kedatangan khusus wisata itu bagi turis dari 23 negara.

"Aturan ini mulai berlaku Senin (7/3) dan hanya diterapkan bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Bali," kata Subkoordinator Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham Achmad Nur Saleh melalui keterangan tertulis, dilansir Antara, Minggu, 6 Maret 2022.

Selengkapnya…

Menyusuri Keindahan Desa Wisata Muara Jambi

Desa Wisata Muara Jambi menjadi salah sati destinasi wisata yang dapat jadi pilihan berlibur selanjutnya. Desa ini terletak di Kecamatan Maro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Dikutip dari Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Minggu, 6 Maret 2022, desa wisata ini diresmikan oleh Gubernur Jambi pada 2017 lalu. Desa Wisata Muara Jambi berdampingan dengan Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional Muara Jambi.

Selengkapnya…

Harga Kamar Hotel di Labuan Bajo Disebut Mahal, Begini Respons Badan Otorita Labuan Bajo

Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) bereaksi atas isu yang berkembang terkait harga kamar hotel yang mahal di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Isu tersebut berkembang setelah wisatawan membandingkan kondisi kamar hotel di Bali yang cenderung turun harga, sedangkan di Labuan Bajo cenderung tetap bahkan lebih mahal.

Menurut Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, perbedaan harga hotel itu disebabkan adanya perbedaan standar biasa operasional antar-wilayah. Ia mengakui bahwa biaya operasional hotel di Labuan Bajo lebih tinggi karena masih banyak produk atau material pendukung yang diambil atau harus didatangkan dari daerah lain.

Selengkapnya…

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.