Sukses

Pelatihan Seni Teater Bareng Artis Profesional Broadway, Gratis dan Digelar Virtual

Pelatihan gratis bersama artis profesional Broadway ini akan berlangsung 23 Maret--29 Juni 2022

Liputan6.com, Jakarta - Masa pandemi Covid-19 tak menghalangi digelarnya ragam program pelatihan, termasuk dalam seni pertunjukan. Salah satunya ditandai dengan kehadiran Triple Threat Academy, sebuah pelatihan virtual seni teater yang dapat diikuti peserta secara gratis.

Gelaran virtual ini adalah kolaborasi antara Jakarta Performing Arts Community (JPAC) dengan U.S. Embassy Jakarta dan Arts Envoy. Menariknya, para peserta akan dimentori langsung oleh artis profesional Broadway.

"Selama tiga bulan ke depan Triple Threat Academy akan menyediakan program peningkatan kapasitas online yang intensif untuk seniman pertunjukan Indonesia," kata Mary Trechock selaku Assistant Cultural Attache U.S. Embassy Jakarta dalam konferensi pers daring, Senin (7/3/2022).

Mary melanjutkan, pelatihan ini akan menciptakan ruang bagi seniman Broadway AS profesional untuk membimbing peserta. Nantinya akan ada tiga elemen utama dalam Triple Threat Academy, yakni Artistry, Advocacy, dan Entrepreneurship.

"Program ini akan memberdayakan seniman lokal untuk menggunakan seni yang mereka miliki untuk mengatasi masalah sosial, bermanfaat bagi masyarakat dan untuk memberdayakan diri mereka sendiri," tambahnya.

Sementara ketiga artis profesional Broadway yang akan menyampaikan materi adalah Carla Canales selaku fasilitator utama, Andrea Burns, dan Gabi Stapula yang berasal dari Amerika Serikat. Pelatihan ini akan berlangsung mulai 23 Maret--29 Juni 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Program

Program Artistry (kesenian peran) akan berfokus pada mengembangkan kemampuan bernyanyi, bermain peran, dan menari para peserta. Berlanjut ke program Advocacy (aktivisme seni), peserta akan belajar menulis cerita dan lagu yang terinspirasi oleh perjuangan dan kepemimpinan figur perempuan Indonesia demi mendorong pesan mereka.

Terakhir, program Entrepreneurship (kewirausahaan), yang akan menyuguhkan pelatihan kewirausahaan bagi seniman guna transformasi ilmu kesenian mereka jadi usaha mandiri. Artis profesional Broadway sekaligus fasilitator utama Triple Threat Academy Carla Canales menyebut program ini terbuka untuk semua orang.

"Pendaftaran program ini terbuka untuk semua orang, apalagi jika mereka benar-benar nyaman bernyanyi, juga lebih menginginkan bagian advokasi atau bagian entrepreneurship, bisa diikuti secara terpisah," kata Carla.

3 dari 5 halaman

Untuk Siapa Saja

Carla melanjutkan tentunya peserta dapat mengikuti ketiga program sekaligus jika mereka bersedia. Pihaknya dengan tangan terbuka untuk menerima dan memfasilitasi ketiga aspek utama dalam program ini.

"Tentu saja jika peserta bersedia mengambil segalanya mulai dari menari, akting, kewirausahaan, advokasi, semua ada di sana, gratis dan kami akan sangat senang untuk menciptakan pengalaman yang baik untuk semua orang," tambahnya.

Sosok Carla merupakan penyanyi opera ternama sekaligus Senior Fellow, Harvard Advanced Leadership Initiative, Harvard 2022. Sedangkan Andrea Burns bermain dalam musikal "In the Height", "West Side Story", dan "Beauty, and the Beast".

Lalu, Gabi Stapula merupakan koreografer acara "The View", "The Tonight Show starred Jimmy Fallon", higga "Saturday Night Live". Andrea dan Gabi nantinya akan bergabung sebagai pelatih akting dan tari.

4 dari 5 halaman

Pendaftaran

Presiden JPAC Rio Rahmansyah menyampaikan Triple Threat Academy adalah momentum yang besar bagi JPAC. Mengingat, gelaran ini jadi kesempatan langka untuk pihaknya membuat workshop yang intensif dan dengan fasilitator yang merupakan profesional di bidangnya.

"Saya ingat ketika pertama kali Carla cerita tentang konsep program ini dan akhirnya U.S. Embassy mempercayakan kepada JPAC untuk menjalankan program ini kita antusias banget dengarnya. Karena memang dari awal JPAC kita buat sebagai platform belajar bareng-bareng, kolaborasi bersama untuk membuat suatu seni pertunjukan," terang Rio.

Seluruh kelas dalam Triple Threat Academy akan digelar dilakukan secara online melalui platform Zoom. Program ini juga menyediakan interpreter selama program berlangsung.

Selain itu, peserta tidak wajib mengikuti semua sesi dan bisa mengikuti sesi yang diminati saja. Informasi dan pendaftaran kelas bisa didapatkan melalui akun Instagram @jakartapac.

5 dari 5 halaman

Infografis Wayang Potehi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.