Sukses

Sosok Rossiyana Markovskaya, Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia

Sebelum menjadi juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Rossiyana Markovskaya menjalani profesi sebagai seorang jurnalis.

Liputan6.com, Jakarta - Invasi Rusia ke Ukraina tengah menjadi sorotan seantero dunia. Kondisi ini juga menguak berbagai hal di baliknya, tidak terkecuali sosok juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, bernama Rossiyana Markovskaya.

Dilansir dari Daily Star, Minggu (6/3/2022), Markovskaya ditunjuk sebagai juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia pada 2017 lalu. Sejak itu, ia bekerja di dalam dan sekitar Kremlin.

Setelah menduduki posisi itu, Markovskaya dipuji karena membuat pemerintahan Rusia begitu berbeda untuk pertama kalinya. Hal tersebut karena ia tampak layaknya perempuan Rusia yang menarik dari film James Bond.

Markovskaya bekerja di belakang layar pada beberapa pengumuman terbesar Rusia. Pada Januari 2022, ia bepergian dengan menteri ke Myanmar.

Perjalanan tersebut guna membahas kerja sama militer, namun sejak itu ia tak muncul ke publik. Bekerja dengan Menteri Shigu, Markovskaya membantu mendorong sejumlah kebijakan.

Salah satu kebijakan tersebut termasuk perubahan seragam pada 2017. Ini yang dimaksudkan untuk membuat pasukan Rusia terlihat lebih seperti tengah di Perang Dunia kedua.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sebelum Jadi Juru Bicara

Markovskaya adalah seorang koresponden dan pembawa berita di televisi nasional sebelum menjadi juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia. Ia pun kerap berbagi sederet potret di Instagram pribadinya.

Bukan hanya terkait tugasnya, namun beberapa potret saat berkegiatan sehari-hari juga dibagikan. Potret-potret Markovskaya beredar luas di jagat maya.

Ada pula potretnya tengah menikmati kotail. Juga, Markovskaya berpose mengenakan tank top sembari memegang senapan.

3 dari 5 halaman

Unggahan

Selain itu, Markovskaya turut membagikan beberapa unggahan, termasuk video yang diambil di dalam jet Rusia. Kala itu, tampaknya jet tersebut tengah dikuntit oleh pesawat yang lebih kecil.

"Sebuah upaya oleh seorang pejuang NATO untuk mengawal pesawat Sergei Shoigu di atas Baltik," bunyi keterangan itu.

 
4 dari 5 halaman

Instagram Dikunci

Namun saat berita ini ditulis, akun Instagram Rossiyana Markovskaya telah dikunci. Pada kolom bio ia menuliskan nama lengkapnya.

Terlihat pula ada sebanyak 175 unggahan yang telah dibagikan. Akun Instagram Markovskaya telah diikuti lebih dari 19,5 ribu followers.

5 dari 5 halaman

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.