Sukses

Potret Putri Diana yang Langka Segera Dipamerkan di Istana Kensington

Potret Putri Diana itu diambil oleh fotografer David Bailey.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah potret Putri Diana yang belum pernah dipublikasikan akan segera dipamerkan ke publik di Istana Kensington, London. Foto itu diambil oleh fotografer David Bailey pada 1988.

Sosok Putri Diana dalam potret hitam putih itu diambil saat ia masih berusia 27 tahun. Ia terlihat menerawang, mengenakan gaun off-shoulder satin dengan teardrop earring sebagai aksesori pemanis.

Wajah Diana diambil dari samping. Aura elegannya begitu kuat terpancar dari foto yang hak ciptanya masih dimiliki oleh Bailey. Pemotretan itu dilakukan atas permintaan Galeri Foto Nasional Inggris.

Dikutip dari CNN, Jumat (4/3/2022), Bailey yang juga pernah memotret banyak ikon budaya, seperti Andy Warhol, Twiggy, dan The Beatles, dipilih Diana karena keterampilannya menata cahaya dan gaya yang minimalis. Pilihannya itu merefleksikan keinginannya untuk 'membangun identitas fotografi baru untuk dirinya sendiri', berbeda dari bentuk potret kerajaan yang selama ini eksis, menurut rilis yang dikeluarkan Historic Royal Palaces.

Potret tersebut baru diungkap ke publik setelah 34 tahun. Keberadaan foto itu semakin memperkuat reputasinya sebagai salah satu anggota keluarga Kerajaan Inggris yang terdepan dalam dunia mode.

Jepretan Bailey atas Putri Diana bukan hanya itu. Galeri Foto Nasional Inggris sebelumnya sudah memajang potret hitam putih ibu Pangeran William dan Harry itu yang diproduksi pada tahun yang sama. Bedanya, gambar Diana diambil dari depan.

Ia terlihat kasual tetapi tetap elegan dalam balutan blus putih lengan panjang dan celana baggy garis-garis. Ia melengkapi penampilannya dengan sabuk hitam, mengingatkan pada gaya yang kembali tren pada saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Inspirasi Film

Foto langka Putri Diana ini dihadirkan di tengah budaya pop yang saat ini banyak memproduksi karya yang terinspirasi perempuan yang tewas saat berusia 37 tahun. Cerita-cerita kehidupan sang putri digarap menjadi serial drama The Crown di Netflix, menyusul pertunjukan musikal Broadway yang bertajuk Diana: The Musical.

Emma Corin bahkan memenangkan Golden Globe Award pada 2021 setelah memerankan karakter Putri Wales itu. Kirsten Stewart menggenapinya pada tahun ini setelah mendapat nominasi Oscar untuk perannya sebagai Diana di film besutan Pablo Larrain, Spencer.

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Tema Pameran

Pameran itu mengangkat tema 'Kehidupan Lewat Lensa Kerajaan'. Secara keseluruhan, pameran itu berusaha menampilkan berbagai karya yang mengeksplorasi hubungan antara fotografi dan monarki.

Selain gambar Diana, juga akan menampilkan beragam foto yang diambil di sela tur kerajaan dan potret ikonis kepala negara. Pameran itu juga menjanjikan menampilkan beragam gambar yang merekam momen anggota kerajaan saat tak muncul di hadapan publik. Dalam pameran juga akan ditampilkan pertama kali potret pilihan yang diambil oleh anggota keluarga kerajaan sendiri.

"Medium (fotografi) ini telah membentuk bagaimana dunia memandang Monarki Inggris," ujar Claudia Acott Williams, kurator Historic Royal Palaces, dalam rilis itu. 

"Ini memungkinkan Keluarga Kerajaan untuk menawarkan wawasan menarik tentang kehidupan dan pekerjaan mereka, mengubah citra kerajaan, dan menciptakan hubungan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara anggota kerajaan dan rakyat."

4 dari 5 halaman

Foto Kate Middleton

Sepintas potret Putri Diana mengingatkan pada foto Kate Middleton yang dibuat untuk merayakan ulang tahunnya ke-40 pada Minggu, 9 Januari 2022. Istana Kensington merilis tiga potret yang menampilkan Kate Middleton dan menjadi koleksi permanen Galeri Foto Nasional Inggris. Kate merupakan pelindung organisasi tersebut.

Kate tampil anggun dan elegan dalam balutan gaun dari Alexander McQueen dan fotonya dijepret Paolo Roversi. Potret pertama yang berbalut nuansa hitam putih menunjukkan Kate Middleton mengenakan gaun putih tengah menatap ke kejauhan.

Rambutnya dibiarkan tergerai indah dengan tertata mengembang. Untuk melengkapi penampilan, Kate juga memakai anting mutiara yang dulunya adalah milik Putri Diana.

Potret kedua menampilkan ia mengenakan gaun off-the-shoulder Alexander McQueen merah mencolok, tersenyum langsung ke kamera. Untuk aksesori, kali ini ia memakai anting-anting dari koleksi Ratu Elizabeth II. Lalu, di potret ketiga yang terlihat lebih santai mengenakan gaun ruffle putih dan ia kembali tersenyum manis. Sederet potret ulang tahun Kate ini diabadikan di Kew Gardens, London, Inggris. 

 

5 dari 5 halaman

Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.