6 Fakta Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia yang Bermain di Klub Italia

Oleh Henry pada 03 Mar 2022, 15:02 WIB
Diperbarui 03 Mar 2022, 15:02 WIB
Foto: Bertepuk Sebelah Tangan, Rencana PSSI Menaturalisasi Kiper Andalan Sampdoria Emil Audero Mulyadi
Perbesar
Atas dasar itulah, maka PSSI merasa memiliki peluang untuk menjadikan Emil Audero Mulyadi menjadi anggota skuat Merah Putih melalui poroses Naturalisai. (AFP/Albeto Pizzoli)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak pemain sepak bola berdarah Indonesia yang tengah berkarier di Eropa, termasuk Darren Sidoel dan Emil Audero. Namun, hanya segelintir yang mau menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) agar bisa membela tim nasional atau timnas Indonesia.

Beberapa di antaranya memutuskan untuk menjadi WNI. Sebut saja Stefano Lilipaly. Itu pun akhirnya ia memutuskan untuk melanjutkan karier di Indonesia, tepatnya bersama Bali United. 

Saat ini, salah satu nama yang sedang banyak dibicarakan adalah penjaga gawang klub Italia, Sampdoria, yaitu Emil Audero. Ia dikabarkan akan dinaturalisasi menjadi warga Indonesia untuk melengkapi puzzle timnas Indonesia. 

Dikutip dari bola.net, 1 Maret 2022, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tertarik dengan Emil Audero. Dia meminta penjaga gawang berusia 25 tahun itu untuk dinaturalisasi.

Beberapa waktu lalu, beredar video pengakuan ayah Emil yang mengatakan naturalisasi tidak mungkin terjadi. Ia yakin anaknya akan tetap memilih Italia sebagai negaranya. Namun berita terbarunya, Emil justru dikabarkan berminat untuk dinaturalisasi dan membela Timnas Indonesia. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan pernyataan ayahnya yang menyebut Emil ingin membela Timnas Italia. 

Lalu, siapa dan bagaimana sosok Emil Audero? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut enam fakta tentang pemain klub Sampdoria tersebut.

1. Lahir di NTB

Emil Audero Mulyadi, lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 18 Januari 1997. Ia lahir dari pasangan Indonesia-Italia. Darah Indonesia didapat Emil dari ayahnya, Edy Mulyadi, sementara sang ibu merupakan warga asli Italia bernama Antonella Audero.

Belum lama ini, Emil Audero Mulyadi sempat pulang ke Lombok. Ia juga mengunggah beberapa momen liburan di salah satu pulau paling eksotis di Indonesia tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Pernah Bermain di Juventus

Emil Audero Mulyadi
Perbesar
Emil Audero Mulyadi (JCI)

Emil tercatat pernah membela Juventus, tepatnya pada 2015-2017, 2018, dan 2019. Emil menjadi salah satu kiper hasil Juventus Academy. Juventus merupakan salah satu klub terbesar dan tersukses di Italia, dan bahkan di dunia.

Ia mulai tergabung dalam Juventus Youth sejak 2008 dan mulai membela Juventus U-17 pada 2012.  Bisa dibilang kariernya di tim Juventus muda cukup baik.

Emil kemudian dipercaya menjaga gawang Juventus U-19 sebelum masuk ke tim senior pada 2015. Sayang, performanya di tim senior kurang apik. Performa itu yang membuatnya sempat dijual ke klub Venezia hingga akhirnya berlabuh ke Sampdoria sampai sekarang.

3. Membela Timnas Italia

Meski lama tinggal di Italia, Emil tetaplah berdarah Indonesia. Atas alasan itu, Indonesia pernah memanggilnya untuk memperkuat Tim Garuda pada 2016. Saat itu, dia lebih memilih membela Timnas Italia U-21 ketimbang berseragam Timnas Indonesia.

Bersama Timnas Italia U-21, Emil berhasil tampil apik. Ia hampir selalu menjadi starter hingga masuk ke Timnas U-22 Italia. Kalau Emil dipanggil masuk skuad senior Timnas Italia dan menerima panggilan tersebut, otomatis ia tak akan bisa memperkuat Timnas Indonesia.


4. Liburan ke Lombok

Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia yang Bermain di Klub Italia
Perbesar
Emil Audero, Pesepak Bola Berdarah Indonesia yang Bermain di Klub Italia sedang liburan di Lombok. foto: Instagram @emil_audero

Emil saat ini tinggal di Cumiana, Italia. Meski begitu, ia suka liburan ke Lombok. Pada 2019 lalu, Audero pun menyempatkan diri untuk pulang ke NTB untuk berlibur ke Lombok sembari bertemu keluarganya.

"Dalam dua tahun terakhir saya menghabiskan liburan di Indonesia," ungkap Emil dikutip dari La Gazetta dello Sport pada 2019. "Saya menyukai tanah di sana. Ayah saya adalah warga Indonesia dan saya lahir di sana. Dan pantai di sana (Lombok) juga sangat indah," sambungnya.

5. Pernah ke Borobudur

Emil Audero punya kakak perempuan bernama Elena Audero Mulyadi. Elena sering mengabadikan momen liburan bersama keluarga, termasuk saat sedang pergi ke Candi Borobudur. Tampak dalam salah satu unggahannya, Elena sempat foto bersama ibunya.

Selain itu, Elena juga sempat mengabadikan momen liburan bersama keluarga ke Candi Prambanan.Dalam unggahan terbarunya, Elena juga mengabadikan momen lagi liburan ke Pantai di Yunani. Emil dan Elena sepertinya suka liburan ke berbagai tempat wisata, termasuk di Indonesia.


6. Ditonton Keluarga

Foto: Bertepuk Sebelah Tangan, Rencana PSSI Menaturalisasi Kiper Andalan Sampdoria Emil Audero Mulyadi
Perbesar
Musim 2021/2022 ini Emil Audero Mulyadi menjadi kiper utama Sampdoria dan selalu tampil penuh 90 menit dalam 14 laga di Serie A Liga Italia. Catatannya adalah 3 kali membuat clean sheet dan kebobolan 26 gol. (AFP/Miguel Medina)

Meski sang anak sudah berada di Italia, itu tak menghalangi Edy Mulyadi untuk menyaksikan aksi Emil. Tampak dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, Edy datang ke Stadion Luigi Ferraris di Genoa, Italia yang merupakan stadion klub Sampdoria.

Edy ditemani oleh putrinya yang juga kakak Emil. Ini membuktikan jarak tak bisa menghilangkan kasih cinta seorang ayah ke anaknya.


Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020

Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020
Perbesar
Infografis Perjalanan Timnas Indonesia vs Thailand di Piala AFF 2020 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya