Sukses

Kalahkan Jepang, Bali Tetap Jadi Destinasi Favorit Wisatawan Indonesia

Terpilihnya Bali sebagai destinasi favorit wisatawan Indonesia disebut menggambarkan pariwisata domestik yang kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Bali masih jadi destinasi favorit wisatawan Indonesia, menurut Peringkat Perjalanan dan Pariwisata YouGov Tahun 2022. Firma riset pasar dan analisa data internet berbasis di Inggris ini mengungkap tujuan perjalanan peringkat teratas di sembilan pasar utama, termasuk Indonesia.

Dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini, Pulau Dewata menduduki puncak peringkat kategori tujuan perjalanan selama dua tahun berturut-turut. Pada 2022, Bali kampiun dengan skor meyakinkan 63,8, hampir 30 poin di depan runner-up.

YouGov Destination Index mengukur persepsi publik tentang destinasi dalam keseharian di berbagai indikator. Peringkat destinasi dikompilasi menggunakan rata-rata skor Impersi bersih dari Januari 2022 vs. Januari 2021.

Skor Impresi sendiri mengukur apakah konsumen memiliki kesan positif atau negatif terhadap suatu destinasi selama dua minggu sebelumnya. Berada di belakang Bali adalah Jepang.

Negeri Sakura mencatat 34,1 poin, mempertahankan posisi kedua dalam daftar, meski turun skor -4,6 poin. Disusul Singapura di posisi ke-3 dengan total skor 26,7. Peringkat berikutnya adalah Korea Selatan (22,2 poin), Dubai (18,5 poin), dan Swiss (16,1 poin).

Arab Saudi (15,9 poin), Selandia Baru (13,5 poin), dan Australia (12,0) juga masuk dalam daftar, menempati posisi ke-7 hingga ke-9. Melengkapi daftar 10 besar adalah Belanda (11,3 poin).

Secara khusus, semua kota dan negara di peringkat destinasi mengalami penurunan skor Impresi dari Januari 2021 hingga Januari 2022. Satu-satunya pengecualian adalah destinasi peringkat teratas Bali, yang memiliki skor peningkatan +5,2 poin.

Skor Impresi Bali yang kuat konsisten dengan aktivitas perjalanan, dengan hampir 150 ribu pelancong domestik terbang ke Bali dalam dua minggu pertama Desember 2021. Selain itu, Bandara Internasional Ngurah Rai dilaporkan melayani hampir 600 ribu penumpang masuk dan keluar pada Januari 2022.

Rute penerbangan favorit Bandara Ngurah Rai tercatat ke dan dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar. Skema ini disebut "menggambarkan pariwisata domestik yang kuat di negara ini."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pertanyaan dalam Menentukan Peringkat

Data yang disertakan dalam YouGov Travel & Tourism: Brand & Destination Rankings Report 2022 masing-masing diambil dari YouGov BrandIndex dan YouGov DestinationIndex. Pasar yang termasuk dalam laporan ini adalah Australia, Cina, Prancis, Jerman, Indonesia, Jepang, UEA, Inggris, dan Amerika Serikat.

Untuk peringkat destinasi, konsumen ditanya, "Secara keseluruhan, destinasi mana yang menurut Anda berkesan positif?" lalu, "Secara keseluruhan, mana dari destinasi berikut yang Anda memiliki kesan negatif?" Skor yang ditampilkan adalah skor bersih rata-rata dari Januari 2022 vs. Januari 2021.

 

3 dari 5 halaman

Dilacak Minimal 6 Bulan

Grafik peringkat destinasi menunjukkan destinasi yang menerima skor rata-rata tertinggi. Skor tersebut mewakili populasi umum dewasa 18+ untuk semua pasar, yang mana Indonesia dan China adalah perwakilan online.

Semua skor yang terdaftar telah dibulatkan ke satu tempat desimal, namun pihaknya telah menggunakan presisi tambahan untuk menetapkan peringkat. Semua merek harus dilacak setidaknya selama enam bulan untuk dimasukkan dalam salah satu peringkat.

4 dari 5 halaman

Daftar Lainnya

Sebelumnya, YouGov telah mengungkap berbagai brand perjalanan dan pariwisata yang meninggalkan impresi tinggi bagi audiens di Indonesia. Dalam daftarnya termasuk maskapai penerbangan dan sederet akomodasi.

Garuda Indonesia mencatat skor tertinggi: 63,7, unggul 37,5 poin dari peringkat kedua dan ketiga. Menyusul di posisi ke-2 dan ke-3, ada maspakai penerbangan Citilink dan Aston Hotel, dengan skor seimbang 26,2.

Mengikuti perusahaan lokal ini ada hotel mewah JW Marriott, Ritz-Carlton, Grand Hyatt, Shangri-La, dan Sheraton. Yang masing-masing skornya secara berurutan: 22, 20,6, 20,3, 20, dan 19,8.

Menyusul nama-nama tersebut, ada juga rantai akomodasi Ibis Hotel di urutan ke-5 dengan skor 21,8. Menggenapi peringkat sepuluh besar adalah maskapai nasional Singapura, Singapore Airlines, dengan skor Impresi 19,3.

5 dari 5 halaman

Infografis Lokasi Wisata Religi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.