Sukses

Brand Fesyen Wanita Lokal Perdana Rilis NFT

Nona, brand fesyen wanita lokal, berkolaborasi dengan artwork Superlative Secret Society, salah satu merek NFT terbesar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Adaptasi non-fungible token (NFT) terus dilakukan para pelaku industri fesyen. Menambah daftar panjangnya adalah Nonabrand fesyen wanita lokal yang dikenal melalui loose fashionwear-nya.

Koleksi teranyar mereka bertajuk "Chameleon" dirilis dalam bentuk art design dari aset digital NFT. Founder-nya, Andani Agni Putri, mengatakan bahwa Nona selalu berinovasi, serta mengikuti tren terkini, baik di industri fesyen dan era digital, dalam mengembangkan koleksi mereka, menurut keterangan yang diterima Liputan6.com, baru-baru ini.

Ia berkata, "NFT sedang jadi buah bibir. Di industri fesyen sendiri, sudah ada beberapa brand internasional yang memanfaatkan aset digital ini dan meluncurkan sebuah produk. Namun, belum ada brand lokal, khususnya fesyen wanita, mengeluarkan produk dari aset NFT."

"Di sini, kami melihat ada peluang untuk memanfaatkan NFT dan menghasilkan sebuah karya fesyen melalui sebuah koleksi ciamik untuk wanita Indonesia," Andani menambahkan.

Di koleksi terbaru ini, Nona berkolaborasi dengan artwork Superlative Secret Society, salah satu brand NFT terbesar di Indonesia. Kedua pihak mengaku memiliki visi yang sama dalam mengapresiasi dunia seni dan fesyen, serta mendukung seniman lokal Indonesia.

"Koleksi Chameleon ini merupakan tahap awal kolaborasi kami dengan Superlative Secret Society. Ke depan, bersama Superlative Secret Society, Nona akan menghasilkan lebih banyak lagi koleksi produk fesyen hasil perkawinan karya seni dengan teknologi," ungkap Andani.

Menanggapi kolaborasi ini, Casa, Head SS Studio, mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi inovasi yang dilakukan brand lokal, seperti Nona. Kolaborasi ini berdampak luas bagi para seniman dan kreator di era digital bahwa berkarya menggunakan media NFT dapat diaplikasikan melalui media fesyen."

"Nona juga membuktikan bahwa NFT memiliki kegunaan lebih dari sekadar sebuah gambar. Itu juga memiliki nilai-nilai besar lain, seperti commercial rights yang dapat diaplikasikan di dunia nyata," ia menambahkan.

Chameleon juga turut membuktikan evolusi produk Nona, dari gaya vintage klasik yang perlahan mulai merambah tren kekinian. Pada koleksi ini, Nona tetap menampilkan sisi feminis, tidak lekang waktu, serta dapat digunakan di segala kegiatan, yang merupakan DNA brand.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cerita Evolusi Koleksi

Nona juga bekerja sama dengan Namarina Youth Dance dalam membangun cerita evolusi koleksi mereka, dari awal hingga yang terbaru, melalui tarian balet untuk video kampanye. Tarian balet dinilai cocok menggambarkan versality dari Nona.

Jenis tarian ini juga dinilai merepresentasi kecantikan abadi, serta kekekuatan dari perempuan Nona. Koleksi yang terdiri dari atasan: jaket, kemeja, serta dress, menggunakan kombinasi bahan taslan, tartan, corduroy, denim, serta armani silk

3 dari 5 halaman

Berapa Harganya?

Selain, potongan mode koleksi ini juga berupa bawahan yang terdiri dari celana cargo dan rok. Busana itu menggunakan bahan kombinasi antara denim, taslan, dan armani silk.

Koleksi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp249 ribu. Rangkaiannya sudah bisa didapatkan di situs web resmi nona.id, serta marketplace. Selain itu, koleksi ini juga hadir di toko offline Etalashe.

4 dari 5 halaman

Apa Itu NFT?

Mengutip Forbes, NFT adalah aset digital yang mewakili objek dunia nyata seperti seni, musik, item dalam gim, dan video. Mereka dibeli dan dijual secara online, sering kali dengan cryptocurrency, dan umumnya dikodekan menggunakan perangkat lunak dasar, seperti banyak crypto.

NFT umumnya merupakan item "one of a kind," atau setidaknya salah satu dari koleksi sangat terbatas. Aset ini memiliki kode pengenal yang unik. Pertanyaannya, mengapa orang rela menghabiskan jutaan dolar untuk sesuatu yang dapat disimpan dalam tangkapan layar atau dengan mudah diunduh?

NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli. Ini juga berisi autentikasi bawaan yang berfungsi sebagai bukti kepemilikan. Namun, narasi aset ini tidak ramah lingkungan terus muncul seiring popularitasnya yang naik dalam beberapa tahun belakangan.

5 dari 5 halaman

Infografis: 5 NFT termahal di Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.